Tips Agar Tubuh Tetap Fit dan Bugar saat Duduk Terlalu Lama di Tempat Kerja

Posted on

Tips Agar Tubuh Tetap Fit dan Bugar saat Duduk Terlalu Lama – Duduk terlalu lama di tempat kerja dapat menyebabkan tubuh merasa tidak nyaman bahkan dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti tubuh menjadi mudah lelah, lemas, berat badan naik hingga menimbulkan resiko mematikan seperti penyakit jantung dan diabtes serta punggung dan pingga sering merasa sakit.

Masalah tersebut biasanya kerap dialami oleh pekerja kantor yang umumnya akan duduk lama setiap harinya. Mereka biasanya menghabiskan sekitar 8 jam setiap harinya untuk duduk ditempat kerja. Agar tubuh tetap fit dan bugar, hal tersebut sebaiknya harus diimbangi dengan melakukan pola hidup sehat dan olahraga cukup.

Menurut dokter, sekitar 75% penyebab kelelahan dan nyeri terjadi cepat pada otot dan persendian disebabkan oleh kesalahan postur tubuh pada saat duduk didepan komputer, sedangkan 25% disebabkan karena tidak seimbangnya antara waktu kerja dengan istirahat yang didapatkan tubuh. Untuk menghindari kelelahan dan nyeri pada otot, berikut ini beberapa tips sehat yang dapat dilakukan agar tubuh tetap fit dan bugar meskipun duduk terlalu lama ditempat kerja.

Tips Sehat Tetap Fit dan Bugar

1. Sering Lakukan Peregangan
Tips pertama yang perlu dilakukan jika anda terlalu lama duduk ditempat kerja adalah dengan sering melakukan peregangan. Setidaknya lakukan peregangan setiap 10 menit sekali, cara ini dapat membuat sendi otot yang kaku menjadi rileks kembali. Selain itu, cara ini juga dapat menurunkan resiko nyeri dan kram akibat terlalu lama duduk.

2. Sering Berdiri
Tips selanjutnya agar tubuh tetap bugar adalah dengan berdiri beberapa waktu ketika bekerja. Anda bisa bisa melakukan cara ini setiap 30 menit sekali, tak perlu lama-lama anda hanya perlu sedikitnya 1 menit untuk berdiri atau dengan berjalan-jalan di sekitar tempat duduk.

3. Melakukan Latihan Kebugaran di Waktu Senggang
Selanjutnya pada saat waktu senggang seperti waktu makan siang, anda dapat melakukan latihan kebugaran agar tubuh tetap energik, membuat pikiran lebih nyaman dan tubuh menjadi lebih semangat.

4. Melakukan Latihan Penguatan Bahu
Cara selanjutnya untuk membantu tubuh tetap fit dan bugar saat terlalu lama duduk ditempat kerja adalah dengan melakukan latihan penguatan bahu, caranya dengan duduk dalam posisi tegak, posisikan kaki rata dengan tanah, lalu angkat tangan ke bagian sisi kanan dan kiri kepala, tarik napas dalam dalam dan tahan selama 30 detik kemudian hembuskan pelan-pelan. Lakukan latihan ini selama 2 hingga 5 menit.

5. Atur Posisi Duduk
Untuk anda yang memiliki pekerjaan dengan resiko harus duduk lama didepan monitor, anda harus mengatur posisi duduk dengan benar. Hal ini dikarenakan duduk terlalu membungkuk dapat berakibat tidak baik untuk kesehatan, sedangkan duduk terlalu tegak juga tidak baik untuk tulang dan sendi. Para ilmuan dari Kanada dan Skotlandia menemukan bahwa posisi duduk 135 derajat adalah posisi paling nyaman dan lebih baik untuk kesehatan persendian. Selain posisi duduk, pastikan juga jika layar komuputer terletak langsung di garis mata agar leher tidak perlu terlalu menunduk.

6. Perhatikan Posisi Kaki
Hindari menyilangkan kaki saat terlalu lama duduk, karena cara ini dapat memperburuk sirkulasi darah, meremas pembuluh darah sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat kaku menjadi kesemutan. Posisikan kaki agar tidak menggantung, beri ganjalan pada kaki atau sesuaikan kursi.

Itulah penjelasan tentang Tips Agar Tubuh Tetap Fit dan Bugar saat Duduk Terlalu Lama  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.