29 Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Secara Alami Cepat dan Efektif

Posted on

Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Pasir – Salah satu gangguan kulit wajah yang paling sering muncul adalah jerawat. Terdapat banyak faktor penyebab munculnya jerawat, seperti akibat debu, kotoran, minyak, hingga akibat kosmetik. Selain itu, faktor spikologis juga berpengaruh terhadap munculnya jerawat diwajah.

Jerawat memang sangat mengganggu, apalagi jika jerawat muncul secara bersamaan atau yang disebut dengan jerawat pasir yang dapat tumbuh menyebar diseluruh wajah dengan ukuran kecil-kecil yang biasa muncul di bagian dahi, pipi, punggung hingga dada.

Meskipun berukuran kecil, jerawat pasir menyebabkan hilangnya rasa percaya diri apalagi jika jerawat muncul pada bagian wajah. Namun, anda tidak perlu risau, karena kali ini akan dibahas tentang penyebab dan cara menghilangkan jerawat pasir secara alami.

Penyebab Jerawat pasir

Penyebab munculnya jerawat pasir hampir mirip dengan penyebab jerawat pada umumnya, seperti:

  1. Faktor Genetik
  2. Efek konsumsi obat
  3. Menggunakan kosmetik
  4. Jarang membersihkan wajah
  5. Merokok atau terkenan asap rokok
  6. Adanya perubahan hormon dalam tubuh
  7. Faktor psikologis seperti kecemasan dan stress
  8. Kebiasaan tidak menghapus make up sebelum tidur
  9. Akibat timbunan debu dan kotoran pada pori-pori wajah

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

1. Lidah Buaya
Cara menghilangkan jerawat pasir dengan lidah buaya adalah dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan sedikit garam hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada wajah dengan diberi pijatan untuk mengangkat kotoran di wajah, tunggu hingga kering dan bilas dengan air bersih.

2. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya yaitu dengan menumbuk bawang putih dengan sedikit gula merah dan sedikit air hingga menjadi pasta lalu oleskan pada wajah yang berjerawat, diamkan hingga kering, lalu cuci wajah hingga bersih.

3. Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh atau tea tree oil mengandung senyawa benzoil peroxide yang sangat berguna untuk mengurangi masalah produksi bakteri penyebab jerawat. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak pohon teh pada wajah dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Putih Telur
Putih telur memiliki kandungan protein yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Cara menghilangkan jerawat pasir dengan putih telur adalah dengan mengoleskan putih telur pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Tomat
Tomat kaya akan kandungan vitamin E dan kalium yang baik untuk merawat kulit wajah, seperti mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit wajah. Caranya adalah dengan belah tomat segar lalu oleskan secara langsung pada wajah dan diamkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat.

6. Mentimun
Mentimun memiliki manfaat untuk membantu mengkontrol produksi minyak berlebih pada wajah, hal ini mirip dengan fungsi kerja dari putih telur. Cara menghilangkan jerawat pasir dengan mentimun adalah dengan iris tipis mentimun lalu tempelkan pada wajah yang berjerawat pasir, diamkan selama 30 menit dan lakukan secara rutin untuk menghilangkan jerawat secara maksimal.

7. Jeruk Nipis
Kandungan senyawa pada jeruk nipis memiliki manfaat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Caranya adalah dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air mawar lalu oleskan pada wajah dan diamkan semala 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

8. Plain Yoghurt
Rasanya yang asam dan menyegarkan dari yoghurt juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi masalah jerawat pasir. Caranya adalah dengan menggoleskan yoghurt plain pada area wajah dan biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

9. Lemon dan Kopi
Lemon memiliki kandungan senyawa asam yang baik untuk mengangkat sel kulit mati. Kombinasi butir kopi bermanfaat untuk memaksimalkan pada proses mengangkat sel kulit mati. Caranya dengan campurkan perasan lemon dengan bubuk kopi hingga menjadi pastam lalu oleskan pada wajah yang berjawat dengan berikan pijatan lembut, dan bilas hingga bersih.

10. Sulfur atau Belerang
Sulfur atau belerang saat ini banyak dimanfaatkan sebagai salah satu terapi kesehatan kulit untuk mengurangi peradangan, mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat, membunuh bakteri, mengencangkan kulit, dan lain sebagainya.

11. Teh Hijau
Teh hijau tinggi kandungan antioksidan yang juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan jerawat pada wajah. Caranya dengan gunakan ampas teh hijau dan haluskan, setelah itu oleskan pada wajah dengan berikan pijatan lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan jerawat pasir. Diamkan hingga kering dan bersihkan.

12. Jagung
Cara selajutnya untuk menghilangkan jerawat pasir adalah dengan menggunakan jagung muda. Caranya dengan haluskan jagung muda dengan cara memarutnya lalu oleskan secara merata pada wajah, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

13. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh memiliki rasa asam yang dapat berfungsi sebagai antiseptik dan membantu menghilangkan jerawat pasir. Cara menghilangkan jerawat pasir dnegan belimbing wuluh adalah dnegan menghaluskan belimbing wuluh lalu beri sedikit perasan air jeruk nipis. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan hingga mengering lalu bilas hingga bersih.

Mencegah Jerawat Pasir

Mengatasi masalah jerawat pasir memang lebih sulit dibandingkan dengan mengatasi jerawat pada umumnya. Ukurannya yang kecil dan menyebar membuat kita sedikit kesulitan untuk menghilangkannya. Cara paling tepat untuk mengatasi jerawat pasir adalah dengan mencegah kemunculannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mencegah munculnya jerawat pasir diwajah, antara lain:

  1. Terapkan pola hidup sehat
  2. Stop merokok dan hindari asap rokok
  3. Kurangi konsumsi gorengan, makanan manis, atau tinggi lemak
  4. Hindari penggunaan kosmetik yang tidak cocok untuk wajah anda
  5. Rutin mencuci wajah 2x sehari menggunakan sabun khusus untuk wajah
  6. Atur rambut agar tidak mengenai kulit wajah karena dapat menyebabkan kotoran rambut menempel pada wajah
  7. Hindari memegang, memencet, dan memecahkan jerawat dengan alasan apapun. Kegiatan semacam ini hanya akan memperparah jerawat pasir.

Itulah pembahasan singkat tentang Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Secara Alami yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..