15 Penyebab Sering Mengantuk dan Tubuh Terasa Lemas Padahal Cukup Istirahat

Posted on

Penyebab Sering Mengantuk dan Tubuh Terasa Lemas  – Sering merasa mengantuk saat sedang beraktivitas memang sanagt mengganggu. Apalagi jika kantuk menyerang pada saat kita sedang banyak pekerjaan yang harus diselessaikan. Mengantuk dapat mengakibatkan pekerjaan menjadi tertunda dan gawatnya lagi jika anda mengantuk pada saat perjalanan dapat menyebabkan kecelakaan.

Mengantuk merupakan hal yangs anagt wajar terjadi ketika tubuh merasa lelah dan membutuhkan istirahat. Orang biasa biasanya membutuhkan waktu tidur kitar 7-9 jam perharinya. Tidur yang cukup akan membuat tubuh menjadi sehat, perkembangan dan pertumbuhan tubuh menjadi terjaga, membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dan membuat suasana hati menjadi stabil. Namun apa yang terjadi jika anda masih tetap merasa mengantuk padahal anda sudah cukup istirahat dan tidur cukup. Berikut ini beberapa penyebab anda masih merasa mengantuk padahal sudah cukup istirahat.

Penyebab Sering Mengantuk

1. Terlalu lama duduk dan kurang aktivitas gerak
Saat ini mayoritas orang kebanyakan duduk didepan layar monitor selama berjam-jam, mulai dari pegawai, mahasiswa, pelajar hingga anak-anak. Terlalu banyak duduk tidak menyehatkan tubuh apalagi untuk kalian yang hampir setiap harinya bekerja dengan duduk seperti 8 jam atau lebih.

Aktivitas tersebut sangat tidak baik jika dilakukan terus menerus karena mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar sehingga menyebabkan oksigen tidak banyak yang sampai ke kepala yang akhirnya membuat anda sering mengantuk.

2. Kurang Darah
Kurang darah atau sering disebut dengan anemia biasanya dapat mengakibatkan 6L; lemah, lelah, letih, lesu, lunglai, lemas. Selain 6L, kurang darah juga sering mengakibatkan tubuh merasa sangat mengantuk. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan zat besi sehingga sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh akan berkurang termasuk ke kepala. Hal tersebutlah yang menyebabkan tubuh merasa mengantuk.

3. Terlalu banyak beban
Sering merasa mengantuk juga dapat disebabkan adanya gangguan fisik seperti sedang memikirkan banyak pikiran dan beban sehingga menyebabkan stress, cemas, galau, baper tingkat tinggi, kesal tingkat tinggi, terlalu sedih, dan sebagainya. Hindari memikirkan beban yang terlalu berat untuk menghindari merasa mengantuk pada siang hari.

4. Kekurangan cairan
Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka dapat membuat metabolisme tubuh menjadi kurang optimal, memperlambat kerja jantung mengirim oksigen, hingga menyebabkan tubuh kurang fokus dan konsentrasi hingga membuat tubuh merasa mengantuk.

5. Terlalu banyak makan
Terlalu banyak makan hingga menyebabkan kekenyangan yang berlebihan dapat pula menyebabkan rasa kantuk. Terlalu banyak makanan yang masuk kedalam tubuh maka tubuh membutuhkan insulin dalam jumlah yang besar sedangkan pankreas tidak dapat memenuhinya. Sehingga tubuh akan merasa kelelahan karena beban tersebut dan akhirnya tubuh akan memberikan reaksi mengantuk untuk bisa mengolah semua makanan.

6. Terlalu banyak aktivitas
Jika tadi, kurang aktivitas dapat menyebabkan kantuk, kali ini terlalu berlebihan melakukan aktivitas juga dapat menyebabkan mengantuk karena secara alami tubuh akan merasa cepat lelah dan lemas yang diakibatkan kalori dalam tubuh akan terbakar.

7. Kekurangan kalori dan gizi
Penyebab lainnya dari munculnya rasa ngantuk dan lemas adalah ketika tubuh kekurangan asupan kalori dan kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Kalori dan gizi sangat berpengaruh untuk melakukan aktivitas, jika tubuh kekurangan zat tersebut maka tubuh akan mudah terasa lemas dan mengantuk sepanjang hari.

8. Insomnia
Insomnia adalah gangguan saat tidur yang membuat penderita tidak dapat memejamkan mata untuk tidur meskipuntubuh merasa lelah dan mengantuk. Insomnia dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti banyak pikiran, merokok dan alkohol, faktor cuaca dan lingkunganm atau adanya gangguan penyakit yang menganggu.

9. Diare
Diare adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan yang disebabakan oleh bakteri. Pada saat mengalami diare biasanya akan membuat tubuh mengalami dehidrasi karena feses yang keluar berupa cairan. Hal tersebut dapat membuat penderita merasa lemas, pucat dan merasa mengantuk.

10. Faktor konsumsi obat
Mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan rasa ngantuk seperti jenis obat tekanan darah tinggi, obat jantung atau obat asma.

11. Minuman berkafein
Mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh membuat kita sulit mengantuk atau bahkan dapat mengganggu tidur. Kafein mengendap didalam tubuh sekita 3 sampai 7 jam. Untuk itu hindari mengkonsumsi minuman berkafein sesaat sebelum tidur agar tidur anda menjadi berkualitas dan pada esok harinya anda tidak merasa lemas dan mudah mengantuk.

12. Menurunnya suplai oksigen ke otak
Menurunnya suplai oksigen terutama dapat membuat fungsi dan juga kerja dari otak menjadi tidak optimal, sehingga efeknya adalah dapat menyebakan kantuk dan juga lemas. Beberapa faktor penyebab menurunkan suplai oksigen ke otak antara lain seperti dehidrasi, kekurangan asupan gizi , dan sesak nafas.

13. Konsumsi Alkohol
Mengkonsumsi alkohol dapat dapat menyebabkan terganggunya siklus tidur pada malam hari sehingga menimbulkan masalah ngantuk di pagi atau siang hari.

14. Berat badan naik
Dampak paling utama yang kita rasakan saat berat badan naik adalah munculnya rasa kantuk setiap saat. Hal ini karena kadar gula dalam darah meningkat. Kadar gula darah yang berlebih mengakibatkan rasa kantuk yang tidak tertahankan dan membuat nafsu makan terus meningkat.

15. Diabetes
Pada tubuh penderita diabetes tipe 2 tidak dapat mengubah glukosa menjadi energi sehingga kadar glukosa dalam tubuh menjadi tinggi. Hal tersebutlah yang membuat penderita diabtes tipe 2 cepat merasa lelah, merasa mengantuk dan tidak bersemangat.

Dari penyebab-penyebab diatas, anda harus tetap waspada terhadap kesehatan tubuh. Memahami setiap perubahan yang terjadi pada tubuh sejak awal sanagt baik untuk mengantisipasi munculnya berbagai jenis penyakit lainnya. Menjalani hidup sehat dengan pola hidup sehat, makan-makanan sehat, menghindari hal-hal yang menyebabkan sakit seperti merokok, malas olahraga, terlalu banyak makanan berlemak, berminyak dan lain-lain dapat mencegah rasa kantuk yang hadir meskipun tubuh sudah tercukupi istirahat. Namun rasa kantuk yang berlebihan memiliki kaitan dengan adanya penyakit kronis seperti penyakit jantung dan hipertiroid. Segera lakukan pemeriksaan kedokter untuk melakukan pencegahan.

Itulah penjelasan tentang Penyebab Sering Mengantuk dan Tubuh Terasa Lemas Padahal Cukup Istirahat. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.