Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Alergi Anak Dengan Tepat Paling Berhasil 100%

Posted on

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Alergi Anak РAlergi pada anak dapat diartikan bahwa di dalam tubuh anak telah bereaksi secara tidak biasa terhadap rangsangan tertentu pada bagian tubuhnya. Alergi adalah suatu gangguan imunitas yang diderita oleh manusia di seluruh dunia karena sistem imunitas dalam tubuh tidak stabil. Selama ini banyak penderita alergi masih belum menganggap alergi sebagai penyakit yang serius dan memerlukan penanganan khusus. Padahal sebuah penelitian dan pengalaman ahli kesehatan telah membuktikan bahwa alergi pada anak lebih memiliki potensi lebih besar, seperti anak bisa teridentifikasi menderita penyakit asma dan rhinitis di kemudian hari.

Untuk lebih mengetahui gejala dan penyebab munculnya alergi pada anak, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Gejala Alergi pada Anak

Pada saat ini, banyak sekali anak yang terkena alergi, sehingga kita perlu mengetahui gejala alergi pada anak atau tanda alergi pada anak yang tiba-tiba muncul, seperti mual, muntah, kepala sakit, kulit ruam, kulit merah, bintik-bintik merah, diare dan tanda lainnya, gejala alergi atau tanda-tanda alergi berlaku juga pada alergi bayi.

Apa penyebab Alergi Anak?

Penyebab Alergi pada anak atau penyebab Alergi pada bayi antara lain : dari Spora, debu, obat, makanan, buah, sayuran, sabun, shampo, dan bulu binatang serta sengatan binatang.

Jenis-jenis Alergi Anak

Alergi Kulit, Alergi Susu, Alergi Obat, Alaergi Kimia, Alergi Udara, Alergi makanan

Pentingnya Hiposensibilisasi pada tubuh

Hiposensibilisasi adalah suatu percobaan yang dilakukan untuk menangkal alergi, dengan menyuntikkan zat sebagai pemicu alergi, dengan tujuan agar tubuh terbiasa atau beradaptasi terhadap alergi.

Bagaimana Cara Mengatasai Alergi Kulit Pada Anak

Pada dasarnya alergi pada anak dan balita tidak terjadi seketika, melainkan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Makin sering anak dan balita bersentuhan dengan alergen atau penyebab alergi, maka semakin cepat menderita alergi.

Hal itu terjadi karena tubuh anak atau balita memiliki ambang batas toleransi, yaitu batas tertinggi tubuh untuk menerima paparan, jika paparan dialami secara berlebihan akan memicu reaksi dari sistem pertahanan tubuh dan terjadilah alergi.

Jadi sebagai orang tua jangan heran jika bayi Anda awalnya tidak alergi terhadap serbuk sari atau bulu kucing, namun beberapa waktu kemudian akan mengalami reaksi alergi setelah terpapar beberapa kali. Ada jeda waktu tertentu yang dibutuhkan oleh alergen untuk membuat kekebalan tubuh bereaksi terhadapnya.

Lalu Bagaimana Cara terbaik Mengatasai Alergi Kulit Pada Anak? Cara terbaik mengatasi alergi pada anak adalah dengan mengetahui penyebabnya, dengan begitu kita akan mudah menghindarkan bayi untuk bersentuhan dengan alergen sehingga alergi tidak sering kambuh.

Jika Alergi pada anak disebabkan karena makanan, maka tundalah memberi makanan yang berpotensi menyebabkan alergi kepada anak dan balita, mintalah petunjuk dari dokter karena hal itu dapat menjadi acuan jika Anda memang ragu akan pemberian makanan yang bisa menyebabkan alergi.

Lain hal nya jika Alergi pada anak dan balita disebabkan oleh debu, tentu kita sebagai orang tua harus menjaga kebersihan tempat tidur, ruangan, dan mainannya. Demikian juga apabila alergi yang disebabkan oleh jamur dan kecoak.

Memandikan hewan piaraan atau membatasi kontak antara bayi dan hewan piaraan yang ternyata dapat menyebabkan alergi dan membatasi ruang gerak hewan wajib dilakukan agar alergi pada bayi bisa diantisipasi. Jika serbuk sari tumbuhan yang menjadi penyebabnya, maka mengurangi bepergian ke tempat terbuka dapat menjadi cara yang efektif dalam menghindarkan alergi pada bayi.

Jika cara-cara di atas tidak bisa membuat alergi menjauh dari bayi Anda, maka mengobati alergi pada bayi dengan obat antihistamin dan steroid bisa menjadi pilihan. Tentunya pemberian obat tersebut wajib mendapat pengawasan dari dokter anak.

Terimakasih, Semoga Bermanfaat ..