Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan – Kemampuan Motorik, Bicara dan Kemampuan Sosial Bayi LENGKAP

Posted on

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan – Pada usia 4 bulan, anda akan melihat beragam kenikmatan yang menakjubkan dari perkembangan bayi anda. Anda mulai mendengar celotehan hingga bayi anda mengeluarkan sepatah dua patah kata dari mulutnya seperti ‘ma-ma’ atau ‘ba-ba-ba’. Selain itu, anda juga akan sering melihat bayi anda berguling dari posisi tengkurap ke sebaliknya.

Di usia 4 bulan, orang tua harus memiliki banyak waktu untuk mengawasi bayi. Karena bayi berusia 4 bulan akan lebih senang bergerak seperti berguling, sehingga memerlukan pengawasan yang lebih ekstra. Berikut tumbuh kembang bayi diusia 4 bulan.

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Kemampuan Motorik

Umumnya, bayi usia 4 bulan memiliki beberapa kemampuan motorik seperti berikut:

  • Bayi sudah bisa meraih benda yang dlihatnya menarik. Hal ini menandakan koordinasi tangan dan penglihatannya semakin membaik.
  • Pandangan bayi sudah mulai baik, ia mampu mengikuti pergerakkan dan perpindahan objek dari satu ketempat ketempat lain.
  • Diusia 4 bulan, kepala bayi sudah bisa tegak tanpa bantuan atau disangga orang dewasa.
  • Bayi sudah bisa menggulingkan badannya sendiri, dari tengkurap ke telentang atau sebaliknya. Saat posisi tengkurap, ia dapat menegakkan tangan dan kakinya, serta melengkungkan punggungnya. Posisi ini bermanfaat untuk memperkuat leher dan kepala sebagai persiapan duduk.
  • Jika posisi bayi di berdirikan, ia akan menjejak-jejak meskipun ia belum bisa berjalan.
  • Diusia 4 bulan, saat diangkat akan digendong, ia sudah dapat mengangkay kepala dan pundaknya dari tempat tidur.
  • Meskipun sudah bisa diposisikan duduk, bayi harus tetap disangga karena tulang bekalangnya belum begitu kuat.

Kemampuan Bicara

Diusia 4 bulan, bayi mulai berceloteh dan menirukan suara yang ia dengar dengan memperhatikan gerakan bibi. Ia mulai berceloteh dengan memadukan konsonan dan vokal seperti ‘ma-ma-ma’ atau ‘pa-pa-pa’. Huruf yang paling sering dilafalkan bayi saat mulai belajar berceloteh adalah “a”. Selain itu, ia juga mulai menyukai kemampuannya membuat bunyi-bunyian dan mendengarkan suara itu ditelinganya sendiri.

Di usia ini, anda juga dapat mengajaknya berkomunikasi dengan mengucapkan kata-kata sedernaha seperti “mama” atau “papa”. Lakukan secara berulang-ulang, agar ia paham dengan apa yang anda ucapkan dan ia akan menirukannya.

Kemampuan Sosial

  • Di usianya 4 bulan, umumnya bayi sudah dapat tersenyum secara spontan terhadap hal-hal menarik perhatiannya.
  • Bayi sudah bisa menirukan ekspresi wajah orang dewasa seperti senyum dan cemberut.
  • Bayi mulai senang bermain dan bisa menangis ketika permainanya berhenti.
  • Bayi juga kerap tertawa keras ketika melihat hal yang dianggapnya menarik dan lucu.

Dibandingkan dengan usia sebelumnya, lambung bayi usia 4 bulan sudah mulai lebih besar sehingga frekuensi menyusunya lebih berkurang. Sekali menyusu, ia akan memenuhi perutnya sehingga akan merasa kenyang lebih lama. ASI juga berperan merubah nutrisi penting seperti lemak dan mineral yang mendukung bayi untuk berkembang.

Itulah penjelasan tentang Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.