Penyebab Penumpukan Lemak di Perut yang Menyebabkan Perut Buncit

Posted on

Penyebab Penumpukan Lemak di Perut – Lemak di perut dibagi menjadi dua bagian, yaitu lemak viseral dan lemak subkutan. Lemak viseral adalah lemak yang tidak dapat terlihat karena berada dibawah kulit melainkan berada disekitar organ dalam tubuh. Sedangkan subkutan adalah lemak yang berada dibawah kulit dan dapat terlihat serta dapat di cubit.

Penumpukan lemak dibagian perut kerap menjadi masalah yang menyebalkan karena dapat menyebabkan perut menjadi buncit dan mengurangi kepercayaan diri seseorang. Berdasarkan ahli gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS, secara anatomi lemak lebih banyak menumpuk di bagian perut, paha dan lengan karena bagian tersebut paling sensitif dengan terjadinya penumpukan lemak.

Dalam kondisi normal, lemak di perut berfungsi sebagai bantalan pelindung organ dalam tubuh yang penting seperti melindungi jantung, liver, ginjal dan usus. Sedangkan menurut penlitian di Loyoba University Chicago menyebutkan, lemak di perut memiliki kemungkinan yang baik untuk mengatur sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan dalam kadar jumlah yang berlebih, penumpukan lemak tersebut dapat menyebabkan tubuh terpaksa menampung lemak pada bagian peurt sehingga menyebabkan kulit menjadi menggelambir atau perut menjadi buncit.

Kelebihan lemak terjadi akibat tubuh terlalu banyak mengkonsumsi energi dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Energi tersebut dapat berasal dari lemak, karbohidrat dan dalam kondisi tertentu, energi juga didapatkan dari protein.

Dalam dunia medis, perut buncit disebut dengan obesitas sentral atau obesitas peurt (abdominal obesity) yang penyebab utama penumpukan lemak pada bagian peurt adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan gaya hidup tidak sehat tersebut seperti sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak atau junkfood namun terlalu sering duduk, menonton dan makan sehingga menyebabkan lemak semakin bertumpuk di bagian perut.

Sebenarnya cukup mudah untuk mengatasi masalah perut buncit. Kamu hanya perlu melakukan pola hidup sehat seperti menggabungkan pola makan seimbang dan melakukan olahraga teratur yang akan membuat tubuh menjadi ideal dan terhindar dari masalah perut buncit.

Penumpukan lemak diperut tidaklah bagus bagi tubuh, selain merusak penampilan, penumpukan lemak juga dapat membahayakan tubuh seperti menyebabkan kolesterol tinggi. Berikut ini asuan kebutuhan asupan energi pada pria dan wanita berusia 20-40 tahun membutuhkan energi sebesar 2000 kalori perhari dengan rata-rata membutuhkan asupan lemak sekitar 45gram. Namun kebutuhan tersebut bisa kurang atau lebih tergantung dnegan berat badan tiap-tiap orang.

Itulah penjelasan tentang Penyebab Penumpukan Lemak di Perut   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.