20 Tips dan Cara Jitu Mencegah Kanker dengan Tepat

Posted on

Tips dan Cara Jitu Mencegah Kanker dengan Tepat – Memprediksi siapa yang akan terkena penyakit kanker, bukanlah hal yang mudah. Beberapa kebiasaan buruk seperti merokok dan berjemur akan meningkatkan risiko terkena kanker. Namun, di sisi lain banyak yang percaya bahwa pengaruh gen juga bisa meningkatkan risiko kanker.

Peneliti studi terbaru yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nature, telah menemukan bahwa sebanyak 70% sampai 90% kanker disebabkan oleh hal yang disebut ekstrinsik atau faktor eksternal, termasuk kebiasaan gaya hidup. Dengan kata lain, 70% hingga 90% kanker tidak berkaitan dengan gen ataupun keturunan.

Penelitian yang dipimpin oleh Stony Brook University, sebenarnya adalah analisis ulang dari data yang dirilis pada tahun lalu oleh ilmuwan dari Johns Hopkins, yang telah menemukan bahwa sekitar dua pertiga dari variasi dalam risiko mengembangkan kanker adalah karena adanya mutasi sel secara acak yang tak diketahui sebabnya, atau bisa dibilang tergantung nasib.

Studi terbaru ini justru menemukan banyak hal yang berseberangan.

“Kanker terjadi karena nasib. Kami yakin bahwa itu tidaklah benar dan kami sangat yakin dengan data yang kami miliki,” ungkap penulis senior Yusuf Hannun, MD.

Walaupun masih banyak penelitian yang dibutuhkan untuk mencapai kesimpulan akhir, perlu diingat bahwa tidak semua faktor risiko ekstrinsik mudah untuk dikontrol.

“Setiap orang tentu tahu tentang hubungan merokok dengan risiko kanker, jadi harapannya adalah Anda tidak merokok atau berhenti merokok,” ujar Hannun.

Hannun telah merekomendasikan kita untuk menjaga berat badan, harus membatasi konsumsi alkohol dalam jumlah moderat, mengonsumsi makanan sehat, dan menggunakan tabir surya. Lakukan hal terbaik untuk menjauhkan kanker dan menjaga kesehatan diri Anda.

Cara Mencegah Kanker

Mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati, pepatah tersebut berlaku untuk siapa saja. Tak terkecuali juga dengan penyakit kanker, mencegah penyakit kanker lebih baik dilakukan dari pada mengobati. Untuk mencegah kanker diperlukan pengetahuan terlebih dahulu tentang penyebabnya sehingga kita dapat menghindari kemungkinan munculnya sel-sel kanker. Berikut ini adalah tip jitu untuk mencegah kanker.

1. Ketahui resiko karena keturunan
Penyebab kanker salah satunya yaitu karena adanya faktor keturunan dari keluarga. Karena itu jika kita mengetahui jika dalam keluarga ada yang menderita kanker, kita dapat melakukan pencegahan sejak dini dan konsultasikan kepada dokter.

2. Hindari jenis makanan yang diasap atau dibakar
Jenis makan yang dibakar, diasar atau yang diasamkan merupakan penyebab munculnya sel kanker. Karena itu kurangi frekuensi konsumsi makanan yang diasap, diasamkan atau dibakar untuk mengurangi risiko terkena kanker.

3. Jauhi Alkohol
Minuman beralkohol memang tidak ada manfaatnya, malahan banyak sekali efek negatif yang didapat tak terkecuali dengan kanker. Salah satu penyebab kanker juga karena sering mengkonsumsi alkohol, baiknya segera hentikan konsumsi alhokol dari sekarang untuk mencegah terkena kanker.

4. Hindari makanan dengan zat pewarna
Zat pewarna memiliki kandungan yang dapat memicu kanker, karena itulah kita harus menghindari jenis makanan yang mengandung zat pewarna. Ciri makanan yang mengandung zat pewarna yaitu yang memiliki warna menarik dari warna asli nya.

5. Hindari merokok
Rokok merupakan sumber penyebab berbagai jenis penyakit, tak terkecuali dengan kanker. Tinggalkan kebiasan merokok dan jauhi orang yang sedang merokok untuk mencegah kanker.

6. Perbanyak makanan kaya serat
Perbanyak konsumsi jenis makanan yang mengandung banyak serat untuk mencegah kanker.

7. Olahraga secara rutin
Olahraga merupakan cara simple untuk mencegah kanker. Sebab dengan secara rutin melakukan olahraga lemak dalam tubuh akan terbakar dan juga mampu mempercepat metabolisme. Dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan sehat atau lari pagi sudah termasuk bentuk pencegahan kanker.

8. Konsumsi Vitamin A, C, dan E
Konsumsi jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin A, C dan E, karena memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu mencegah kanker.

9. Hindari makanan berlemak tinggi
Lemak menyebabkan munculnya banyak masalah dalm tubuh, termasuk juga memicu kanker. Cara menghindarinya yaitu dnegan mengurangi konsumsi jenis makanan yang mengandung lemak tinggi.

10. Seks sehat
Setia pada pasangan juga termasuk cara mencegah terjadinya kanker. Salah satu penyebab munculnya kanker termasuk sering melakukan hubungan seks tidak sehat.

11. Atur pola makan sehat
Dengan mengatur pola makan sehat mampu menjauhkan diri dari berbagai penyakit, tak terkecuali juga dengan kanker. Seperti banyak mengkonsumsi buah dan sayur, dan menjaduhi jenis makanan cepat saji karena banyak mengandung lemak tinggi.

12. Kendalikan diri dari stress
Emosi yang tidak terkendalikan yang disertai dengan stress berkepanjangan dapat merusak berbagai keseimbangan dalam tubuh. Emosi dan stress yang berkepanjangan memicu berbagai jenis penyakit.

13. Hindari obesitas
Pakar pakar kesehatan menegaskan bahwa obesitas termasuk salah satu pemicu munculnya kanker dalam tubuh. Selain kanker, obesitas juga memicu penyakit berat lainnya seperti jantung, diabetes, darah tinggi dan lainnya. Karena itu jaga pola makan dan polah hidup sehat untuk menghindari obesitas.

14. Banyak lakukan gerakan fisik
Tubuh yang terlalu lama diam atau kurang bergerak dapat memicu penyakit kanker. Perbanyak kegiatan yang meningkatkan gerak fisik seperti olahraga, jalan kaki, berkegiatan dirumah, dan lainnya untuk menghindari penyakit kanker.

15. Kurangi konsumsi gula
Hindari asupan gula secara berlebih, karena gula merupakan faktor penyebab cepatnya pertumbuhan sel-sel kanker. Selain kanker, asupan gula berlebih dapat memicu obesitas dan diabetes atau kencing manis.

16. Konsumsi teh hijau
Teh hijau memiliki antioksidan tinggi yang mampu membantu menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya kanker.

17. Konsumsi paprika
Paprika merah dan juga kuning mempunyai kandungan lykopene yang bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker.

18. Konsumsi air secara cukup
Konsumsi air yang cukup aka membantu membuang gzat sisa metabolisme yang tidak diperlukan tubuh.

19. Konsumsi sayuran hijau
Sayuran hijau juga mempunyai kandungan anti oksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas. Pastikan mencuci sayuran secara bersih untuk membuang bakteri dan sisa peptisida.

20. Waspadai perubahan bentuk tubuh
Pada wanita, waspadai perubahan bentuk payudara. Secara rutin lakukan pemeriksaan sarari dan sadari. Jika ditemukan keanehan, segera hubungi petugas kesehatan.

Cegah penyebab kanker sejak dini untuk menghindari kemungkinan yang lebih buruk. Mencegah selalu lebih baik dari mengobati, semoga informasi yang diberikan bermanfaat.