30 Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering Secara Alami Dengan Mudah

Posted on

Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering – Kulit kering adalah masalah umum yang sering dialami kulit karena kekurangan cairan dilapisan kulit luar yang dalam kondisi medis disebut dengan istilah Xerosis atau xeroderma. Kondisi kulit kering dapat dialami oleh siapa saja tanpa tanpa memandang jenis kelamin, kondisi kesehatan, tempat tinggal, cuaca, atau usia. Namun kondisi kulit kering lebih rentan mengalami kulit kering. Umumnya kondisi kulit kering lebih sering menyerang bagian tubuh yang sering terbuka seperti pada lengan, tangan, dan pada kaki.

Gejala Kulit Kering

Pada umumnya gejala yang sering muncul akibat kulit kering adalah permukaan kulit yang terasa kasar, kulit terasa lebih kencang dan kaku setelah mandi atau saat berenang. Gejala lain yang kerap muncul akibat kulit kering yaitu terdapat retakan atau garis-garis halus pada kulit, kulit akan bersisik ketika digaruk atau sedikit mengelupas, hingga pada kondisi yang lebih parah kulit menjadi kemerahan, rasa gatal dan mengeluarkan darah.

Penyebab Kulit Kering

Banyaknya gejala kulit kering yang tidak terlalu jelas membuat sebagian orang tidak terlalu memperdulikannya. Untuk itu, kita juga perlu untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kulit menjadi kering. Simak penjelasan selengkapnya.

1. Cuaca dingin atau kelembaban udara rendah
Seiring banyaknya penggunaan pendingin udara diberbagai tempat semakin meningkatkan resiko kulit kering. Suhu AC terlalu dingin dapat menyebabkan lingkungan kurang lembap dan membuat kulit kering bila terlalu sering berada dalam ruangan.

2. Mandi dengan air terlalu panas
Terlalu sering mandi dengan menggunakan air terlalu panas dapat menyebabkan kelembapan alami kulit mudah hilang dan membuat kulit mudah kering. Pastikan temperatur air mandi Anda tidak terlalu panas agar kelembapan kulit tetap terjaga.

3. Terlalu lama mandi
Mandi terlalu lama akan membuat semakin banyak air yang menguap dari dalam tubuh. Sehingga jika terlalu lama mandi air dipermukaan tubuh justru akan menguap dan berisiko membuat kulit kering.

4. Berlebihan menggunakan sabun dan antiseptik
Berlebihan menggunakan sabun dan antiseptik akan membuat kulit menjadi kencang dan kesat. Namun kondisi tersebut bukan berarti menjadi bersih malah justru membuat lapisan minyak dalam kulit menghilang dan membuatnya menjadi kering.

5. Sering melakukan scrubing
Terlalu sering menggosok tubuh saat mandi menggunakan batu apung, spons kasar atau bahan kasar lainnya akan membuat permukaan kulit menjadi rusak karena akan membuat kandungan minyak da;am kulit akan menghilang dan membuat kulit kering.

6. Berhanduk setelah mandi
Mandi membantu untuk melembabkan kulit. Namun, jika seseorang langsung menggosok badan dengan handuk sampai kering setelah mandi akan membuat kelembaban kulit menghilang dan kulit menjadi kering.

7. Iritasi
Iritasi yang terjadi karena gesekan antara kulit dan pakaian juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini dapat disebabkan karena penggunaan deterjen atau pelembut pakaian.

8. Konsumsi obat-oabtan
Efek konsumsi obat-obatan juga dapat menjadi penyebab kulit kering. Jenis obat yang dapat menyebabkan kulit kering meliputi obat jerawat, darah tinggi, dan kolesterol.

9. Bertambah Usia
Bertambahnya usia juga menjadi salah satu penyebab kulit kering, karena semakin usia bertambah maka produksi pelembab alami pada kulit semakin menurun.

10. Faktor genetik
Faktor genetik atau keturunan dapat juga menyebabkan kulit kering karena kondisi struktur kulit berbeda dengan orang normal.

11. Kondisi medis
Faktor kondisi medis juga dapat menyebabkan kulit kering seperti psoriasis, dermatitis atopik, diabetes, dan kelainan kelenjar tiroid. Penyakit-penyakit tersebut sering dikaitkan dengan kondisi kulit kering.

Jika tidak dilakukan penanganan maslah kulit kering dapat menimbulkan iritasi, menimbulkan gatal hingga mengganggu aktivitas anda. Untuk itu simak cara mengatasi masalah kulit kering selengkapnya.

Cara Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering membutuhkan pelembab yang efektif untuk membuatnya tidak dehidrasi. Simak berikut ini pilihan bahan alami yang ampuh untuk membatu mengatasi kulit kering.

1. Minyak Kelapa
Minyak ini mengandung asam lemak yang bisa mengimbangi hilangnya kelembapan dari kulit. Juga mengandung protein dan vitamin E yang membantu mengembalikan kelembapan kulit. Selain itu kandungan antioksidan di dalamnya juga bagus bagi kesehatan kulit. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan memanaskan minyak kelapa secukupnya dengan microwave selama beberapa detik, lalu oleskan ke kulit sebelum mandi. Pijat pelan-pelan agar minyak menyerap ke dalam kulit. Tunggu 10 menit sebelum mandi. Lakukan cara mengatasi kulit kering ini sekali sehari.

2. Minyak Zaitun
Selain minyak kelapa, minyak zaitu juga mengandung antioksidan seperti vitamin E yang membantu menetralisir efek oksidasi dari radikal bebas yang merusak kolagen, sehingga menyebabkan kulit kering. Minyak zaitun juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan menggosokkan minyak zaitun pada bagian tangan, kaki, dan area kulit kering dan pijat secara perlahan dan diamkan selama 30 menit. Kemudian mandi untuk membilasnya.

3. Minyak nabati
Selain minyak kelapa dan minyak zaitun, jenis minyak nabati lainnya juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah kulit kering. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak pada kulit kaki dan tangan yang kering. Lakukan hal ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Madu
Madu efektif untuk dijadikan sebagai pelembab alami karena memiliki kandungan antioksidan, antimikroba, dan humektan. Madu membantu mengunci kelembapan sehingga membuat kulit tampak sangat lembut dan halus. Selain itu, madu mempunyai banyak vitamin dan mineral esensial yang membantu memperbaiki kesehatan kulit serta memulihkan jaringan kulit. Caranya dengan menggosokkan madu kepermukaan kulit kering dan beri pijatan perlahan dengan gerakan melingkar selama 10 menit sebelum pergi mandi.

5. Krim susu
Krim susu mengandung lemak yang tinggi dalam krim susu bekerja sebagai pelembap natural untuk kulit. Kandnunagn asam laktat susu membantu mengelupas sel-sel kulit yang telah mati dari permukaan dan mempercepat produksi kolagen. Juga membantu menjaga keseimbangan kadar pH pada kulit. Caranya dengan gosokkan krim susu secukupnya ke kulit kering. Diamkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Alpukat
Alpukat tinggi akan vitamin E yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan stress oksidatif. Alpukat mengandung asam lemak omega 3 yang mudah diserap oleh kulit sehingga menggantikan kelembapan yang hilang. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan membuat masker alpukat dengan ditambah madu lalu gosokkan pada area kulit kering dan diamkan selama 20 menit dan bersihkan dengan handuk basah lalu bilas.

7. Lidah Buaya
Lidah buaya efektif untuk membantu mengatasi masalah kulit kering dan juga bekerja sebagai pelembab serta membantu meratakan warna kulit. Lidah buayan juga dapat meredakan rasa gatal dan mencegah pecah-pecah dan pengelupasan akibat kulit kering. Caranya sengan mengambil gel lidah buaya lalu gosokkan secara langsung pada area kulit kering dan pijat-pijat selama beberapa menit, diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih dengan air hangat.

8. Yoghurt
Yoghurt ampuh digunakan untuk menjaga hidrasi kulit dan mengatasi kulit kering, hingga mampu digunakan untuk mengeringkan gatal-gatal pada kulit. Cara perawatannya yaitu dengan Oleskan yogurt segar ke tangan, wajah, dan kaki, lalu pijat perlahan. Diamkan 10 menit, lalu mandi. Lakukan ini 3 – 4 kali dalam seminggu.

9. Pisang
Kandungan air dalam pisang menjaga kulit tetap lembap. Selain itu juga kandungan vitamin dan antioksidan memberikan manfaat anti-penuaan untuk mempertahankan kemudaan kulit Anda. Caranya dengan melumatkan pisang dan campur dengan 2 sednok yoghurt lalu gosokkan pada area kulit kering dan beri pijatan dan diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat.

10. Oatmeal
Oatmeal memiliki kemampuan alami membersihkan dan mengelupas oatmeal dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Oatmeal juga membantu mencegah kehilangan cairan dan menjaga kulit tetap lembap, sehingga akan membuat kulit tampak bercahaya alami dan membantu meredakan gatal dan iritasi kulit. Cara perawatannya dengan Tuangkan 1 gelas oatmeal dan beberapa tetes minyak lavender ke dalam bak mandi, dan aduk merata. Berendamlah di dalamnya selama 15 menit, kemudian bilas tubuh dengan air bersih. Keringkan kulit dengan ditepuk-tepuk handuk, lalu oleskan pelembap berbahan ringan. Lakukan ini 1 kali setiap minggu.

11. Telur
Telur juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Caranya dengan memisahkan bagian kuning dan putih, bagian yang digunakan adalah bagian kuningnya saja. Bagian kuning aduk secara merata lalu beri campuran satu sendok makan jus jeruk, satu sendok teh minyak zaitun, air mawar, sesendok madu dan beberapa tetes air jeruk nipis. Campuran ini bisa Anda gunakan di pagi hari sebelum mandi, jangan lupa untuk membersihkan wajah setelahnya.

12. Coklat
Coklat ternyata dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk mengatasi masalah kulit kering. Masker coklat juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi garis-garis halus, menyamarkan bekas luka atau stretch mark. Coklat juga dapat melindungi Anda dari efek buruk sinar matahari dan polusi. Caranya dengan mencampurkan 5 sendok makan coklat bubuk, 4 sendok makan madu dan 2 sendok makan alpukat yang sudah ditumbuk. Anda juga bisa menambahkan 3 sendok tepung jagung. Oleskan masker coklat tersebut ke wajah atau bagian tubuh lain yang Anda inginkan. Pijat lembut dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

13. Mangga
Mangga juga baik digunakan untuk melembabkan kulit kering. Caranya dengan menumbuk halus daging mangga lalu campurkan dengan 1 sendok madu dan 3 sendok minyak zaitun lalu gunakan masker tersebut pada area kulit kering. Terapkan masker tersebut pada wajah Anda dan biarkan selama beberapa saat kemudian bersihkan setelah satu jam. Masker ini akan melembabkan dan membuat kulit Anda terlihat lebih bersinar.

14. Pepaya
Maker pepaya juga dipercaya efektif untuk membantu memperbaiki serta melembabkan kulit kering. Caranya dengan mencampurkan pasta pepaya dengan satu sendok krim susu, lalu tempelkan agak tebal pada wajah Anda dan bersihkan setelah 15 menit.

15. Gula
Gula dapat menghaluskan dan melembabkan kulit Anda. Anda dapat memilih menggunakan gula pasir putih ataupun gula merah untuk mengelupaskan kulit-kulit kering. Caranya dengan larutkan 3 sendok teh gula dengan susu hangat kemudian terapkan ke wajah, leher ataupun tangan Anda. Saat sudah mengering sepenuhnya hapus cairan gula tersebut dengan menggosoknya secara melingkar dan lakukan dengan lembut. Bilas menggunakan air hangat.

16. Minum air putih
Dehidrasi merupakan salah satu penyebab munculnya kulit kering. Solusi paling efektif untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mencukupi asupan air putih dalma tubuh agar kulit menjadi lembab.

17. Mentimun
Mentimun juga efktif digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering, mentimun bekerja untuk melembabkan kulit. Cara yang dilakukan yaitu dengan menghaluskan mentimun lalu gosokkan pada area kulit kering hingga masker mengering dan bersihkan.

18. Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga digunakan untuk membantu melembabkan kulit. Caranya dengan belah jeruk nipis lalu gosokkan pada area kulit kering .

19. Air mawar dan gliserin
Campuran air mawar dan gliserin dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering. Caranya pun cukup dengan mengoleskannya setelah mandi.

Untuk melengkapi cara mengatasi kulit kering diatas, Anda juga disarankan untuk perbanyak makan buah dan sayuran. Kedua jenis makanan tersebut sangatlah dibutuhkan kulit, juga seluruh tubuh, agar bisa tetap sehat dan bugar.

Itulah penjelasan tentang  Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.