23 Tanda Masalah Kesehatan yang Ditunjukkan oleh Tubuh Penting Diketahui

Posted on

Memiliki tubuh yang sehat adalah impian bagi semua orang. Namun, untuk memiliki tubuh yang sehat tentunya dibutuhkan usaha yang perlu dilakukan. Seperti anda harus pintar menjaga pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga dan mengatur waktu untuk istirahat. Meskipun demikian, masalah kesehatan masih kerap menghampiri tubuh anda. Jika sudah demikian, maka jangan mengabaikan masalah kesehatan tersebut dan segera lakukan tindakan.

Namun, tahukah anda jika sebenarnya masalah kesehatan yang ada pada tubuh kita sudah ditandai dengan munculkan beberapa tanda dalam tubuh. Dan umumnya, beberapa munculnya tanda masalah kesehatan tersebut kerap tidak disadari dan dianggap bukan suatu masalah kesehatan. Padahal, anda juga perlu menanggapi tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh. Agar anda mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa tanda yang kerap tidak disadari sebagai tanda masalah kesehatan.

Masalah Kesehatan yang Ditunjukkan oleh Tubuh

1. Bau Mulut
Bau mulut adalah hal yang wajar saja terjadi, namun kadang bau mulut masih saja mengganggu meskipun anda telah melakukan sikat gigi, flossing, berkumur dan melakukan perawatan mulut lainnya. Jika anda mengalami masalah tersebut, sebaiknya perlu berhati-hati karena bau mulut bisa menjadi salah satu penyebab adanya masalah pada kesehatan jantung. Meskipun demikian, hal ini masih belum diyakini bahwa menyembuhkan bau mulut juga bisa menyembuhkan penyakit jantung. Selain itu bau mulut juga menjadi pertanda adanya masalah pada pencernaan dan amandel.

Untuk mengatasi masalah bau mulut anda dapat mengkonsumsi jenis makanan probiotik yang berguna mengurangi populasi bakteri pada mulut. Jika bau mulut belum juga hilang, coba periksalah ke dokter untuk memastikan masalah yang sedang terjadi.

2. Kram
Kram adalah tanda pada salah satu bagian tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan asupan mineral dalam tubuh. Mineral tersebut dapat berarti pottasium, magnesium atau kalsium yang berpengaruh dalam tubuh yang jika kekurangan salahsatunya bisa jadi menyebabkan kram. Selain karena kekurangan mineral, kram juga dapat dipicu akibat secara tiba-tiba anda meningkatkan intensitas olahraga sehingga menyebabkan anda rentan terkena kram. Selain dengan mengkonsumsi jenis makanan tinggi mineral, anda juga harus menghindari terlalu banyak konsumsi alkohol untuk mengatasi masalah kram. Selain itu jika kondisi belum juga pulih, sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter.

3. Bibir Kering
Hal yang biasa dikaitkan dengan bibir kering dan pecah-pecah biasanya pertanda dehidrasi. Padahal masalah bibir kering bisa muncul akibat anda kurang melakukan perlindungan pada bibir. Bibir menjadi bagian paling sensitif dibanding bagian wajah lainnya sehingga harus dilindungi dari sinar UV. Untuk itu anda perlu menggunakan kosmetik yang menggunakan beeswax untuk bibir agar bibir tetap lembut dan tidak pecah-pecah.

4. Kaki Bengkak
Kaki bengkak dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan dalam tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi sodium dan karbohidrat juga bisa menyebabkan pergelangan kaki dan kaki bengkak. Hal ini karena garam cenderung mengandung air yang dapat menyebabkan kaki bengkak. Namun, jika pembengkakan yang anda alami sudah termasuk kronis maka cek terlebih dahulu kondisi kesehatan kamu ke dokter. Hal ini karena bengkak pada pergelangan kaki juga dapat menjadi pertanda adanya masalah pada kondisi liver, ginjal ataupun jantung. Cek kondisi kesehatan anda jika bengkak kaki belum juga menghilang.

5. Keriput
Keriput memang kerap terjadi pada siapa saja dan akan natural seiring bertambahnya usia. Namun jika kulit anda terlalu keriput pada usia yang masih relatif muda, cobalah untuk menganalis apa yang sedang terjadi dalam tubuh anda. Keriput yang muncul tidak wajar dapat disebabkan akibat salah melakukan pola diet, terlalu banyak konsumsi gula yang juga dapat memicu diabetes, sering konsumsi makanan instan atau akibat konsumsi alkohol. Pastikan selalu konsumsi makanan sehat dan hindari stress agar tidak muncul keriput secara berlebihan.

6. Bau ketiak meskipun sudah mandi
Sudah wajarnya ketiak akan mengeluarkan bau asam ketika badan berkeringat, hal ini akibat bakteri yang terasa bebas dan nyaman tumbuh di zona yang banyak berkeringat. Untuk mengatasi masalah bau badan ini cara mudahnya adalah dengan mandi yang bersih lalu gunakan deodoran. Namun, jika ketiak anda tetap bau setelah mandi bersih, hal ini bisa dijadikan sebagai pertanda adanya masalah kesehatan dalam tubuh seperti adanya masalah pada gangguan hormonal dan disfungsi tiroid. Namun, jika bau badan menyerupai aroma buah busuk atau cat kuku hal ini menjadi pertanda sinyal ketoasidosis yaitu hilangnya kemampuan tubuh untuk memetabolisme gula.

7. Gatal Secara Terus Menerus
Rasa gatal akibat bekas bercukur biasanya normal saja terjadi karena adanya pertumbuhan rambut baru. Namun jika rasa gatal tersebut tidak berhenti meskipun pasca pertumbuhan rambut baru maka hal tersebut perlu di waspadai karena bisa menjadi pertanda masalah dalam tubuh. Jika terjadi iritasi parah akibat reaksi dari silet, kain pakaian, atau zat yang terkandung dalam krim cukur sehingga menyebabkan bintik merah dan muncul sel-sel mati bersamaan dengan rasa gatal, segera periksakan ke dokter karena bisa saja kulitmu memiliki jamur yang jika dibiarkan dapat berkembang.

8. Alis semakin tipis
Ketika anda menyadari alis semakin tipis tanpa sebab yang jelas, segeralah untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan. Hal ini bisa menjadi salah satu gejala adanya gangguan tiroid yang harus segera ditangani. Namun, sebaiknya anda terlebih dahulu ketahui penyebab rontoknya alis, karena bertambahnya usia juga menjadi salah satu penyebab alis rontok atau menjadi tipis. Agar lebih jelas sebaiknya konsultasikan ke dokter.

9. Berat badan menurun drastis
Kehilangan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba harus diperhatikan. Karena menurut ahli kesehatan, fluktuasi berat badan yang berlebihan dapat menjadi indikasi masalah kesehatan mental. Kunjungi dokter dan ketahui alasan sebenarnya untuk kenaikan atau penurunan berat badan yang Anda alami.

10. Perubahan pada warna lidah
Tahukah anda bahwa ada cara mendiagnosis masalah kesehatan hanya dengan melihat tampilan lidah. Dengan melihat bentuk, tekstur, ukuran , dan warna lidah dapat membantu mengenali gejala-gejala penyakit apa saja yang berjadi dalam tubuh. Cara mendeteksi kesehatan dengan lidah sebaiknya dilakukan pada pagi hari dibawah cahaya alami sebelum menyikat gigi. Hal ini dikarenakan warna lapisan lidah bisa juda dipengaruhi oleh makanan, obat-obatan atau rokok. Jadi, periksalah lidah satu jam sebelum terkena paparan zat asing dengan cara di julurkan lidahnya bukan di tegakkan. Berikut tanda adanya masalah kesehatan dari warna lidah.

  1. Warna lidah pink terang menandakan kondisi fisik yang sehat.
  2. Lidah berwarna merah menandakan ancaman penyakit menular dan proses peradangan.
  3. Warna lidah merah menyala menjadi sinyal dari kelainan jantung dan dan penyakit darah.
  4. Lidah warna kuning adalah ciri masalah yang diderita perut dan hati.
  5. Jika lidah berwarna ungu, waspadai penyakit paru-paru dan jantung.
  6. Lidah warna biru mengisyaratkan penyakit atau gangguan pada ginjal.
  7. Lidah yang berwarna pucat menandakan kekurangan vitamin dan nutrisi.
  8. Lidah warna putih biasa terjadi pada penderita dehidrasi, infeksi jamur atau penyakit flu.
  9. Lidah kelabu menjadi pertanda adanya penyakit pada saluran pencernaan.
  10. Lapisan tebal berwarna putih di permukaan lidah adalah indikasi dari keracunan dan adanya penyakit menular.
  11. Lapisan berwarna cokelat pada lidah menandakan adanya gangguan pada paru-paru.
  12. Sementara lapisan berwarna kuning pada lidah adalah tanda bagi gangguan sistem pencernaan.
  13. Jika lidahmu diselimuti lapisan berwarna kelabu, itu tandanya ada gejala gastritis dan tukak lambung.

Meskipun demikian, diagnosis diatasnya tidaklah 100% benar. Sebaiknya periksakan terlebih dahulu kesehatan anda ke dokter untuk mendapatkan hasil terbaik.

Itulah penjelasan tentang Masalah Kesehatan yang Ditunjukkan oleh Tubuh  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.