Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan – Perkembangan Fisik, Motorik dan Sensorik Bayi LENGKAP

Posted on

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan – Menikmati perkembangan bayi menjadi hal yang menyenangkan bagi setiap orangtua. Setelah sebelumnya kita menikmati tumbuh kembang bayi diusia 5 bulan, kita akan diperlihatkan hal menakjubkan selanjutnya dibulan selanjutnya.

Usia 6 bulan adalah tahapan penting untuk bayi dan orangtua. 6 bulan adalah usia terpenting untuk mempererat ikatan antara ibu dan anak. Pada usia ini dokter juga merekomendasikan untuk memberikan asupan tambahan dengan memberikan makanan padat pendamping asi.

Perkembangan Fisik

Usia 6 bulan, otot dan sendi bayi sudah bekerja dengan baik. Ia juga sudah dapat mengangkat kepala dengan tegak tanpa bantuan orang lain, namun tetap masih perlu pengawasan karena belum begitu stabil.

Bagian punggung bayi juga sudah bisa berdiri sendiri, bahkan jika disandarkan sudah bisa lurus.

Otot tangan sudah mampu melakukan koordinasi dengan baik sehingga ia sudah bisa memegang benda dengan erat, serta sudah bisa memindahkan benda dari tangan satu ke tangan sebelahnya.

Otot kaki sudah semakin kuat sehingga ia sudah mampu berguling dengan menggunakan kaki dan bagian pantatnya.

Sebagian bayi diusia 6 bulan sudah memiliki koordinasi yang baik pada bagian kaki dan punggung sehingga ia sudah bisa merangkak meskipun masih membutuhkan bantuan orang tua.

Karena sudah bisa mengangkat kepala tegak, maka tenggorokan juga sudah mampu menelan makanan dan minuman dengan baik. Karena itulah, dokter merekomendasikan untuk memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) di usia 6 bulan untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Perkembangan Motorik

Kemampuan motorik bayi di usia 6 bulan yang paling terlihat adalah kemampuannya mengenali bahasa. Berikan respon positif ketika bayi melakukan berbagai kegiatan, ini bisa dijadikan sebagai cara untuk membantu bayi mengenali bahasa dan berlatih bicara.

Di usia 6 bulan, bayi sudah bisa mengoceh ramai dengan mengeluarkan beberapa huruf vokal dan mulai tahu hurup konsonan.

6 bulan bayi sudah mulai memiliki keinginan untuk makan yang lebih besar, hal ini ditunjukkan dengan perilaku bayi yang sering memasukkan sesuatu ke mulut.

Di usia 6 bulan, bayi juga sudah mulai memiliki perkembangan otak yang bagus sehingga mereka mulai belajar untuk mengingat. Latih terus dengan mengajak bayi berkomunikasi.

Bayi sudah mulai mengenal bahasa, ajak bayi untuk sering mendengar kata-kata ringan seperti mama, papa, ayah, ibu, kakak.

Karena tulang lengan dan kaki sudah mulai kuat, biasanya bayi akan mulai belajar merangkak atau sekedar menggoyangkan kaki dan tangan.

Perkembangan Sensorik

Di usia 6 bulan, pendengaran bayi sudah bekerja dengan baik, bahkan sudah bisa mendengar suara dari jarak jauh. Ketika ada seseorang yang memanggilnya, ia akan menoleh mencari sumber suara.

Selain pendengaran, bayi usia 6 bulan juga sudah memiliki penglihatan yang sempurn. Ia mulai mengenal berbagai warna yang menarik perhatiannya.

Bayi usia 6 bulan, sudah mulai aktif menyentuh untuk merasakan berbagai permukaan dari berbagai benda. Ketika memegang benda biasanya akan langsung dimasukkan kemulut atau meremasnya.

Selain itu, tangannya juga sudah mulai kuat sehingga ia sering ingin menarik atau mencabut benda seperti rambut atau rumput.

Kebutuhan Gizi dan Nutrisi

Pada usia 6 bulan, bayi sudah mulai mendapatkan makanan padat. Anda dapat memberikan MPASI dengan campuran sayuran sehat dan ASI, serta dapat beralih ke buah-buahan.

Anda perlu mengenalkan berbagai jenis makanan satu persatu dengan mencobanya selama beberapa hari, yang bertujuan untuk memantau dan mengetahui segala macam reaksi yang diperlihatkan seperti, muncul ruam, diare atau muntah. Selain itu, pemberian berbagai jenis makanan juga dapat membantu bayi untuk terbiasa dengan cita rasa baru dan menarik.

Hindari berasumsi bahwa bayi mengalami alergi karena tidak menyukai suatu makanan, karena bayi memang termasuk pilih-pilih terhadap makanan yang dikonsumsi.

Berdasarkan ketetapan menurut American Academy of Pediatrics, bahwa tidak ada hubungan antara alergi dan pemberian telur atau ikan bayi setelah 6 bulan. Namun beberapa makanan termasuk madu dan susu sapi harus dihindari sampai bayi Anda berusia 1 tahun.

6 bulan adalah usia emas buah hati mempelajari banyak hal. Pastikan orangtua turut ikut terus mendampingi tumbuh kembangnya. Karena semakin bertambahnya usia bayi, maka semakin banyak pula yang harus ibu ajakan padanya.

Itulah penjelasan tentang Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.