Teknik Persalinan Gentle Birth Nyaman dan Aman Untuk Ibu dan Bayi

Posted on

Kelahiran seorang bayi adalah sebuah pengalaman yang kuat dan transformasional. Kelahiran bayi menjadi pengalaman unik bagi wanita dan bagi bayi yang dilahirkan. Namun, ada banyak wanita yang memiliki pandangan jika mereka tidak dapat melahirkan secara normal. Kesalahpahaman tersebut harus segera diganti dengan pemahaman tentang filosofi gentle birth.

Gentle birth adalah sebuah pola pikir mengenai persalinan yang dijalani dengan kesadaran penuh (consciousness), menghantarkan kita pada persalinan lembut, santun dan minim trauma. Gentle birth mengajarkan bahwa proses kelahiran adalah sebuah proses yang alami dengan mengembalikan kecerdasan alamiah Ibu dalam mengenali insting tubuh dan kemampuannya dalam persalinan.

Dalam mewujudkan persalinan yang aman, nyaman dan minim akan trauma, diperlukan berbagai persiapan sejak masa kehamilan sedini mungkin. Selain itu, yang menjadi poin awal adalah ibu hamil di tuntut mengenali tubuh sendiri untuk sadar dengan kondisi dan perubahan tubuh, harus sadar dengan nutrisi dan yang paling penting adalah sering bergerak seperti melakukan olahraha Taichi, jalan kaki, atau prenatal yoga.

Terdapat beberapa teknik untuk melakukan metode gentle birth. Pada dasarnya teknik yang digunakan dalam melakukan gentle birth adalah sama, yaitu mengandalkan kerja sama antara ibu dan bayi yang nantinya akan berjalan secara natural. Teknik gentle birth tersebut meliputi:

Water Birth

Teknik water birth membutuhkan bantuan air hangat untuk meminimalisir rasa sakit yang dirasa saat melahirkan. Dalam teknik water birth, pada bukaan ke enam sang ibu masuk kedalam kolam yang sudah diisi dengan air hangat dengan suhu yang mirip dengan suhu tubuh. Dengan menunggu proses bukaan selanjutnya, sang ibu dapat berganti-ganti posisi dan berusaha menjadi posisi paling nyaman dibantu oleh calon bayi.

Penggunaan air hangat bertujuan untuk membantu ibu menjadi lebih rileks, karena otot-otot yang dipakai untuk mengejan menjadi lebih elastis. Selain itu, air hangat juga berfungsi untuk mengurangi rasa sakit sehingga ibu bisa menjadi lebih fokus dan tenang ketika akan melahirkan.

Silence Birth

Penting untuk diketahui, jika teriakan saat proses persalinan justru akan membuat ibu kehilangan energi yang menyebabkan proses mengejan lebih membutuhkan perjuangan ekstra. Dengan menggunakan teknik silence birth, tidak ada lagi teriakan dalam proses persalinan. Sang ibu hanya melakukan teknik menarik napas panjang lalu hembusan lega saat mereka berhasil melahirkan bayinya.

Teknik melahirkan silence birth dikembangkan oleh Dokter Ron L.Hubbard. Kunci dari teknik persalinan silence birth adalah sang ibu harus melewati proses persalinan dalam suasana dan lingkungan sekitar yang tenang dan damai. Dengan demikian, alam bawa sadar sang ibu ikut merasa tenang sehingga akan dengan mudah menjalani proses kelahiran.

Hypno Birthing

Hypno birthing adalah teknik persalinan yang melibatkan orang selain sang suami untuk membantu memberi sugesti positif. Proses persalinan teknik ini akan membuat sang ibu dihipnotis serta diminta untuk bermeditasi. Dengan demikian, rasa takut dan gugup saat persalinan akan menghilang secara perlahan. Hal ini akibat hormon endorfin terstimulasi lewat meditasi dan hipnotis yang dilakukan.

Endorfin adalah candu alami dari dalam tubuh yang berfungsi untuk menghilangkan stress dan meningkatkan perasaan senang. Ketika seorang ibu melahirkan dengan rasa tenang dan jauh dari rasa tertekan, maka proses persalinan akan berjalan lancar.

Itulah penjelasan tentang Teknik Persalinan Gentle Birth Nyaman dan Aman Untuk Ibu dan Bayi . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.