Waspadai Adanya Halusinasi Bau Merupakan Tanda Tumor Otak

Posted on

Halusinasi Bau Merupakan Tanda Tumor Otak – Halusinasi tersebut muncul karena adanya Phantosmia atau penyakit yang bisa mencium bau meskipun bau itu tidak ada tetapi bisa menjadi adanya tanda tumor otak.

Dilansir dari Ehow mengungkapkan, indera penciuman yang dapat menarik molekul di udara dan dapat diterjemahkan ke dalam sensasi bau. Jika indera tersebut rusak, atau terjadi kejang serta infeksi, yang berarti ada masalah di lobus temporal.

Apa Lobus temporal? Lobus temporal adalah bagian dari otak besar yang dapat mengontrol pendengaran dan penciuman. Tumor otak di bagian otak ini dapat memengaruhi indera penciuman dan menciptakan bau phantom.

Halusinasi tersebut akan terjadi tergantung dari letak lokasi tumor itu berada pada otak. Jika tumor otak berada didaerah yang berkaitan dengan penglihatan, maka penderita akan mengalami halusinasi visual, seperti penglihatan menjadi buram seperti melihat bintik-bintik atau bentuk cahaya. Jika tumor ada dibagian otak lainnya juga dapat menyebabkan halusinasi penciuman dan pengecapan.

“Waspadai kejang sebagai tanda yang paling umum dari kanker otak. Kejang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan menganggu pesan di hidung Anda. Setelah rusak, otak Anda dapat salah membaca pesan dan mencium bau yang tidak ada,” tulis Mayo Clinic.

Cara Mengatasi Halusinasi

Jika anda mengalami halusinasi, hal yang harus anda lakukan yaitu berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan resep pimavansenin (Nuplazid), yaitu obat yang telah efektif untuk mengobati halusinasi dan delusi terkait dnegan psikosis yang mempengaruhi beberapa orang dengan penyakit Parkison.

Selain dengan mengkonsumsi Nuplazid, melakukan terapis juga dapat membantu anda untuk mengkontrol halusinasi, Misalnya dengan melakukan terapi kognitif, yang berfokus dengan perubahan dalam berpikir dan berperilaku, dengan terapi juga dapat membantu beberapa orang untuk mengelola gejala tumor otak yang diderita dengan lebih baik.

Jadi guys, jika anda merasakan halusinasi bau terjadi dalam diri Anda, sebaiknya Anda berhati-hati…

Terimakasih Semoga bermanfaat.