Penyebab Gigi Hitam dan Rusak Pada Anak, Perlu Diketahui Orang Tua

Posted on

Penyebab Gigi Hitam dan Rusak Pada Anak – Masalah yang paling sering terjadi pada anak-anak biasanya gigi hitam karena keropos hingga berlubang dan gigi tanggal. Biasanya kondisi ini kerap terjadi pada balita yang memiliki kebiasaan minum susu di malam hari dan tidak menggosok gigi sebelum tidur. Padahal seharusnya, warna gigi pada anak lebih putih dibandingkan gigi orang dewasa, sebab kandungan florinnya lebih banyak.

Banyak orang tua yang penasaran dengan sebab gigi anak menjadi menghitam, bahkan ada sebagian dari mereka yang khawatir jika masalah tersebut mengganggu kesehatan anak. Lalu apa sebenarnya penyebab dari gigi hitam? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Gigi Hitam dan Rusak Pada Anak

Berikut ini beberapa penyebab gigi menghitam, antara lain:

Tidak Rajin Menggosok Gigi
Penyebab gigi hitam pada anak paling utama dikarenakan orang tua tidak rutin mengajarkan anak untuk menggosok gigi, sehingga anak terlanjur tidak biasa menggosok gigi. Padahal, menyikat gigi adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan gigi anak supaya tetap putih.

Jika anak terbiasa tidak rajin menggosok gigi pada saat malam hari sebelum tidur maka akan membuat gigi anak menjadi tidak bersih akibat masih ada sisa makanan yang tertinggal. Sisa-sisa makanan tersebut yang akhirnya dihinggapi oleh kuman-kuman dalam mulut yang kemudian membuat gigi menjadi keropos dan hitam.

Penggunaan Botol Susu
Anak-anak yang sejak bayi terbiasa menggunakan botol untuk menyusu biasanya akan cenderung memiliki gigi hitam. Hal ini dikarenakan plastik pada nipple botol yang dapat menyebabkan pembusukan gigi.

Pembusukan gigi atau karies terjadi saat anak mengonsumsi susu di malam hari, atau menggunakan botol susu sambil tiduran dalam waktu yang cukup lama. Botol dapat membuat gigi membusuk dan akan hancur sehingga menyebabkan gigi anak menghitam.

Konsumsi Susu Manis Saat Tidur
Penggunaan botol susu yang didukung dengan mengkonsumsi susu manis akan semakin memperparah kondisi gigi anak semakin hitam. Pemberian susu formula biasanya mengandung gula, ditambahkan diletakkan pada botol menjadi penyebab gigi hitam pada anak. Hal ini dikarenakan gula pada susu akan tertinggal dalam mulut dan membusuk akibat diurai oleh kuman-kuman dalam mulut. Pembusukan tersebut menghancurkan lapisan gigi dan mengubahnya menjadi hitam. Dan kuman tersebut akan berkembang cepat pada malam hari.

Cedera pada Gusi dan Gigi
Penyebab gigi hitam pada anak lainnya adalah akibat cedera yang terjadi pada gigi. Seperti ketika gigi atau gusi anak berdarah lalu darah tidak keluar sehingga darah akan menggumpal di gusi atau gigi yang akhirnya mempengaruhi warna gusi dan gigi. Lambat laun warna gigi akan brubah menjadi biru dan menghitam.

Pemakaian Obat-Obatan Tertentu
Terdapat beberapa jenis obat-obatan yang memiliki efek samping dapat menghilangkan atau mengurangi kadar enemel gigi. Enamel gigi adalah lapisan terluar gigi yang fungsinya untuk melindungi gigi. Sedangkan enamel gigi yang semakin berkurang dapat berpengaruh pada kesehatan gigi termasuk warna gigi. Jadi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kedokter tentang efek samping obat-obatan yang akan di konsumsi.

Itulah pembahasan singkat tentang Penyebab Gigi Hitam dan Rusak Pada Anak yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..