21 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami

Posted on

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami – Rambut menjadi salah satu bagian dalam tubuh yang sering mengalami masalah, seperti masalah kerontokan rambut, ketombe, kusam, bau, kering, merah, hingga masalah rambut bercabang. Masalah yang terjadi pada rambut sangat mengganggu penampilan seseorang, seperti masalah rambut bercabang. Memiliki rambut bercabang sangat membuat jengkel, apalagi untuk wanita. Karena mereka harus meluangkan banyak waktu untuk menata riasan rambut dengan menata rambut agar rambut yang bercabang tidak terlihat.

Masalah rambut bercabang biasanya terjadi karena rambut kekurangan nutrisi sehingga menjadi kering dan bercabang. Selain itu, masih terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab rambut bercabang. Berikut ini akan dijelaskan mengenai masalah rambut bercabang dan cara mengatasinya.

Faktor Penyebab Rambut Bercabang

  1. Rambut terlalu sering terkena paparan sinar matahari akan merusak kutikula rambut dan menghisap kilau rambut, sehingga rambut menjadi kering, kemerahan dan bercabang.
  2. Perawatan dengan bahan kimia seperti pewarnaan, pelurusan, bleaching, pemanasan atau pengeritingan rambut juga dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang.
  3. Menyisir rambut yang basah dapat menyebabkan rambut menjadi kusut dan mudah patah, sehingga dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang.
  4. Rambut yang terlalu panjang juga dapat menyebabkan ujung rambut menjadi kering dan bercabang jika tidak dilakukan perawatan yang baik seperti memotong ujung rambut setiap 3 bulang sekali.
  5. Mengkonsumi obat-obatan juga dapat menjadi penyebab masalah rambut bercabang, hal ini karena zat racun dalam obat menyebabkan hilangnya kelembaban rambut, sehingga rambut terlihat kusam, mudah rontok dan bercabang.
  6. Terlalu lama berada diruangan AC dapat merusak rambut, karena rasa sejuk yang diakibatkan oleh AC bersifat menyerap kelembaban alami yang ada dikulit kepala sehingga kulit kepala dan batang rambut akan mengalami kekeringan dan dehidrasi.
  7. Terlalu sering keramas juga menyebabkan kutikula pada rambut kehilangan kelembaban karena minyak alami pada kulit rambut menjadi berkurang, sehingga mengakibatkan kilau rambut memudar, mudah rontok, ujung rambut bercabang, dan rambut mudah patah.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Untuk mengatasi masalah rambut bercabang, anda dapat menggunakan cara alami yaitu menggunakan masker berbahan dasar buah dan tanaman herbal. Cara alami ini lebih aman dilakukan dan dapat dilakukan setiap hari agar rambut menjadi lebih sehat dan terhindar dari masalah rambut bercabang. Berikut ini adalah beberapa cara yang digunakan untuk mencegah masalah rambut bercabang menggunakan masker alami, seperti:

1. Masker Alpukat
Gunakan buah alpukat yang sudah diblender untuk masker rambut bercabang yang di imbangi dengan penmijatan selama 10 menit, kemudian ambil handuk kecil yang sebelumnya sudah direndam air hangat lalu bungkuslah rambut anda, Diamkan selama 30 menit.

2. Masker telur, madu dan minyak zaitun
Campurkan telur, madu dan minyak zaitun untuk masker rambut bercabang yang di imbangi dengan pemijatan selama 10 menit, kemudian Diamkan masker selama 60 menit agar manfaatnya dapat meresap dengan maksimal.

3. Masker Lidah Buaya
Manfaatkan daging dan lendir lidah buaya dengan diberi beberapa tetes minyak zaitun untuk masker rambut bercabang yang di imbangi pemijatan selama 10 menit lalu diamkan selama 30 menit.

4. Masker Seledri
Haluskan daun seledri dengan blender lalu tambahkan air jeruk nipis untuk masker rambut bercabang yang diu imbangi pemijatan selama 10 menit lalu diamkan selama 30 menit.

5. Masker Mengkudu
Haluskan buah mengkudu yang sudah tua lalu gunakan sebagai masker rambut dengan di imbangi pemijatan selama 10 menit lalu diamkan selama 30 menit dengan dibungkus handuk kecil yang sebelumnya sudah direndam di air hangat.

6. Masker Pepaya
Gunakan pepaya yang sudah dihaluskan dengan campuran yogurt untuk masker rambut bercabang yang di imbangi pemijatan selama 10 menit, lalu ambilah handuk kecil yang sebelumnya sudah direndam air hangat lalu bungkulah rambut anda, diamkan selama 30 menit.

7. Masker Air Lemon dan Madu
Gunakan air lemon dan madu untuk masker rambut bercabang yang di imbangi pemijatan selama 10 menit, diamkan selama 60 menit agar manfaatnya dapat meresap dengan baik.
Hanya menggunakan zaitun asli tanpa campuran apapun bisa di imbangi dengan pemijatan

8. Masker Minyak Zaitun
Gunakan minyak zaitun asli tanpa campuran untuk masker ujung rambut bercabang dengan di imbangi dengan pemijatan selama 20 menit dan diamkan selama 60 menit.

9. Masker Minyak Urang Aring
Gunakan minyak urang aring untuk masker rambut dengan di imbangi pemijatan selama 10 menit. Selama pemijatan berikan beberapa tetes air jeruk nipis, lalu diamkan selama 30 menit.

10. Masker Mayonese
Mayonese juga dapat digunakan untuk masker rambut bercabang, oleskan mayonese pada rambut bercabang dengan di imbangi pemijatan selama 10 menit kemudian diamkan selama 30 menit atau lebih.

11. Masker Minyak Kemiri
Gunakan minyak kemiri untuk masker rambut rusak dan bercabang yang di imbangi pemijatan selam 10 menit lalu diamkan selam 60 menit.

12. Masker Pisang
Gunakan pisang yang diblender dan dicampur minyak zaitun untuk masker rambut bercabang yang din imbangi pemijatan selama 10 menit, kemudian diamkan selama 30 menit.

13. Masker Minyak Almond
Gunakan minyak almond sebagai masker untuk rambut yang 80 persen ujungnya bercabang, jangan lupa di imbangi pemijatan selama 10 menit, selama pemijatan berikan beberapa tetes minyak zaitun kemudian diamkan selama 30 menit.

14. Masker Minyak Kelapa
Gunakan minyak kelapa murni untuk masker rambut bercabang yang di imbangi pemijatan selama 10 menit lalu diamkan selama 30 menit.

Itulah pembahasan singkat tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..