[PENTING!!!] Waspadai Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Hari Raya Lebaran

Posted on

Waspadai Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Hari Raya Lebaran – Hari ini umat Muslim di dunia sedang merayakan hari raya idul fitri 2017, tentu sajian berbagai macam makanan dan minuman menambah semarak suasana idul fitri yang dikenal di indonesia dengan sebutan Lebaran

Tapi tahukah Anda, bahwa setiap akhir Lebaran, selalu saja banyak UGD di rumah sakit yang meluber jumlah pasiennya ketimbang hari-hari biasa.

Pasien yang paling banyak datang ke UGD rumah sakit di minggu pertama Lebaran umumnya karena diare dan beragam penyakit kronis yang mengalami kekambuhan, seperti hipertensi dan gula darah yang tidak terkontrol, stroke, dan serangan jantung.

Beragam masakan khas Lebaran tak jarang hanya menambah kadar lemak di tubuh kita. Misalnya saja rendang, kue-kue yang terbuat dari kuning telur, dan minuman soda berkaleng yang tinggi gula.

“Antisipasi dengan berbagai penyakit pasca Lebaran merupakan hal yang penting. Kita harus selalu ingat, rangkaian Lebaran dengan berbagai aktivitas akan membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan,” kata Praktisi Kesehatan sekaligus Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari FKUI RSCM, Ari Fahrial Syam

Ari menyarankan kita agar tetap memerhatikan asupan makanan yang terlalu asin dan manis. Hati-hati, jika tak dijaga, orang yang telah berhasil menurunkan berat badannya selama berpuasa 30 hari, akan mengalami kenaikan kembali setelah Lebaran.

“Banyak minum, apalagi kondisi kemarau saat ini, kurangi minuman yang dingin, dan gorengan yang akan mengiritasi saluran pernapasan kita,” ujar Ari.

Dengan begitu kita pun dapat beraktivitas kembali dalam keadaan sehat setelah Lebaran.

Penyakit Yang Muncul Setelah Lebaran

Beberapa jenis penyakit yang muncul setelah lebaran, antara lain seperti :

1. Diare atau sakit perut
Banyaknya hidangan yang tersedia saat lebaran membuat kita kalap untuk memakan semua jenis makanan yang ada. Jika makanan yang anda makan tidak dijamin kebersihannya hal tersebut menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan pada perut anda.

2. Flu, Batuk dan sakit tenggorokan
Lebaran adalah waktunya untuk berkunjung dan bersilaturahmi kepada keluarga dan tetangga. Sudah pasti kita akan disuguhkan dengan beraneka makanan dan minuman. Minuman yang banyak mengandung gula akan menyebabkan batuk, radang dan bisa menyebabkan pilek.

3. Hipertensi
Hidangan saat lebaran tidak jauh dari beraneka makanan dengan mengandung banyak kalori, kadar gula, asam dan gurih. Makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan penyakit kronis kambuh seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol.

4. Asam Lambung Naik
Naiknya kadar asam lambung biasanya terjadi karena kita terlalu banyak makan pedas, yang menyebabkan kondisi maag meningkat.

5. Kondisi tubuh menurun
Lebaran adalah waktu untuk bersilaturahmi kepada para sanak saudara. Sehingga akan banyak tenaga yang terkuras, jika tidak memperhatikan kondisi kesehatan dan tidak banyak istirahat maka kondisi tubuh akan menurun.

Terimakasih, Semoga bermanfaat..