Penyebab Dan Cara Mengatasi Buang Air Besar Berdarah dengan Tepat

Posted on

Penyebab Dan Cara Mengatasi Buang Air Besar Berdarah – Buang air besar (Bab) berdarah atau feses yang keluar bercampur darah adalah masalah yang sering dialami oleh sebagian orang yang menimbulkan rasa takut dan khawatir dengan kondisi tubuh yang sedang terjadi.

Pada umumnya buang air besar berdarah disebabkan oleh beberapa faktro kondisi ringan atau tidak berbahaya, namun sebaiknya kondisi tersebut harus segera mendapatkan penanganan medis untuk menghindari komplikasi yang dapat terjadi. Hal tersebut perlu dilakukan karena bab berdarah bisa menjadi indikasi adanya suatu gejala penyakit tertentu dalam tubuh.

Kondisi buang air kecil berdarah ada setiap orang beda-beda, ada sebagian yang menemukan darah bercampur dengan feses dan sebagian menemukan darah terpisah dari feses. Ada juga sebagian penderita mengalami buang air besar berdarah yang disertai rasa sakit dan sebagian lagi tidak. Selain itu volume dan warna darah yang keluar juga berbeda. Secara medis, kondisi buang air berdarah menunjukkan adanya masalah pada sistem pencernaan, karena pada kondisi bab yang normal bab tidak disertai dengan keluarnya darah.

Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat menjadi penyebab terjadinya buang air besar berdarah, seperti:

1. Wasir
Wasir adalah pelebaran dan pembesaran pembuluh darah vena yang melemah pada sisi anus bagian dalam. Kondisi tersebut mempermudah terjadinya iritasi yang disertai dengan pendarahan yang mengalir bersama tinja ketika buang air besar.

2. Esofagus
Esofagus adalah terjadi robekan pada kerongkongan yang menyebabkan pendarahan dan dapat memicu terjadinya buang air besar berdarah.

3. Gastritis
Gastritis adalah peradangan pada lambung yang terjadi akibat produksi asam lambung berlebih yang lama kelamaan dapat menyebabkan pendarahan pada lambung, bahkan dapat pula menyebabkan kerusakan pada lapisan dinding lambung, sehingga timbul luka atau tukak lambung.

4. Kolitis
Kolitis adalah peradangan yang terjadi pada usus besar dan rektum yang dapat menyebabkan diare dengan feses yang dikeluarkan bercampur dengan darah.

5. Divertikulosis
Divertikulosis adalah suatu tonjolan berbentuk kantung kecil pada dinding usus besar yang jika terjadi infeksi dan peradangan dapat menyebabkan buang air besar berdarah.

6. Fisura Ani
Fisura ani adalah robekan atau luka pada jaringan sekitar anus yang menyebabkan buang air besar berdarah. Selain itu, tinja yang berukuran besar dan keras menjadi penyebab fisura ani.

7. Polip
Polip adalah tumor jinak yang dapat tumbuh, berdarah dan berpotensi berubah menjadi kanker. Seringkali darah pada feses akibat polip tidak terlihat bahkan ada kondisi ini dapat berkembang menjadi kanker kolorektal.

Cara Mengatasi Buang Air Besar Berdasar

Anda dapat melakukan beberapa cara dibawah ini jika mengalami buang air besar berdarah, antara lain dengan:

  1. Memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas perhari
  2. Memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat
  3. Rutin melakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari
  4. Menghindari konsumsi makanan pedas
  5. Menghindari minuman beralkohol
  6. Menghindari makanan junk food

Herbal Mengatasi Buang Air Besar Berdarah

  1. Pisang batu dan daun jambu biji, olah kedua bahan tersebut menjadi jus dan konsumsi untuk mengatasi buang air besar berdarah.
  2. Daun sirsak, diolah dengan cara merebusnya lalu minum saat telah mendingin
  3. Kulit Manggis, diolah dengan cara dikeringkan dan rebus kulit manggis kering hingga mendidih dan konsumsi satu kali perhari.
  4. Bunga Pagoda, diolah dengan cara merebus bunga pagoda hingga mendidih, lalu konsumsi selagi hangat dengan menambahkan madu secukupnya.
  5. Lidah Buaya, diolah dengan cara menghaluskan daging lidah buaya lalu konsumsi dengan menambahkan madu secukupnya dan konsumsi secara rutin.

Jika masalah buang air besar berdarah masih berlanjut semakin parah atau berlanjut selama 3 hari, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Itulah penjelasan tentang Penyebab Dan Cara Mengatasi Buang Air Besar Berdarah   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.