Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan – Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Tips Mendukung Pertumbuhan Bayi

Posted on

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan – Pada usia ke 5 bulan, tumbuh kembang bayi semakin terlihat semakin mandiri, memiliki gerakan dan respon lebih baik dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya. Apalagi jika dimasa kehamilan, ibu mendapatkan nutrisi yang maksimal yang bisa mendukung kesehatan setelah bayi lahir.

Bayi usia 5 bulan sudah mulai sangat aktif bergerak, karena itu orangtua harus meningkatkan kewaspadaan dalam pengawasannya. Pada masa ini, bayi sudah tidak lagi suka tiduran, ia lebih senang berguling guling, tengkurap dan berbalik sendiri. Hal inilah yang membuat bunda harus terus mengamatinya. Selain itu, diusia ini bayi juga mulai ingin tahu tentang sekelilingnya karena jiwa sosialnya semakin berkembang.

Perkembangan Fisik

Beberapa perkembangan fisik yang diperlihatkan bayi usia 5 bulan seperti:

Mulai Belajar Duduk
Pada sebagian bayu usia 5 bulan sudah dapat duduk tegak untuk beberapa waktu meski masih membutuhkan sedikit bantuan. Untuk menyokong saat duduk anda dapat memberikan bantal kecil di punggungnya. Dengan begitu, secara perlahan bayi akan merasa nyaman dengan posisi duduknya.

Merangkak
Pada usia 5 bulan, bayi mulai senang belajar merangkak. Para bayi juga mulai senang menggoyang-goyangkan kaki, memegang kedua kaki secara bersamaan atau dengan berusaha menggerakkan kakinya.

Perkembangan Kognitif

Beberapa perkembangan kognitif bayi usia 5 bulan mulai memilki identitasnya sendiri. Hal ini bisa dapat dijadikan sebagai bayanagn akan menjadi bayi seperti apa dibulan-bulan yang akan datang seperti lebih gembira, ekspresif, rewel atau emosional. Beberapa perkembangan kognitif lainnya seperti:

Lebih resposif dan ekspresif
Usia 5 bulan, bayi akan lebih ekspresif dan responsif, ia juga akan mencoba bertatapan dengan ibunya lebih lama. Bahkan, ia akan mulai belajar membaca gerak bibir ibu dan mengerti apa yang anda ucapkan.

Menggenggam dengan baik
Kemampuan selanjutnya di usia 5 bulan, bayi sudah mulai menggenggam benda dengan lebih kuat, seperti mulai menggenggam mainan atau botol susu sendiri. Kemungkinan lainnya, bayi sudah bisa memindahkan benda dari tangan kiri ke tangan sebelahnya atau sebaliknya.

Pola Tidur
Bayi usia 5 bulan memiliki pola tidur yang lebih baik. Ia bisa tidur nyenyak sepanjang malam jika perutnya merasa kenyang atau tidak ada hal lain yang menggangunya. Namun, pada siang hari bayi tidak akan tidur lama dan lebih menuntut perhatian dari orangtua.

Perkembangan Sosial dan Emosi

Diusia 5 bulan kemampuan komunikasi mulai meningkat dan ia mulai memiliki selera humor. Usia 5 bulan, ocehan bayi mulai bertambah, bahkan ia mulai bisa memanggil mama-papa.

Dimasa itu juga bayi sudah mulai bisa memekik gembira ketika diajak bercanda.

Tambahkan kosakata bayi dengan rajin mengajaknya bercerita atau membacakan dongeng.

Ajarkan kosakata dengan benar hindari mengajari bayi dengan bahasa yang lucu seperi “minum susu menjadi mimic cucu”, karena bayi bisa mengira jika kata tersebut adalah benar pengucapannya.

Kesehatan dan Nutrisi

Usia 5 bulan, bayi lebih mudah lapar dibandingkan dnegan bulan sebelumnya karena ia mempersiapkan diri untuk menerima makanan padat. Terus berikan ASI ekslusif di usia 5 bulan ini. Namun, ketika memasuki usia 5,5 bulan, anda sudah bisa memperkenalkan rasa buah-buahan seperti buah pisang yang dihaluskan atau kaldu sayuran. Berikan tidak lebih dari 1 sendok teh setiap hari untuk satu jenis makanan dalam sehari.

Tips Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

  • Sering ajak bayi berkomunikasi. Coba perkenalkan dnegan kata-kata baru seperti mengenalkan suara kucing, anjing, sapi atau lainnya.
  • Sering panggil namanya agar ia memberikan respon dan mulai menanggaponya.
  • Selalu awasi keberadaannya, karena diusia ini bayi akan lebih aktif seperti berguling dan merangkak.
  • Perkenalkan bayi dengan lingkungan sekitar rumah, atau sekali-kali ajak bayi belanja ke mall karena ia mungkin akan menikmatinya.

Banyak yang bilang, usia 5 bulan adalah fase tahap tumbuh kembang bayi yang paling menyenangkan. Bayi mulai akan merespon dan mengekspresikan dirinya untuk pertama kali. Karena itulah orangtua harus selalu mendukung dan mendampingi buah hai untuk menikmati perkembangannya.

Itulah penjelasan tentang Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.