22 Tips dan Cara Menghilangkan Stretch Marks Dengan Sempurna, Efektif dan Cepat

Posted on

Tips dan Cara Menghilangkan Stretch Marks – Stretch marks adalah garis-garis berwarna putih pada area kulit yang muncul akibat adanya peregangan drastis dan elastisitas kulit yang rendah seperti pada payudara, perut, paha, pinggul, lengan atas atau bagian punggung bawah. Kebanyakan orang menganggap Stretch marks dan selulit adalah sama, padahal selulit dalah guratan yang terjadi dibawah permukaan kulit akibat timbunan lemak.

Kemunculan Stretch marks biasanya mulai dengan adanya garis-garis kemerahan yang jika tidak segera diatasi akan berubah berwarna putih atau silver yang umumnya disebabkan karena kehamilan, kenaikan berat badan atau penurunan berat badan secara ekstrem.

Sama seperti selulit, Stretch marks juga tidak membahayakan tubuh, hanya saja kemunculannya dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang, apalagi pada wanita. Karena itulah banyak dari mereka yang mencari cara untuk mengatasi masalah Stretch marks, mulai dari melakukan perawatan sendiri hingga melakukan perawatan kecantikan. Untuk mengatasi masalah Stretch marks berikut ini penjelasan mengenai Stretch marks dan cara mengatasinya.

Tips Menghilangkan Stretch marks

  • Hindari Pakaian Ketat
  • Kurangi makanan tinggi kalori
  • Rutin olahraga
  • Hindari merokok
  • Hindari konsumsi alkohol
  • Kurangi terlalu banyak konsumsi obat-obatan
  • Cukupi asupan vitamin harian tubuh khususnya vitamin E

Cara Menghilangkan Stretch marks

Munculnya Stretch marks terdapat beberapa hal yang menjadi penyebabnya, seperti akibat penggunaan obat-obatan yang mengandung steroid yang dapat merusak kolagen sehingga memicu munculnya Stretch marks. Selain itu, penyebab munculnya Stretch marks lainnya yaitu kekurangan vitamin A, C, E, hingga obesitas. Sedangkan pada ibu hamil, munculnya Stretch marks lebih banyak dipengaruhi oleh perubahan hormon perubahan kondisi hormon pada masa kehamilan dan peregangan dinding perut yang berlebihan. Untuk membantu mengatasi masalah Stretch marks, berikut ini beberapa cara menghilangkan Stretch marks.

1. Minyak Vitamin E
Cara alami untuk menghilangkan stretch Marks secara alami dapat menggunakan minyak vitamin E. Minyak vitamin E memang dipercaya efektif menghilangkan gangguan kulit ringan, salah satunya stretch mark. Gunakan minyak vitamin E secara rutin untuk mendapatkan hasil signifikan.

2. Minyak Jarak
Minyak jarak memiliki kandungan vitamin E yang mampu meregenerasi kulit. Cara paling mudah untuk menghilangkan stretch mark dengan minyak jarak adalah dengan mengoleskan minyak jarak secara rutin 2 kali sehari.

3. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang membantu menjaga kadar air pada kulit. Minyak zaitun juga mengandung anti oksidan polifenol yang membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Cara menghilangkan stretch mark dengan minyak zaitun yaitu dengan campurkan minyak zaitun dan madu lalu oleskan secara rutin untuk menghilangkan stretch mark.

4. Cocoa Butter
Cocoa butter memiliki kandungan palsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin E dapat melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit. Cara menghilangkan stretch mark dengan cocoa butter adalah dengan mengoleskan cocoa butter secara rutin 2 kali sehari.

5. Bubuk Coklat
Sama dengan khasiat pada cocoa butter, bubuk coklat juga dapat digunakan untuk menghilangkan streth marks. Caranya dengan buat pasta bubuk coklat lalu oleskan pada stretch mark 2 kali sehari secara rutin.

6. Lidah Buaya
Lidah buaya telah terbukti efektif untuk membantu mengatasi masalah kecantikan kulit, salah satunya juga bermanfaat untuk menghilangkan stretch mark. Gel pada lidah buaya membantu kulit tetap kenyal dan elastis sehingga perlahan stretch mark akan memudar dan hilang. Oleskan lidah buaya secara rutin untuk menghilangkan stretch mark.

7. Putih Telur
Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah stretch mark yaitu dengan menggunakan putih telur. Putih telur mampu mengenyalkan wajah dan mencerahkan kulit wajah karena putih telur kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Gunakan putih telur sebagai masker untuk menghilangkan stretch mark dengan menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis.

8. Kentang
Kentang memiliki kandungan mineral yang dapat menjadi antibiotik yang dapat membantu regenerasi kulit. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kentang juga berperan penting agar stretch mark segera hilang. caranya dengan tumbuk halus kentang yang telah direbus, campurkan dengan 2 sdm susu hingga menjadi pasta lalu oleskan pada stretch mark, diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

9. Lemon
Lemon tinggi antioksidan dan asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas pada kulit. Cara menghilangkan stretch mark dengan lemon adalah dengan mengoleskan perasan lemon pada stretch mark secara rutin agar proses regenerasi kulit dapat terjadi secara cepat.

10. Minum air putih
Dengan mencukupi asupan mineral 8 gelas setiap hari juga dapat membantu mencegah penurunan elastisitas kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit, hal ini juga yang dapat membantu mengatasi masalah stretch mark.

11. Masker Gula dan Madu
Cara selanjutnya untuk menghilangkan stretch mark yaitu dengan menggunakan scrub gula. Gula bermanfaat membantu proses exfoliasil. Untuk mendapatkan hasil maksimal, campurkan scrub gula dengan madu lalu gosok pada bagian stretch mark secara rutin.

12. Gunakan Krim Penghilang stretch mark
Cara menghilangkan stretch mark dapat menggunakan krim penghilang stretch mark yang banyak dijual di apotek atau supermarket. Namun pada dasarnya krim penghilang stretch mark ini hanya mampu menyamarkan saja bukan menghilangkan seluruhnya.

13. Perawatan Laser
Cara selanjutnya untuk menghilangkan stretch mark adalah dengan menggunakan laser. Perawatan ini memang dapat menghilangkan stretch mark secara cepata, namun anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menggunakan perawatan ini. Selain itu, jika perawatan ini tidak sering dilakukan maka bekas stretch mark dapat muncul kembali.

14. Gunakan Lotion
Gunakan lotion dengan tinggi kandungan vitamin C secara rutin dan cocok untuk jenis kulit anda maka perlahan-lahan stretch mark akan menghilang. Selain itu, penggunaan lotion juga dapat membuat kulit semakin kenyal.

15. Gunakan Krim Asam Retinoat
Salah satu cara lainnya untuk menghilangkan stretch mark selanjutnya yaitu dengan menggunakan krim dengan kandungan asam retinoat. Asam retinoat atau retin-A terbukti efektif untuk membantu menghilangkan stretch mark. Retin-A membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga dapat memudarkan stretch mark.

Itulah penjelasan tentang Tips dan Cara Menghilangkan Stretch Marks Dengan Sempurna. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.