Penyebab Bibir Hitam pada Pria dan Wanita yang Perlu di Waspadai Sejak Dini

Posted on

Penyebab Bibir Hitam pada Pria dan Wanita – Memiliki warna bibir hitam memang dapat membuat penampilan seseorang menjadi kurang percaya diri. Selain terlihat tidak cantik dan elegan, memiliki bibir hitam juga dapat mengurangi kesempurnaan penampilan.

Bibir menjadi salah satu bagian tubuh yang dapat menarik perhatian serta menimbulkan kepercayaan diri seseorang, baik wanita atau pria.

Warna bibir yang menghitam tentu dapat membuat penampilan sedikit terganggu, karena dapat membuat penampilan lebih terkesan kurang bersih, pucat dan kusam. Bagi wanita, cara instan yang dapat dilakukan untuk mengatasi bibir hitam yaitu dengan menggunakan lipstik, namun hal itu bukanlah solusi permanen yang tepat dilakukan terus menerus.

Jangan hanya menutupi bibir dengan lipstik atau kosmetik saja, anda juga harus mengetahui penyebab bibir hitam dan cara mengatasinya untuk menunjang penampilan anda. Masalah bibir hitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai karena faktor sinar matahari, hingga gaya hidup yang tidak baik.

Penyebab Bibir Hitam

1. Panas Matahari
Salah satu penyebab bibir hitam adalah karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Untuk menghindarinya anda perlu menggunakan lip balm dengan kandungan SPF tinggi, sebab SPF berguna untuk melindungi kulit bibir dari terik matahari.

2. Terlalu sering menggunakan lipstik
Menggunakan lipstik adalah cara instan yang sering dilakukan untuk menutupi bibir hitam. Namun tahukah anda, jika terlalu sering menggunakan lipstik dapat menyebabkan bibir menghitam. Hal ini karena adanya kandungan paraffin dan logam pada lipstik yang berpotensi menjadikan bibir menjadi tidak sehat.

3. Kebiasaan Merokok
Kebiasaan merokok dapat menjadi salah satu penyebab bibir hitam, selain itu merokok juga dapat merusak seluruh organ dalam tubuh. Rokok mengandung nikotin tinggi yang dapat menyebabkan pigmen bibir menebal, sehingga menjadikan bibir tidak sehat seperti pecah-pecah, menghitam dan bibir kering.

4. Bibir kering
Bukan hanya kelembaban kulit yang harus selalu terjaga, kelembaban bibir juga harus terjaga. Sebab bibir yang tidak lembab dapat menyebabkan bibir menjadi rusak seperti oecah-pecah dan menghitam.

5. Kebiasaan menggigit bibir
Pada saat merasa cemas, khawatir, gerogi dan takut, biasanya seseorang akan secara reflek menggigit bibir. Padahal kebiasaan tersebut dapat menjadikan bibir menghitam hingga mengalami pendarahan.

6. Konsumsi kopi dan teh
sering mengkonsumsi teh dan kopi memang tidak terlalu baik untuk kesehatan, tidak hanya itu saja konsumsi teh dan kopi juga menyebabkan bibir menghitam, hal ini karena adanya kandungan kafein didalamnya.

7. Kurang konsumsi buah
Kurang mengkonsumsi buah, seperti kekurangan vitamin C dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Sebab vitamin C bermanfaat untuk menjaga kesehatan bibir, karena pigmentasi kulit bibir menjadi lebih cepat terjadi.

8. Akibat alergi
Salah satu penyebab lainnya bibir menghitam adalah akibat alergi penggunan kosmetik. Karena terdapat beberapa kosmetik yang mengandung kadar timbale, mercury, dan wax yang cukup tinggi membuat bibir anda menghitam. Solusinya dengan selalu membaca ingrediens lipstick dan disesuaikan dengan kondisi bibir anda.

9. Kekurangan Nutrisi
Kekurangan nutrisi dalam tubuh biasanya terjadi ketika seseorang menjalankan program diet. Hal ini karena asupan nutrisi harus dikurangi pada saat menjalankan program diet. Sehingga asupan vitamin yang menjadikan bibir cerah tidak bisa dikonsumsi. Akibatnya bibir menjadi menghitam dan tidak tampak segar.

10. Faktor Usia
Bibir merah juga dapat dipengaruhi oleh kerja dan aktivitas hormon dalam tubuh. Hormon yang paling berperan pada wanita adalah esterogen. Tidak hanya berperan pada reproduksi, hormon estrogen juga berperan pada proses regenerasi kulit, termasuk kulit bibir. Bertambahnya usia yang semakin tua akan membuat kadar esterogen menurun, sehingga kulit tidak lagi dapat melakukan regenerasi. Hal tersebutlah yang menjadikan bibir menghitam.

11. Konsumsi Obat
Seseorang dengan terlalu banyak mengkonsumsi obat dokter juga menyebabkan bibir menjadi menghitam, apalagi jika jenis obat yang dikonsumsi tidak cocok dalam tubuh anda.

12. Konsumsi Alkohol
Selain berbahaya bagi kesehatan, mengkonsumsi alkohol juga menyebabkan sirosis hati hingga berbagai kelainan dan kerusakan bagian tubuh lainnya, Selain itu juga dapat menyebabkan bibir hitam.

13. Faktor keturunan
Selain karena beberapa faktor diatas, bibir menghitam juga dapat disebabkan karena faktor keturunan atau faktor genetik. Jika kedua orang tua memiliki riwayat bibir hitam, maka kemungkinan besar anda mewarisi bibir hitam tersebut.

14. Anemia
Penyebab bibir menghitam lainnya adalah karena adanya riwayat anemia. Anemia atau kekurangan darah dapat menyebabkan bibir terlihat membiru dan cenderung menghitam.

Ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah bibir hitam, baca Cara Mencerahkan Bibir Hitam dan Gelap Secara Alami Dengan Cepat. 

Itulah penjelasan tentang Penyebab Bibir Hitam pada Pria dan Wanita yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..