12 Penyebab dan Cara Menghilangkan Milia, Bintik Putih di Bawah Mata Seperti Jerawat Dengan Cepat

Posted on

Penyebab dan Cara Menghilangkan Milia, Bintik Putih di Bawah Mata  – Memiliki bintik putih diwajah dapat mengganggu penampilan, apa lagi untuk wanita. Tidak heran jika banyak orang yang akhirnya melakukan perawatan khusus untuk menghilangkan bintik putih tersebut. Tahukah anda jika bintik putih yang menyerupai jerawat tersebut biasa disebut dengan Milia.

Milia adalah bintik putih dengan bentuk benjolan kecil berwarna putih yang sering diduga dengan whiteheads yang sering muncul disekitar bawah mata, namun juga bisa muncul di hidung, pipi, dahi atau dada. Milia umum terjadi pada bayi yang baru lahir, dan akan menghilang dalam beberapa minggu. Namun, tidak dapat dipungkiri jika Milia juga muncul pada orang dewasa. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut penjelas lengkap lekap tentang milia.

Penyebab Milia

Penyebab munculnya Milia dapat terjadi akibat adanya reaksi alergi terhadap produk yang cukup keras bagi kulit sehingga menyebabkan iritasi serta sering terkena paparan sinar matahari yang mengenai kulit sehingga menyebabkan milia.

Milia juga sering terjadi pada bayi atau sering dikenal sebagai jerawat pada bayi. Namun, kondisi pada bayi belum diketahui penyebab pastinya, jadi segera hubungi dokter jika milia pada bayi belum membaik dalam jangka waktu lama.

Cara Mengatasi Milia

Para dermatolog merekomendasikan agar tidak meremas atau menusuk benjolan putih kecil, karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bintik putih milia, antara lain:

1. Perawatan dengan Uap
Salah satu cara untuk menghilangkan milia adalah dengan menggunakan perawatan uap, caara ini dinilai efektif. Caranya dengan menyiapkan air panas dalam baksom kecil, lalu letakkan wajah tepat diatas baskom dan biarkan uapnya langsung mengenai wajah. Lakukan perawatan ini untuk secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Tomat
Tomat juga efektif untuk menghilangkan bintik milia, caranya dengan belah tomat menjadi 2 lalu gosokkan dengan lembut diarea milia. Diamkan selama 20 menit hingga mengering lalu gunakan air hangat untuk membilasnya. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu dengan rutin agar hasil maksimal.

3. Madu
Madu merupakan sumber antioksidan yang juga baik untuk tetap mempertahankan kelembapan kulit wajah dan juga mampu mengatasi milia. Cara melakukan perawatan dengan milia adalah dengan mengoleskan madu secara rutin setiap hari pada area milia, biarkan hingga 15 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Lemon dan Gula
Cara menghilangkan milia selanjutnya anda dapat menggunakan scrub gula dan lemon. Caranya dengan campurkan 2 sdm gula pasir dengan 1 sdt perasan lemon dan 1 sdt minyak zaitun, aduk lalu oleskan dan biarkan menempel pada area milia selama 20 menit. Perawatan ini dapat membantu memecah dan membuka pori-pori yang menyebabkan pori-pori bersarang.

5. Minyak Jarak
Minyak jarak juga mampu mengendalikan produksi minyak pada kulit dengan penyembuhan alami dan sifat antibakteri didalamnya. Cara menghilangkan milia dengan minyak jarak yaitu dengan oleskan minyak jarak pada milia dan biarkan meresap lalu bilas dengan air hangat.

6. Nasi Merah
Selain baik dikonsumsi untuk menu diet, nasi merah juga dapat membantu mempengaruhi kondisi kulit seperti menghilangkan bintik-bintik putih diwajah, hal ini karena kandungan vitamin B dan mineral didalamnya. Untuk menghilangkan milia dengan nasi merah yaitu dengan oleskan nasi merah hangat pada area milia, dan bilas ketika nasi sudah mendingin.

7. Almond
Almond juga baik untuk mengatasi masalah keseatan kulit dan menghilangkan bintik putih dikulit wajah. Cara untuk menghilangkan bintik putih diwajah dengan almond adalah dengan haluskan almond dengan susu lalu oleskan secara merata pada area milia pada malam hari menjelang tidur dan bilas pada pagi harinya.

8. Apel
Apel memang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya yaitu untuk mengcerahkan kulit wajah dan menghilangkan bintik putih milia. Cara menghilangkan bintik milia dengan apel adalah dengan campurkan parutan apel dengan perasan jeruk nipis, lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah dengan kapas. Diamkan selama 20-30 menit sampai mengering dan bilas dengan air hingga bersih.

9. Jeruk nipis dan putih telur
Selain untuk meratakan warna kuli, kombinasi jeruk nipis dan putih telur juga dapat membantu menghilangkan bintik putih milia. Caranya dengan campurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur, lalu oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 5 mening hingga kering, bilas dengan air dingin hingga bersih.

10. Kunyit dan Madu
Campuran kunyit dan madu juga efektif untuk membantu menghilangkan bintik putih diwajah, caranya dengan campurkan bubuk kunyit dengan madu aduk hingga merata lalu oleskan pada area milia. Tunggu hingga 10 menit sambil beri pijatan lembut dan bilas hingga bersih dengan air dingin.

11. Lemon dan Madu
Campuran lemon dan madu bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bintik putih milia. Caranya dengan campurkan perasan lemon dan madu lalu oleskan pada area milia, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

12. Kentang
Cara menghilangkan bintik putih milia dengan kentang yaitu dengan haluskan kentang lalu campurkan dengan madu, oleskan pada bintik putih milia. Diamkan selama 20 menit hingga mengering lalu bilas dengan air hingga bersih.

Jika cara perawatan diatas belum mendapatkan hasil maksimal, anda juga bisa melakukan beberapa cara lain untuk mengatasi milia seperti:

  1. Terapii laser
  2. Dermabrasi
  3. Peeling
  4. Ktioterapi
  5. Isotretinoin

Kasus milia pada orang dewasa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Perlu beberapa waktu untuk dapat menghilangkan milia secara menyeluruh.

Milia dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu bahkan beberapa bulan dan tidak berbahaya bagi tubuh. Namun, anda perlu melakukan perawatan untuk mempercantik penampilan. Milia dapat dihilangkan dengan menggunakan jarum, namun cara tersebut tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan luka pada kulit hingga iritasi.

Itulah penjelasan tentang Penyebab dan Cara Menghilangkan Milia, Bintik Putih di Bawah Mata. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.