Pentingnya Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Posted on

Pentingnya Manfaat Probiotik – Berbeda dengan jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, probiotik adalah jenis bakteri yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Peran utama probiotik dalam tubuh adalah untuk mendukung kerja sistem pencernaan, serta menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Probiotik adalah jenis mikroorganisme yang membantu mencegah serta menanggulangi penyakit. Probiotik juga membantu sitem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Probiotik secara alami ada didalam tubuh, namun kita juga perlu meningkatkan jumlah probiotik dengan mendapatkan probiotik dari makanan, minuman atau suplemen.

Mulanya, probiotik dikenal sejak awal abad ke-20 oleh Elie Metchnikof atau dikenal sebagai bapak probiotik. Ia menemukan bahwa penghuni perdesaan Bulgaria dapat hidup dalam jangka waktu yang sangat lama meskipun mereka hidup dengan kelaparan yang ekstrem dan cuaca yang buruk. Elie berteori bahwa mereka dapat tetap bertahan hidup karena memanipulasi mikroorganisme yang terdapat pada sistem pencernaan mereka. Caranya adalah dengan mengonsumsi susu asam yang mengandung bakteri-bakteri baik bagi tubuh mereka. Sejak saat itu, banyak penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan penemuan Elie di bidang probiotik.

Kerja Probiotik dalam Tubuh

Berikut adalah cara kerja probiotik dalam tubuh berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli.

  • Ketika tubuh mengkonsumsi antibiotik, tidak hanya bakteri jahat yang terbunuh tapi seluruh bakteri baik juga akan ikut terbunuh. Dengan mengkonsumsi makanan, minuman atau suplemen probiotik maka akan membantu mengembalikan bakteri-bakteri baik dalam tubuh yang sebelumnya ikut terbunuh.
  • Probiotik juga membantu tubuh menyeimbangkan antara bakteri baik dan bakteri jahat dalam tubuh sehingga tubuh dapat bekerja sebagai mestinya.

Jenis Probiotik dalam Tubuh

Ada beberapa jenis probiotik yang bermanfaat dalam sistem pencernaan, antara lain:

  • Lactobacillus
    Lactobacillus adalah jenis probiotik paling banyak, ada lebih dari 50 jenis bakteri Lactobacilli yang secara alami ditemukan dalam saluran pencernaan,saluran kemih, dan sistem genital. Probiotik ini umumnya ditemukan dalam yoghurt atau makanan hasil fermentasi lain. Probiotik ini juga dapat membantu meringankan diare dan dapat membantu orang yang alergi laktosa.
  • Bifidobacteria
    Bifidobacteria memiliki sekitar 30 jenis yang berbeda. Bakteri ini paling banyak ditemukan dalam usus besar. Asupan probiotik jenis ini diyakini bermanfaat meringankan gejala sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome).
  • Streptococcus thermophilus
    Streptococcus thermophilus dapat memproduksi enzim laktase, yang dapat mencegah intoleransi laktosa.
  • Saccharomyces
    Saccharomyces adalah jenis probiotik dari jamur yang kerap digunakan untuk mencegah dan mengobati diare.

Manfaat Probiotik dalam Tubuh

Manfaat utama probitik dalam tubuh adalah untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Namun, hingga saat ini para peneliti masih terus melakukan observasi penyakit apa yang paling tepat diobatik dengan probiotik. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat dibantu dengan probiotik antara lain:

  • Irritable bowel syndrome
  • Inflammatory bowel disease (IBD), yaitu radang usus besar dan usus halus
  • Infeksi diare (bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit)
  • Diare yang disebabkan oleh antibiotik

Selain berpengaruh pada pencernaan Anda, probiotik juga dapat berpengaruh pada bagian tubuh Anda yang lain, seperti:

  • Penyakit kulit eksim
  • Kesehatan urin dan vagina
  • Mencegah alergi dan demam
  • Kesehatan gigi dan mulut

Cara Aman Konsumsi Probiotik

Secara umum, mengkonsumsi probiotik dalam bentuk makanan, minuman atau suplemen aman dilakukan. Hanya saja pada sebagian orang akan menimbulkan efek samping ringan seperti sakit perut, perut kembung, hingga diare selama beberapa hari setelah pertama kali mengonsumsi. Probiotik juga memiliki kemungkinan memicu alergi bagi sebagian orang. Jika timbul alergi, hentikan konsumsi dan konsultasikan ke dokter.

Sedangkan untuk anak-anak, wanita hamil, lanjut usia dan penderita gangguan sistem imun harus lebih berhati-hati.

Agar tetap aman, sebainya perhatikan dengan cermat label dalam kemasan, atau jika perlu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengkonsumsinya.

Itulah penjelasan tentang Pentingnya Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.