Tips Benar Memilih Alat Kontrasepsi Keluarga Berencana Aman Bagi Tubuh

Posted on

Tips Benar Memilih Alat Kontrasepsi  – Penggunaan alat kontrasepsi perlu dilakukan untuk menunda kehamilan. Seperti yang kita ketahui terjadinya kehamilan akibat pertemuan antara sel sperma dan sel telur dalam lahir sehingga terjadi pembuahan. Untuk mencegah terjadinya pembuahan dalam lahir dapat dilakukan dengan menggunakan alat kontrasepsi.

Namun ada sebagian wanita yang merasa bingung dalam memilih jenis alat kontrasepsi yang cocok dan aman digunakan. Sebelum menggunakan alat kontrasepsi ada baiknya anda terlebih dahulu memilih metode yang dapat digunakan. Dalam memilih suatu metode, wanita harus menimbang faktor, faktor kesehatan dan kerja sama pasangan. Ada banyak metode yang dapat anda lakukan untuk menggunakan alat kontrasepsi.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui dan pertimbangkan sebagai dasar memilih alat kontrasepsi.

Pertimbangan Memilih Alat Kontrasepsi

Pahami kebutuhan kehidupan anda
Hal pertama yang perlu dilakukan dalam pertimbangan memilih alat kontrasepsi yaitu memperhatikan tahapan kehiduapan anda, seperti usia, sudah memiliki keturunan atau belum, sudah menikah diatas usia 40 tahun. Dengan mengetahui tahapan tersebut, anda dapat menentukan jenis kontrasepsi yang sesuai.

Seperti misalnya, pada pasangan muda yang baru saja menikah dan belum berencana memiliki anak, mereka dapat memilih menggunakan kontrasepsi jangka panjang. Semua kontrasepsi jangka panjang seperti implan dan IUD tidak akan berpengaruh pada kesuburan, setelah dilepas kesuburan akan segera kembali.

Tujuan menggunaan kontrasepsi
Hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih alat kontrasepsi adalah menentukan tujuan anda menggunakan alat kontrasepsi. Anda dapat memiliki jenis alat kontrasepsi jangka panjang seperti implan dan IUD, atau kontrasepsi jangka pendek seperti pil dan KB suntik.

Memahami jenis alat kontrasepsi dan keefektifannya
Sebelum menggunakan alat kontrasepsi sebaiknya anda memahami jenis alat kontrasepsi yang akan digunakan. Berikut ini beberapa jenis alat kontrasepsi yang umum digunakan seperti:

  • Steril (Vasektomi dan Tubektomi) : Memiliki tinggat kefektifan mencapai 100%
  • Pil KB : Memiliki tinggat kefektifan mencapai hampir 100%
  • KB Suntik : Memiliki tinggat kefektifan mencapai hampir 100%
  • KB Susuk : Memiliki tinggat kefektifan mencapai hampir 100%
  • Spiral (IUD) : Memiliki tinggat kefektifan sampai 97 – 98%
  • Kondom : Memiliki tinggat kefektifan sampai 90 – 98%

Ketahui kondisi tubuh
Alat kontrasepsi dibagi menjadi 2 jenis yaitu kontrasepsi bersifat hormonal dan non hormonal. Kontrasepspi hormonal bekerja untuk mengganggu sistem kerja hormon, sebagian akseptor akan mengalami perubahan pada kondisi tubuh mereka, seperti kenaikan berat badan, sakit kepala, hingga perubahan siklus menstruasi.

Pada wanita yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti migrain, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung, akan terbatas memilih alat kontrasepsi karena kondisi tubuh mereka beresiko terhadap efek samping kontrasepsi jenis tertentu.

Pahami efek samping alat kontrasepsi
Setelah anda mempertimbangkan alat kontrasepsi yang digunakan, selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu mengetahui efek samping yang kemungkinan terjadi setelah menggunakan alat kontrasepsi. Beberapa efek samping yang kerap terjadi seperti.

  • Sering Mengalami Sakit kepala
  • Sering Kram
  • Merasakan Mual
  • Terdapat bercak maupun cairan dari vagina
  • Mengalami Perubahan mood
  • Payudara menjadi tidak kencang
  • Tidak mengalami Menstruasi, biasanya pengguna KB suntik
  • Menstruasi yang banyak akan merasakan sakit, umumnya yang menggunakan IUD atau spiral

Sebelum menggunakan alat kontrasepsi sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan mengenai perencanaan kehamilan.

Itulah pembahasan singkat tentang Tips Benar Memilih Alat Kontrasepsi Keluarga Berencana yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..