22 Manfaat Pentingnya Asi Ekslusif untuk Tumbuh Kembang Bayi

Posted on

Pentingnya Asi Ekslusif untuk Tumbuh Kembang Bayi – ASI eksklusif adalah sumber utama makanan untuk bayi sebelum usia 6 bulan. Pemberian ASI atau Air Susu Ibu adalah hal yang sangat penting yang dilakukan oleh ibu untuk tumbuh kembang dan kesehatan Bayi. Pentignya ASI hingga pemerintah pun membuat peraturan tentang ASI eksklusif selama 6 bulan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 33 tahun 2012. Dalam PP tersebut, mendapatkan ASI merupakan hak seorang bayi.

Meskipun saat ini sudah banyak produk susu formula yang memiliki kandungan hizi yang hampir sama denga kandungan yang terdapat dalam ASI, namun pemerintah tetap memberikan dukungan pemberian ASI minimal 6 bulan. Dengan begitu kita harusnya menjadi sadar akan peran penting ASI untuk tumbuh kembang Bayi. Apa sajakah manfaat ASI yang katanya menakjubkan ? Simak ulasan dibawha ini.

Manfaat Penting ASI Ekslusif

Peberian ASI ekslusif tidak hanya berguna untuk mengurangi jenis penyakit ketika bayi tumbuh besar. Berdasarkan penelitian yang ditemukan mendapati anak yang diberi ASI ekslusif cenderung lebih kecil mengalami berbagai gangguan penyakit seperti obesitas, hipertensi, dan diabetes melitus. Selain beberapa manfaat singkat diatas, simak beberapa manfaat pentingnya ASI yang didapatkan oleh Bayi lainnya berikut ini:

Manfaat ASI pada Bayi

1. ASI kaya Zat penting untuk Bayi
ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh sang bayi seperti; DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi, oleh karenanya ASI jauh lebih unggul dibandingkan dengan produk susu formula jenis apapun.

2. ASI mendekatkan Ibu dan Bayi
Selain berfungsi sebagai makanan utama pada bayi, ASI juga berperan penting dalam mendekatkan jiwa antara Ibu dan Bayi. Ibu dan Bayi cenderung lebih memiliki kedekatan dan hubungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan bayi dan tidak mendapatkan asupan ASI.

3. ASI memberikan kekebalan yang optimal
Kandungan zat yang lengkap dalam ASI akan membuat bayi berkembang dengan optimal. ASI juga berperan dalam pembentukan sistim imun untuk bayi. Sistim imun sangat penting didapatkan bagi bayi, karena semakin baik sistem imun anak maka akan membuat anak jarang sakit. Bayi yang mendapatkan asupan ASI ekslusif akan mempunyai sistim imun dan kekebalan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI ekslusif.

4. ASI sebagai antibodi
ASI dapat menjadi antibodi alami tubuh bayi terutama yang berhubungan dengan penyakit infeksi.

5. ASI lebih segar dibandingkan dengan susu formula
ASI tidak akan pernah basi karena ASI secara langsung didapatkan oleh Bayi dari Sang Ibu tanpa adanya bahan kimia. Kualitas ASI yang baik dapat dihasilkan dari asupan makanan tinggi gizi dan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu.

6. ASI lebih higienis
Bila dibandingkan dengan jenis susu formula lainnya yang terkontaminasi dengan jenis bahan kimia lainnya seperti kaleng, kardus, botol plastik dan penggunaan alumunium foil yang cenderung memiliki bahaya. ASI dijamin lebih aman dikonsumsi oleh Bayi karena ASI didapatkan langsung dari payudara Ibu sehingga lebih steril dan lebih higienis.

7. ASI sebagai pelindung yang baik untuk bayi
ASI bermanfaat untuk melindungi bayi dari beberapa jenis oenyakit yang biasanya sering menyerang bayi seperti gangguan pencernaan, diare, pilek, infeksi dan lain-lain.

8. ASI akan berubah sesuai dengan kebutuhan bayi
Manfaat ini tidak terdapat pada jenis produk susu formula apapun. ASI memiliki sistem kerja yang sangat cerdas. ASI dapat dengan sendirinya merubah komponennya sesuai dengan kebutuhan dan usia Bayi.

9. ASI penting sebagai Sistem imunitas pada Bayi
ASI memberikan rangsangan kepada bayi untuk kebal terhadap berbagai macam bahan makanan.

10. ASI makanan utama pada bayi
ASI ekslusif diberikan kepada bayi dari usia 0-6 bulan , hal ini dikarenakan ASI adalah makanan utama wajib untuk Bayi.

11. ASI memiliki efek bifidogenik
ASI memiliki efek bifidogenik yakni menciptakan kondisi yang nyaman untuk bakteri menguntungkan agar dapat hidup dengan subur.

12. Probiotik pada ASI
Kandungan probiotik dalam ASI menjadi salah satu alasan mengapa pemberian ASI memiliki peran penting dalam pembentukan mikroflora dalam saluran pencernaan.

Manfaat ASI Ekslusif untuk Ibu

Selain untuk bayi, memberikan ASI ekslusif juga bermanfaat untuk ibu, diantaranya:

  1. Pemberian ASI pada bayi akan membantu pasca persalinan ibu mengalami pendarahan
  2. Pemberian ASI ekslusif akan membantu mempercepat pengecilan rahim semula
  3. Pemberian ASI juga akan membantu dalam mengembalikan kondisi ibu setelah hamil
  4. Pemberian ASI akan membuat ikatan batin antara ibu dan bayi lebih terjaga karena ibu akan lebih mudah mengekspresikan rasa sayang pada bayi nya.
  5. Pemulihan kesehatan ibu yang semakin cepat ketika ibu memberikan ASI ekslusif pada bayi.
  6. Pemberian ASI eksklusif dapat mengurangi risiko kanker payudara dan juga kanker ovarium pada ibu
  7. Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan bisa mengacaukan kesuburan Anda. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatur jarak kelahiran anak.
  8. Kepadatan mineral pada tulang akan kembali normal jika Anda memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Sehingga dapat mengurangi Risiko Terkena Osteoporosis pada Ibu.
  9. Seorang ibu biasanya merasa nyaman ketika sedang menyusui anaknya. Hal ini bisa mengurangi tingkat kecemasan pada ibu.
  10. Pemberian ASI ekslusif juga memiliki manfaat pada sisi ekonomi, dibandingkan dengan menggunakan susu formula dengan harga mahal.

Dengan memahami penjelasan diatas, semoga akan ada banyak Ibu yang menyadari betapa pentingya manfaat ASI ekslusif untuk Bayi. Itulah penjelasan tentang Manfaat Pentingnya Asi Ekslusif untuk Tumbuh Kembang Bayi . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.