36 Penyebab dan Cara Mengatasi Anemia tanpa Obat Paling Ampuh dan Terbukti

Posted on

Cara Mengatasi Anemia  – Anemia adalah gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah atau sering disebut dengan kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Kekurangan hemoglobin dalam tubuh dapat berakibat fatal bagi tubuh, karena kita tahu jika hemogblobin berfungsi untuk mengikat oksigen yang digunakan untuk menjaga metabolisme tubuh. Dalam keadaan Anemia biasanya penderita akan terlihat lebih pucat atau kurang tenaga yang disebabkan karena kemampuan darah untuk membawa oksigen berkurang.

Penderita Anemia biasanya didominasi oleh wanita. Hal ini disebabkan karena wanita setiap bulannya mengeluarkan darah haid. Terdapat banyak cara untuk mengatasi Anemia, namun sebelum kita mengetahui tentang cara mengatasi anemia, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu gejala dan penyebab munculnya penyakit Anemia.

Gejala Anemia

Pada umumnya gejala anemia disebut dengan sindrom Anemia atau Anemic Syndrome. Berikut ini adalah beberapa gejala yang terjadi pada Anemia yang diklasifikasikan menurut organ yang terkena.

  • Pada Sistem Kardiovaskular gejala yang terjadi akan merasa lesu, cepat lelah, palpitasi, takikard, sesak napas, agina pektoris hingga gagal jantung.
  • Pada Sistem Saraf gejala yang muncul akan merasa sakit kepala, pusing mata berkunang-kunang, telinga berdenging, kelemahan otot, iritabilitas, lesu perasaan dingin pada ekstremitas.
  • Pasa Sistem Urogenital gejala yang muncul sepeti libido menurun dan gangguana haid.
  • Pada Epitel, gejala yang muncul seperti kulit menjadi pucat dan mukosa, elastisitas kulit menurun serta rambt tipis dan halus.

Penyebab Anemia

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan Anemia seperti kekurangan asupan gizi yang seimbang, penyerapan nutrisi yang kurang baik, kurang mengkonsumsi makanan tinggi zat besi, kehilangan banyak darah, gangguan pencernaan, karena kondisi medis seperti TBC, cacing usus, malaria,dan penyakit paru-paru.

Cara mengatasi Anemia

Setelah mengetahui tentang Anemia, gejala dan penyebabnya, berikut ini kita akan memberikan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi Anemia, Simak ulasan berikut:

1. Periksa Darah secara berkala
Selain dengan mengetahui tentang gejala dan penyebab yang dapat mengakibatkan anemia, anda juga diharuskan untuk melakukan pengecekan kadar darah dengan melakukan periksa kadar darah. Untuk para ibu hamil, disarankan untuk melakukan periksa darah secara berkala demi mengetahui kadar hemoglobin dalam tubuh. Dan jika memang terdapat Anemia, maka dapat dilakukan penanganan dengan segera untuk menghindari kondisi lebih parah.

2. Penuhi Asupan zat besi
Zat besi berperan penting dalam proses oksigen yang diangkut dan disuplai dari paru-paru ke sel-sel tubuh. Dan sudah dipastikan zat besi merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh karena berhubungan erat dengan jumlah darah dalam tubuh. Untuk itu anda harus penuhi asupan zat besi dalam tubuh dengan mengkonsumsi jenis makanan dengan tinggi zat besi.

3. Cukupi Asupan Vitamin C
Vitamin C dapat anda dapatkan dalam beberapa jenis makanan seperti pada buah-buahan dan sayuran. Vitamin C bekerja untuk membantu zat besi terserap lebih mudah kedalam tubuh dan darah. Untuk itu cukupi asupan vitamin C melalui beberapa jenis makanan seperti tomat, jeruk, stroberi dan buah lainnya.

4. Cukup Istirahat
Untuk menjaga tubuh terbebas dari anemia salah satunya yaitu dengan mencukupi tubuh untuk beristirahat selama kurang lebih 6 hingga 8 jam selama sehari. Hal ini dipercaya bahwa istirahat yang cukup akan menjadikan hidup menjadi lebih berkualitas dan terhindar dari beberapa jenis penyakit seperti Anemia.

5. Senam
Penderita anemia biasanya memiliki fisik yang lemah dan mudah lelah, cara ampuh untuk mengatasi anemia yaitu dengan melakukan senam. Aktivitas senam tidak akan membuat tubuh mengeluarkan banyak energi namun tetap sehat untuk dilakukan dengan rutin. Senam penting dilakukan untuk membuat otot menjadi lebih kuat dan meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Jalan Pagi
Selain senam, penderita anemia juga dianjurkan untuk melakukan olahraga jalan pagi untuk melancarkan peredaran darah, serta membantu sistem metabolisme tubuh menjadi meningkat. Bahkan melakukan jalan pagi dengan rutin akan membantu kualitas tidur anda menjadi lebih baik.

7. Penuhi Asupan Nutrisi dan Gizi
Cara selanjutnya untuk mengatasi anemia yaitu dengan memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk membantu penyakit anemia adalah sebagai berikut:

  1. Tomat
    Tomat mengandung likopen dan tinggi vitamin C sehingga mampu digunakan untuk membantu kerja zat besi dalam tubuh dengan baik. Anda dapat mengkonsumsi tomat secara langsung atau dengan di buat juss dengan ditambahkan dengan madu murni.
  2. Jeruk
    Jeruk mengandung vitamin C yang dapat juga berfungsi untuk mencukung kerja Zat besi dalam tubuh. Selain vitamin C, jeruk juga mengandung antioksidan, asam folat serta serat yang baik untuk tubuh. Anda disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk setiap hari secara langsung atau dengan di buat jus.
  3. Pepaya
    Kandungan Asam folat dan vitamin C pada buah pepaya juga bermanfaat untuk dikonsumsi pada penderita anemia. Untuk penderita anemia buah pepaya sangat dianjurkan untuk sering dikonsumsi.
  4. Jambu Biji
    Jambu biji memiliki vitamin C dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Jambu Biji juga merupakan buah yang mampu membuat produksi sel darah merah menjadi lebih banyak tanpa harus mengonsumsi obat penambah darah. Untuk itu anda dapat mengkonsumsi jambu biji untuk mengatasi masalah anemia.
  5. Delima
    Delima menjadi salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita anemia karena mengandung zat besi. Selain itu, buah delima juga mengandung nutrisi seperti lemak, gula, karbohidrat, serat dan protein yang cukup tinggi. Anda dapat mengkonsumsi dengan membuat jus delima yang bisa diminum setiap pagi per hari. Atau, makan langsung buahnya 200 gram atau yang ukuran sedang sebagai pengganti sarapan, yang artinya saat keadaan perut belum terisi.
  6. Tebu
    Tebu memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang mampu membantu meningkatkan produksi sel darah merah bagi penderita anemia. Untuk itu jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi tebu sebagai cemilan bagi penderita anemia.
  7. Pisang
    Pisang mengandung asam folat yang berguna untuk memelihara sel-sel darah merah dalam darah. Pada penderita Anemia yang banyak mengkonsumsi Pisang akan membantu menyembuhkan lebih cepat. Anda dapat mengkonsumsi pisang secara langsung atau membuat jus dengan dicampur madu.
  8. Apel
    Apel kaya akan kandungan vitamin C yang bisa membantu anda untuk menyembuhkan anemia lebih cepat. Dengan mengkonsumsi apel setiap hari akan lebih cepat sembuh dari anemia dan dapat mencegah anemia datang kembali.
  9. Stoberri
    Stoberri juga dapat dimafaatkan untuk membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh pada penderita anemia. Stoberri tinggi akan kandungan zat besi, selain itu stoberri juga membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh menjadi lebih cepat dan lancar. Selain zat besi, kandungan vitamin C pada stoberri juga mendukung proses penyerapan zat besi menjadi lebih baik.
  10. Mangga
    Buah lainnya yang dapat manfaatkan untuk mengatasi Anemia adalah buah mangga. Mangga tinggi akan kandungan zat bei dan kandungan vitamin C yang sangat cocok untuk dikonsumsi para penderitan anemia. Untuk mengatasi anemia dengan ampuh anda harus mengkonsumsi mangga setiap hari secara langsung atau dengan cara dibuat jus.
  11. Kiwi
    Selain mangga, kiwi juga kaya akan kandungan vitamin C dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah Anemia. Mengkonsumsi kiwi dapat membantu mengurangi lemah, letih, dan kurang tenaga.
  12. Kacang Almond
    Jenis kacang-kacangan yang kaya akan vitamin E, kalsium, magnesium, selenium, tembaga dan niacin adalah kacang Almond. jenis kacang ini baik dikonsumsi untuk penderita Anemia.
  13. Umbi-Umbian
    Umbi-umbian memiliki manfata untuk mencegah dan membantu mengatasi masalah Anemia. Hal tersebut karena umbi-umbian mengandung karbohidrat yang tinggi, vitamin serta asam folat, yang sangat bagus buat penderita penyakit Anemia.
  14. Daun Bawang Merah
    Daun bawang merah digunakan untuk mengatasi masalah anemia. Cara yang dilakukan untuk mengatasi anemia dengan daun merah yaitu dengan merebus daun bawang dengan 1 butir telur. Mengkonsumsi telur dengan daun bawang 2 kali sehari secara teratur dapat menyembuhan anemia.
  15. Daging Kambing
    Cara ampuh untuk mengatasi anemia paling ampuh yaitu dengan menggunakan daging kambing. Daging kambing memiliki protein yang berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Daging bermanfaat mengatasi sel darah merah yang rusak, daging kambing lebih banyak memiliki kandungan protein dibanding dengan menggunakan daging sapi.
  16. Telur
    Telur kaya akan protein yang mampu membantu mengobati anemia. Telur merupakan makanan yang kaya akan protein dan bagus untuk kesehatan tubuh kita dalam pembentukan sel darah merah. Terlebih lagi, mengkonsumsi telur ayam kampung yang asli.
  17. Hati Ayam
    Hati ayam mengandung karbohidrat rendah dan tinggi protein, juga mengandung zat besi dan B12 yang mampu memberi energi dalam tubuh. Hati ayam bagus dikonsumsi untuk membantu mengatasi anemia.
  18. Sereal
    Pada porsi 3/4 cangkir sereal mengandung sekitar 18 miligram zat besi, sedangkan 11 miligram zat besi didapatkan dari 100 gram sereal oatmeal. Sehingga sarapan dengan oatmeal tidak hanya baik untuk penderita sakit jantung tapi juga baik dikonsumsi oleh penderita anemia.
  19. Biji Wijen
    Kandungan zat besi paling tinggi didapatkan dari biji wijen, jadi dapat disimpulkan bahwa biji wijen efektif untuk dikonsumsi oleh penderita anemia. Cara penggunaan biji wijen untuk pengobatan anemia dapat dilakukan dengan cara rendam 1 sendok teh biji wijen di dalam air dan biarkan selama kurang lebih dua jam. Baru setelah 2 jam, silakan saring dan biji-biji wijen tersebut dapat dihancurkan dan dilembutkan sampai bentuknya berubah menjadi pasta. Jangan lupa tambahkan madu ke pasta tersebut dan campur sampai merata. Pasta biji wijen campur madu bisa dikonsumsi sehari dua kali.
  20. Beras Merah
    Selain bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, beras merah dapat juga dimanfaatkan untuk membantu menambah hemoglobin darah karena beras merah tinggi akan kandungan zat besi. Beras merah juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol.
  21. Roti Gandum
    Kandungan zat besi yang trdapat dalam roti gandum dapat dimanfaat untuk membantu mengatasi masalah anemia. Sedangkan kandungan serat yang tinggi sering banyak dimanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.
  22. Sawi
    Sawi memiliki kandungan klorofil ang sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia secara natural. Sawi memilki kandungan kalium, potasium, dan magnesium serta kandungan vitamin A,B dan C yang mendukung proses regenerasisel darah merah dalam tubuh.
  23. Kembang Kol
    Kandungan gizi yang terdapat dalam kembang kol mirip dnegan kandungan gizi pada brokoli. Kandungan gizi pada Kembang kol dan brokoli akan membantu meregenerasi sel darah merah dengan baik. Selain itu kandungan thamine, niasin, kalsium, serta protein dalam kembang kol memiliki manfaat untuk mendukung pemulihan kesehatan dalam tubuh.
  24. Kangkung
    Kangkung merupakan salah satu sayuran terbaik akan tinggi kandungan zat besi yang masuk dalam daftar cara mengatasi anemia secara alami. Kangkung bermanfaat untuk membantu menambah sel darah merah dalam tubuh.
  25. Ikan Salmon
    Ikan salmon tinggi akan kandungan vitamin B12 yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia. Selain itu B12 juga membantu pembelahan sel dan menjaga sel serta sistem saraf untuk membantu pembentukan DNA .
  26. Kismis
    Kismis memiliki kandungan zat besi dan protein yang tinggi, serat, natrium dan kalsium yang baik untuk tubuh. Pada porsi 100 gram kismis sama dengan 1,88 miligram zat besi. Anda dapat mengkonsumsi kismis secara langsung atau dengan menyiapkan sekitar 8 sampai 15 buah dengan secangkir air dan 1 sendok madu, rendam selama semalaman dan minum pada pagi hari.
  27. Kurangi kafein dan alkohol
    Alkohol dan kafein memberikan efek negatif dalam tubuh juga untuk penderita anemia. Untuk penderita anemia sebaiknya anda segera menghindari konsumsi alkohol dan kafein agar terhindar dari penyakit anemia.
  28. Konsumsi kerang, tiram dan remis
  29. Konsumsi keju
  30. Lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi anemia yang anda derita jika anda belum sembuh setelah melakukan cara diatas.

Selain dengan melakukan cara pengobatan alami diatas, hal yang selalu diperhatikan yaitu dengan menjaga pola hidup yang sehat.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengatasi Anemia . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.