10 Tips Diet Praktis Pekerja Kantoran Untuk Menurunkan Berat Badan EFEKTIF

Posted on

Tips Diet Praktis Pekerja Kantoran Untuk Menurunkan Berat Badan  – Memiliki berat badan yang ideal dan bentuk tubuh langsing sangat sekali diinginkan oleh semua orang, apalagi wanita. Hingga terkadang mereka harus berusaha ekstra melakukan berbagai macam hal untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh langsing seperti melakukan diet hingga olahraga ekstra.

Cara tersebut mungkin saja dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki banyak waktu luang. Sehingga mereka dapat dengan mudah melakukan berbagai macam kegiatan yang mendukung program diet yang dilakukan, seperti melakukan yoga, jogging, bersepeda atau kegiatan lainnya.

Lalu, bagaimana dengan seseorang pekeja kantoran? mereka juga memiliki keinginan untuk bisa memiliki berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Pekerja kantoran menghabiskan waktunya lebih sering hanya duduk didepan meja menghadap komputer atau laptop saja. Mereka sangat jarang sejali melakukan olahraga dibandingkan dengan mereka yang bekerja diluar kantor atau pekerja lapangan yang lebih bergerak aktif sehingga dapat mendukung program diet yang dilakukan.

Meskipun memiliki keterbatasan gerak pada saat bekerja, sebenarnya keinginan untuk memiliki bentuk tubuh ideal masih bisa dimiliki oleh para pekerja kantoran. Mereka hanya harus menahan godaan untuk tidak makan cemilan yang tersedia di meja kantor. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu menunjang program diet menurunkan berat badan oleh pekerja kantoran.

Tips Diet Pekerja Kantoran

1. Pilih Menu Sarapan Simple dan Sehat
Sarapan memang sangat penting sekali dilakukan setiap pagi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Tidak perlu menyiapkan menu sarapan yang ribet dan tinggi karbohidrat. Cukup siapkan menu simple nan sehat seperti mengkonsumsi aneka buah atau oatmeal.

2. Minum lebih banyak air
Cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mencukupi asupan air putih. Tubuh yang tercukupi asupan air putih akan terhindar dari dehidrasi dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, air putih juga membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh.

3. Perhatikan asupan makanan
Cara selanjutnya untuk membantu memaksimalkan program diet yang dilakukan oleh pekerja kantoran adalah dengan memperhatikan jenis asupan makanan, seperti menghindari konsumsi makanan tinggi lemak dan kalori, serta hindari jajan sembarangan.

4. Sering berdiri diberbagai kesempatan
Sebuah penelitian menunjukkan melakukan berbagai kegiatan sambil berdiri dapat membantu membakar kalori lebih besar dibandingkan dengan kegiatan yang dilakukan sambil duduk. Untuk itu anda dapat berdiri dalam berbagai kesempatan seperti saat sedang meeting, menerima panggilan telepon, saat presentasu hingga saat berbicara atau bercanda dengan teman sekantor.

5. Gunakan Tangga dan hindari lift
Untuk membantu program diet yang anda lakukan, sebaiknya lebih baik gunakan tangga dibandingkan menggunakan lift untuk berpindak antara lantai gedung dikantor. Aktivitas sederhana ini cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan yang cukup besar karena kalori lebih banyak terbakar.

6. Mengatur Stress
Pekerja kantoran biasanya sering sekali mengalami stress karena selalu dikejar dengan deadline. Stress dapat ebrakibat buruk dalam proses penurunan berat badan. Seseorang yang mengalami stress akan memproduksi hormon adrenalin lebih banyak. Sedangkan jika stress sudah mencapai batas maksimun, akhirnya tubuh mengeluarkan hormon kortisol untuk menjawab berbagai tantangan pekerjaan, menjadikan tubuh dan otak lebih fokus dalam menyelesaikan berbagai persoalan dalam pekerjaan.

Hormon adrenalin dan kortisol yang menumpuk dalam tubuh selain membawa kinerja tubuh menjadi lebih baik rupanya juga membawa konsekuensi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar pelaku diet untuk pekerja kantoran. Menumpuknya jumlah dua hormon itu disinyalir memicu rasa lapar dan kebutuhan tubuh untuk mengkonsumsi makanan. Itulah penyebab kenapa orang yang sering merasa stres juga sering merasa lapar. Untuk itu anda perlu menghindari stress agar program diet yang dilakukan berjalan dengan lancar.

7. Perbanyak konsumsi serat
Cara terbaik untuk mengisi perut anda adalah dnegan mengkonsumsi banyak serat. Baik serat larut maupu serat tidak larut yang juga dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Menurut Dr. dr. Inge Permadhi, MS, Sp. GK, dokter spesialis gizi klinik dari FKUI/RSCM, “Konsumsilah setidaknya 26 gr serat per hari, yang diperoleh dari buah dan sayuran. Itu akan membantu Anda menurunkan berat badan,”.

8. Perbanyak aktivitas dengan jalan kaki
Olahraga paling mudah dan murah yang dapat dilakukan setiap orang untuk mendapatkan hidup sehat adalah dengan jalan kaki. Menurut Dr. Paul T. Williams dari Lawrence Berkeley National Laboratory menyarankan agar kita menyempatkan untuk berjalan kaki setidaknya 15 menit atau menempuh jarak 1,6 km per hari. Menurutnya, jalan kaki cepat (brisk walking) akan lebih efektif karena akan meningkatkan detak jantung sehingga akan membakar kalori lebih banyak, yaitu 39 – 48 kkal selama 15 menit, dengan kecepatan rata-rata 4 km per jam.

9. Konsumsi Teh Hijau
Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk tubuh, selain berpotensi menurunkan resiko terkena kanker dan penyakit jantung, Kandungan antioksidan dalam teh hijau, yaitu katein dan flavonoid, dipercaya dapat meningkatkan kerja metabolisme. Menurut dr.Inge, mengkonsumsi dua gelas teh hijau setiap hari dapat membakar sekitar 70 Kcal lebih dalam tubuh.

10. Kualitas Tidur yang Tercukupi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Chicago University, kurang tidur cenderung akan membuat seseorang mengalami obesitas. Itu terjadi karena orang yang kurang tidur akan mengalami peningkatan level hormon ghrelin yang akan membuat tubuh merasa selalu lapar. Kurang tidur juga akan menghambat produksi hormon melatonin yang membuat tubuh merasa nyaman.

Itulah pembahasan singkat tentang Tips Diet Praktis Pekerja Kantoran Untuk Menurunkan Berat Badan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..