Sepsis : Gejala, Penyebab, Diagnosa dan Cara Mengobati Sepsis

Posted on

Sepsis – Sepsis merupakan suatu komplikasi infeksi yang mengancam jiwa. Sepsis adalah komplikasi berbahaya akibat infeksi. Komplikasi infeksi ini bisa menyebabkan tekanan darah turun drastis dan kerusakan pada banyak organ. Kedua hal ini dapat menimbulkan kematian.

Baca Juga : Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Sepsis terjadi ketika bahan kimia yang dilepaskan di dalam aliran darah untuk melawan infeksi memicu peradangan di seluruh tubuh. Dapat menyebabkan berbagai perubahan yang merusak beberapa sistem organ, menyebabkan kegagalan organ, terkadang bahkan mengakibatkan kematian. Gejala sepsis meliputi demam, sulit bernapas, tekanan darah rendah, denyut jantung cepat dan kebingungan mental. Perawatan termasuk antibiotik dan cairan infus.

Pada saat terjadi infeksi, sistem kekebalan tubuh akan aktif untuk melawan penyebab infeksi. Sepsis muncul saat sistem kekebalan tubuh ini melawan infeksi secara tidak terkendali. Meski tergolong mematikan, sepsis masih bisa ditangani. Untuk itu, segera konsultasikan ke dokter jika mengalami penyakit infeksi terlebih jika sudah muncul gejala sepsis.

Baca Juga : Obstruksi Usus

Gejala dan Penyebab Sepsis

Gejala sepsis adalah gejala dari infeksi. Gejala yang bisa terjadi saat infeksi diantaranya demam, nyeri otot, dan diare. Selain itu penderita infeksi perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami jantung yang berdebar dan sesak napas.

Sepsis disebabkan karena respons sistem kekebalan tubuh yang tidak terkendali terhadap infeksi. Sepsis bisa muncul akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur di bagian tubuh manapun. Akan tetapi, infeksi yang paling sering memicu sepsis adalah paru-paru basah.

Diagnosis dan Pengobatan Sepsis

Untuk dapat mendiagnosis sepsis, dokter akan menanyakan gejala yang dialami dan melakukan pemeriksaan fisik. Selain itu, ada beberapa tes tambahan untuk menentukan penyebab dan lokasi infeksi, seperti pemeriksaan urine dan tinja, pemeriksaan dahak, pencitraan, dan biopsi.

Baca Juga : Giardiasis

Sepsis perlu diobati dengan segera. Untuk menangani sepsis dokter akan melakukan tindakan dengan tujuan diantaranya seperti:

  • Untuk mencegah dehidrasi dan gagal ginjal akut.
  • Untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal.
  • Untuk menjaga aliran oksigen.
  • Untuk mempertahankan kadar gula darah normal.
  • Untuk menangani infeksi penyebab sepsis.

Demikian pembahasan tentang sepsis, mulai dari gejala, penyebab, diagnosa dan pengobatan sepsis. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.