Penyebab Asam Urat Menyerang di Usia Muda yang Perlu di Waspadai dan di Hindari

Posted on

Penyebab Asam Urat Menyerang di Usia Muda  – Pada umumnya yang kita ketahui jika penyakit asam urat hanya menyerang mereka yang telah memasuki usia lanjut usia. Namun kenyataannya saat ini banyak mereka mengalami penyakit asam urat pada usia muda. Asam Urat sendiri adalah kondisi gejala nyeri tidak tertahankan, pembengkakan dan rasa panas pada persendian.

Secara medis, asam urat disebut dengan Gout yang terbentuk dari kristal asam urat yang mengendap pada bagian peersendian. Kadar asam urat dalam tubuh berfungs efektif untuk meregenerasi dan memperbaiki jaringan sel tubuh yang rusak namun jika kadarnya tidak normal dapat memicu munculnya gangguan metabolisme. Terjadinya asam urat akibat adanya penumpukan zat purin pada persendian akibat produksi zat asam urat berlebihan, yang mengakibatkan munculnya rasa ngilu pada persendian yang disebut dengan penyakit asam urat.

Kadar normal asam urat dalam tubuh wanita berkisar antara 2,4 – 6, sedangkan pada pria sekitar 3,0 – 7. Jadi, jika hasil pemeriksaan melebihi normal maka anda terindikasi serangan penyakit asam urat dan harus segera melakukan pengobatan. Tidak hanya menyerang orang dengan usia lanjut, asam urat juga bisa saja menyerang mereka pada usia muda. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya penyakit asam urat pada usia muda. Beberapa faktor tersebut meliputi:

Penyebab Asam Urat di Usia Muda

Penyakit asam urat diusia muda biasanya disebabkan oleh beberapa faktor penyebab, seperti:

1. Faktor Makanan
Salah satu faktor penyebab munculnya penyakit asam urat adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan tinggi purin. Ada banyak jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai indikasi munculnya penyakit asam urat di usia muda seperti, jemar konsumsi makanan seafood, konsumsi jeroan, konsumsi makanan tinggi gula, jenis kacang-kacangan dan konsumsi makanan kalengan. Terlalu sering mengkonsumsi jenis makanan tersebut dapat memicu munculnya penyakit asam urat di usia muda. Untuk itu, penting bagai anda untuk menjaga pola makan sehat.

2. Sering Konsumsi Alkohol dan Soda
Penyebab selanjutnya munculnya penyakit asam urat pada usia muda adalah terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan minuman bersoda. Minuman tersebut sangat cepat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Untuk itu segera hindari berlebihan mengkonsumsi minuman tersebut agar terhindari dari penyakit asam urat.

3. Faktor Kegemukan
Penyebab asam urat pada usia muda selanjutnya adalah karena faktor kegemukan. Berat badan berpengaruh besar dalam peningkatan asam urat dalam tubuh karena sebanding dengan tingginya kadar lemak dalam tubuh. Untuk penderita asam urat akibat obesitas sebaiknya pilih obat yang cocok untuk menangani asam urat sekaligus mampu menurunkan lemak kolesterol dalam tubuh.

4. Kurang Olahraga
Salah satu penyebab lainnya penyakit asam urat saat usia muda adalah kurang berolahraga. Peningkatan kadar asam urat dapat juga dipengaruhi oleh proses metabolisme dalam tubuh yang tidak lancar akibat tubuh kurang bergerak. Untuk meminimalisir resiko penyakit asam urat pada usia muda, anda dapat melakukan olahraga ringan setiap hari.

5. Penggunaan Obat-obatan
Penggunaan obat-obatan juga dapat memicu munculnya penyakit asam urat pada usia muda. Beberapa jenis obat yang dapat memicu asam urat seperti zat levodopa untuk obat parkinson. Untuk itu sebaiknya sebelum menggunakan beberapa jenis obat tertentu, anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter tentag efek samping yang dapat terjadi.

6. Faktor Keturunan
Penyakit asam urat juga berisiko muncul pada seseorang yang memiliki faktor keturunan penyakit asam urat, seperti dari orang tua atau keluarga. Agar terhindari dari penyakit asam urat karena faktor genetik adalah dengan melakukan pola hidup dan pola makan sehat.

Penting untuk mengatasi masalah penyakit asam urat, terutama jika kasus ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda. Karena jika dibiarkan, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi radang sendi parah yang dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Itulah penjelasan tentang Penyebab Asam Urat Menyerang di Usia Muda yang Perlu di Waspadai dan di Hindari. Terimakasih semoga bermanfaat.