Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan – Perkembangan Fisik, Sensorik, Kognitif dan Kemampuan Komunikasi Bayi LENGKAP

Posted on

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan – Merawat dan memperhatikan tumbuh kembang bayi memang memberikan pengalaman khusus bagia semua orangtua. Setelah masa penyesuaian merawat bayi dari usia 0 hingga 1 bulan dan pada bulan kedua, pada bulan ketiga kita akan kembali diperlihatkan dengan keajaiban perkembangan dari buah hati. Pada usia 3 bulan, bayi semakin tumbuh besar dan sangat menggemaskan. Berikut ini adalah beberapa tanda yang diperlihatkan bayi pada usia 3 bulan.

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Perkembangan Fisik

Bayi usia 3 bulan bayi sudah mulai kuat mengangkat otot leher, ia mulai mampu menegakkan kepala dalam segala posisi, seperti saat digendong atau saat tengkurap. Selain itu, bayi juga sudah mampu mengangkat dadanya dan menendang-nendangkan kaki dengan kencang karena otot dalam tubuhnya semakin kuat.

Gendong bayi dengan sesekali menyentuhkan kakinya ke lantai atau kepangkuan ibu, bayi akan merespon dengan menendang keras dan ia akan senang.

Pada usia 3 bulan, bayi sudah bisa mengkoordinasi mata dan tangannya semakin baik, bayi mulai bisa menyatukan kedua tangan, selain itu bayi juga sudah bisa memegang benda dengan kedua tangannya.

Selain itu, ada sebagian bayi yang sudah menggulingkan badannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Saat inilah penjagaan orangtua harus ditingkatkan.

Perkembangan Sensorik

Usia 3 bulan bayi sudah mulai bisa memahami apa yang ada disekitarnya. Ia mulai tertarik untuk menyentuh berbagai benda untuk mengetahui perbedaan tekstur dan bentu benda yang disentuhnya.

Pendengaran bayi pada usia 3 bulan juga sudah semakin baik. Ia akan tersenyum ketika mendengar suara orangtua dan mulai menunjukkan tanda menyukai musik yang diperdengarkannya. Hal tersebut sebagai bentuk respon yang dilakukannya.

Di usia 3 bulan, saat ibu menatap buah hati, sang bayi akan menatap lurus ke mata anda. Selain itu, ia juga mulai suka menatap dalam-dalam ke cermin untuk melihat refleks dirinya sendiri.

Perkembangan Kognitif

Pada usia 3 bulan, otak bayi akan membentuk ribuan koneksi saat dirinya berkonsentrasi pada kemampuan barunya. Seperti saat ia bermain dengan mengayunkan mainnan yang menggelantung dan mainan tersebut bergerak, ia mulai belajar mehamai tentang dasar hubungan sebab-akibat pada benda tersebut.

Di usia ini juga bayi mulai bisa mengikuti gerak benda dan fokus pada sesuatu, terutama ketika ada yang bergerak didepannya.

Bayi mulai bisa bersosialisai dengan memberikan respon kepada orang yang tersenyum dengannya. Selain itu, ia juga sudah mulai bisa berinteraksi dengan berteman dengan bayi lainnya bahkan akan kagum dengan pantulan cahayanya sendiri dikaca.

Di usia 3 bulan ini bayi juga mulai belajar memahami emosi dan pola komunikasi. Ia belajar dari ekspresi wajah dengan apa yang diucapkan oleh orang terdekat.

Perkembangan Komunikasi

Pada usia 3 bulan, bayi sudah mulai lebih ekspresif, tidak hanya menangis, ia juga lebih sering melakukan ocehan yang sudah terdengar nyaring dengan durasi yang panjang.

Orangtua dapat terus mengajak bayi berbicara dengan menjelaskan tentang benda disekitarnya atau bercerita mengenai lingkungan sekitarnya. Sebuah penelitian menyebutkan, orangtua yang sering mengajak komunikasi bayinya akan meningkatkan IQ saat ia besar nanti.

Kemampuan Bahasa dan Bicara

Kemampuan bahasa dan bicara bayi didapatkan ketika sang ibu sering mengajaknya berbicara atau bercerita. Hal ini mempermudah bayi untuk menyusun kata-kata dan suaranya sendiri. Dengan begitu, bayi dapat memberikan isyarat saat ia mencoba berkomunikasi dengan anda.

Di usia ini menangis bukalah satu-satunya cara ia berkomunikasi. Saat ini ia mulai sering berkomunikasi dengan cara mengoceh panjang.

Tips Merawat dan Menjaga Bayi Usia 3 Bulan

  • Bayi membutuhkan waktu istirahat dengan tidur dalam setiap waktu. Karena itu anda harus memperhatikan nutrisi penuh agar ia merasa lebih nyaman. Karena bayi yang terlalu banyak menangis bisa menyebabkan penurunan berat badan.
  • Jangan berikan makanan pendamping ASI pada usia ini.
  • Ajak bayi untuk jalan-jalan dilingkungan sekitar rumah untuk mengambangkan kemampuan sosialnya.
  • Pada usia 3 bulan, bayi sudah mulai aktif bergerak, tingkatkan keamanan untuk menjaga bayi tidak jatuh ketika bermain atau berguling.

Itulah penjelasan tentang Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.