Tips Mengenalkan MPASI Kepada Bayi Setelah 6 Bulan

Posted on

Tips Mengenalkan MPASI Kepada Bayi – ASI adalah nutrisi terbaik yang dibutuhkan bayi untuk perkembangannya yang diberikan hingga usia 2 tahun. Namun, bayi hanya diberikan ASI Ekslusif selama 6 bulan dan setelahnya bayi perlu diberikan makanan pendamping tambahan. Makanan pendamping atau MPASI (Makanan Pendamping ASI) diberikan pada usia 6 bulan karena proses pencernaan bayi diusia tersebut sudah mulai sempurna.

World Health Organisation merekomendasikan bayi, sudah bisa diberikan MPAS di usia 6 bulan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi. Dalam memberikan MPASI, ada hal yang perlu diperhatikan bagi ibu selain memberikan jenis makanan yang akan dikonsumsi, ibu juga harus mengetahui beberapa tips yang dapat dilakukan agar anda sukses menjalankan MPASI.

Sejak lahir hingga berusia 6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi didapatkan dari ASI Ekslusif, sedangkan di usia 6 bulan bayi akan mulai dikenalkan dengan MPASI. Hal ini akan membuat bayi merasa asing dengan jenis makanan pendamping yang diberikan. Berikut ini beberapa tips yang bisa ibu lakukan agar sukses memberikan MPASI.

Tips Memberikan MPASI

Persiapkan Diri Dari Awal
Saat masih memberikan ASI Ekslusif, mulailah untuk membaca informasi atau bertanya tentang MPASI, seperti mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI, atau membaca buku-buku resep MPASI.

Perhatikan Waktu Makannya
Karena baru mulai dikenalkan dengan makanan pendamping, bayi juga harus dilatih menenal rasa lapar. Hal ini yang membuat anda harus membuat jadwal makan yang baik, seperti makan siang dan makan malam dengan diantaranya diberi makanan selingan atau snack sehat. Namun, bila makanan diberikan ketika bayi nerasa lapar, akan membuat proses pemberian makan akan berjalan lebih baik dan lebih cepar.

Melatih Kesabaran
Tidak selalu bayi mau diajak makan, kadang bayi memuntahkan makanannya dan mendorong sendok sebagai bentuk penolakannya terhadap makanan. Hal ini normal terjadi, ajak dan rayu bayi untuk mau makan, jika ia masih menolakny, tunda pemberian makanan atau ganti dengan menu MPAS lainnya.

Jaga Kebersihan Alat Makan
Kebersihan peralatan makan juga penting diperhatikan oleh sang ibu, seperti melakukan sterilisaski dengan alat khusus sterl sehingga peradaan makan dan minum sudah teruji ke higienisannya. Simpan peralatan makan bayi dengan aman seperti dilemari yang tertutup terhindar dari debu, virus dan kuman.

Utamakan Kebersihan Tangan
Selalu cuci bersih tangan sebelum mempersiapkan makanan bayi, terutama ketika anda akan mengolah bahan mentah, selain itu sebelum makan anda harus rajin mencuci tangan bayi.

Periksa Suhu Makanan
Pastikan selalu suhu makanan sebelum diberikan kepada bayi. Caranya taruh sedikit makanan dipergelangan yangan atau punggung tangan, pastikan masih panas atau tidak.

Kenalkan MPASI dengan rasa asli tanpa penambahan bumbu
Tips sukses memberikan MPASI kepada bayi adalah dengan memberikan rasa asli MPASI itu sendiri tanpa penambahan bumbu seperti garam. Kebiasaan ini diharapkan bisa membuat bayi nantinya mudah menerima makanan apapun.

Jangan Paksa Bayi Menghabiskan Makanan
Di usia ini bayi masih dalam tahap pengenalan makanan, karena itu jangan paksa bayi untuk menelan banyak makanan. Cukup 1 atau 2 sendok saja, lalu tingkatkan porsinya pada minggu-minggu selanjutnya serta frekuensi sampai 3 kali sehari.

Hindari Tambahan Protein Hewani
Pada tahap pengenalan, hindari penambahan protein hewani pada MPASI bayi. Hal ini karena proses pencernaan bayi blm kuat untuk mencerna protein bayi. Biarkan bayi terlebih dahulu mengenal makanan secara bertahap, seperti sayuran dan buah.

Amati Gejala Alergi
Mengenalkan satu jenis makanan untuk beberapa hari bertujuan untuk melihat adanya kecenderungan alergi yang muncul pada bayi. Karena ada sebagian bayi yang alergi terhadap beberapa jenis makanan seperti kacang, telur, daging, dan lainnya. Reaksi alergi yang biasanya muncul seperti bintik-bintik merah, muntah, sesak nafas, dan lainnya. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter jika memang alergi maka sebaiknya hindari memberikan makanan penyebab alergi.

Hindari Pemberian Multivitamin
Beberapa orang berpendapat, memberikan multivitamin menjadi salah satu cara sukses memberikan MPASI. Padahal, kebutuhan vitamin buah hati sudah terpenuhi dari bahan makanan sehari-hari. Pastikan anda memberikan jenis menu makanan sehat seimbang sesuai dengan tahapannya.

Usahakan Buat MPASI Sendiri
Nikmatilah saat-saat anda memberikan MPASI buah hati anda. Buatlah sendir

Hal penting yang perlu selalu diingat adalah anda harus terus memberikan ASI hingga bayi berusia 2 tahun.

Itulah penjelasan tentang Tips Mengenalkan MPASI Kepada Bayi . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.