10 Obat Herbal Asam Urat Lengkap Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Asam Urat Dengan Tepat

Posted on

Obat Herbal Asam Urat – Asam urat adalah suatu kondisi yang menyebabkan munculnya rasa nyeri tidak tertahankan, pembengkakan dan rasa panas diarea persendian. Sendi-sendi yang sering terserang oleh asam urat umumnya sperti jari tanganm lutut, pergelangan kaki dan jari-jari kaki.

Dibandingkan dengan wanita, laki-laki lebih rawan terkena asam urat terutama saat usia diatas 30 tahun, sedangkan wanita memiliki resiko terkena asam urat setelah mengalami menopause.

Penderita dapat dikatakan memiliki penyakit asam urat atau gout arthritis jika mereka mempunyai kadar asam urat tinggi didalam darah dengan angka yang sudah melewati batas normalnya yaitu diatas 7 mg%.

Pada dasarnya asam urat adalah zat normal yang ada dalam tubuh yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang terkandung dalam sel-sel tubuh. Dalam keadaan normal, setiap harinya asam in dikeluarkan dari tubuh lewat ginjal. Namun jika jumlah yang dibuang lebih kecil dibandingkan dengan jumlah produksinya, maka sisanya akan tertimbun didalam dan diarea persendian sehingga membentuk kristal tajam dengan natrium urat di dalamnya. Tanpa kita sadari pembentukan kristal ini akan terjadi bertahun-tahun. Sebab itulah yang mendasari munculnya penyakit asam urat. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini tentang asam urat.

Gejala Asam Urat

Gejala awal munculnya asam urat sering dianggap sepele oleh para penderitanya, karena gejala yang muncul biasanya hanya rasa nyeri yang biasanya juga hilang dengan sendirinya. Padahal jika tidak diobati dengan cepat, asam urat akan semakin berbahaya.

Gejala munculnya asam urat karena zat purin dalam tubuh yang mengalami penumpukan. Zat purin tersebut di olah oleh tubuh sehingga membentuk asam urat dan ketika tubuh memproduksi zat purin secara berlebihan maka akan timbul penyakit asam urat. Gelaja munculnya asam urat diantanya seperti :

  • Persendian yang terasa nyeri, linu dan ngilu, terasa kesemutan dan terjadi pembengkakan serta peradangan berwarna kemerahan
  • Nyeri pada persendian biasanya dirasakan pada saat pagi hari saat bangun tidur maupun pada malam hari
  • Nyeri yang dialami terjadi berulang-ulang.
  • Untuk kasus yang lebih parah, persendian akan terasa nyeri pada saat digunakan untuk bergerak
  • Biasanya persendian yang terasa nyeri seperti pada sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan maupun pada siku.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Pembengkakan dan rasa nyeri yang dialami oleh penderita asam urat disebabkan karena tusukan kristas-kristal tajam disekitar sendi yang terbentuk karena adanya tumpukan zat asam urat. Asam urat merupakan bahan kimia yang dihasilkan ketika tubuh memecahkan zat purin. Sedangkan purin dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman seperti hati, ikan asin, ikan kembung, kacang kering, kacang polong serta minuman beralkohol seperti bir dan anggur. Ketika makanan tersebut diproduksi oleh tubuh, asam urat akan larut dalma darah dan melewati ginjal, lalu sebagiannya tertinggal dan menumpuk dalam persendian, dan penumpukan zat-zat purin tersebut yang semakin lama akan terasa nyeri hingga pembengkakan dan memicu timbulnya penyakit asam urat.

Selain itu, penyakit asam urat juga rentan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, hipertensi, diabetes, hingga penyakit ginjal kronik. Namun beberapa penelitian menyebutkan, seseorang yang dalam keluarganya memiliki riwayat asam urat juga dapat terkena kondisi yang sama. Dengan kata lain, penyakit asam urat juga dapat bersifat genetik.

Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan serangan sering gout atau malah tidak pernah menimbulkan masalah. Kadar asam urat yang tinggi juga dapat membuat beberapa penderita untuk mengembangkan batu ginjal atau gagal ginjal, serta beberapa penderita kadar asam urat tinggi dapat mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga penyakit ginjal kronis.

Cara Mengukur Kadar Asam Urat

Cara untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh dengan melakukan tes sample darah yang diambil dari vena yang terletak di bagian siku atau bagian belakang tangan.

Kadar asam urat yang normal dalam tubuh pria berkisar antara 3,5 mg/dL dan 7,2 mg/dL. sedangkan untuk wanita kadar normal asam uratnya berkisar antara 2,6 sampai 6mg/dL.

Kadar asam urat yang tinggi juga dapat dikarenakan beberapa hal berikut, seperti asidosis, alkoholisme, efek samping kemoterapi, kencing manis, olahraga yang berlebihan, encok, hipoparatiroidisme, keracunan timbal, leukemia, penyakit ginjal kistik medula, nefrolitiasis, polisitemia vera, diet kaya purin, gagal ginjal, toxemia kehamilan.

Sedangkan kadar asam urat yang lebih rendah dari normal, kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal seperti sindrom fanconi, diet rendah purin, Syndrome of inappropriate antidiuretic hormone (SIADH) secretion, penyakit wilson.

Cara Mengobati Asam Urat

Terdapat 2 sasaran untuk menangani penyakit asam urat yaitu dengan meringankan gejalanya dan mencegah serangan rasa nyeri terulang kembali.

Untuk meringankan gejala asam urat kita dapat menggunakan kantong yang diisi es balok lalu ditempelkan pada bagian sendi yang terasa sakit. Atau anda juga dapat mengkomsumsi jenis obat pereda rasa sakit seperti colchicine, OAINS (obat anti-inflamasi nonsteroid), dan obat-obatan golongan steroid.

Sedangkan untuk pencegahan kambuhnya penyakit asam urat, anda bisa mengkomsumsi obat penurun kadar asam urat, dan untuk penderita asam urat tinggi diharuskan untuk menjauhi beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi.

Namun untuk lebih amannya, kami membantu anda untuk mengetahui beberapa jenis obat alami yang dapat anda konsumsi untuk membantu menurunkan kadar asam urat yang anda derita. Simak beberapa jenis tanaman herbal yang dapat membantu menurunkan asam urat berikut ini.

Jenis Tanaman Herbal untuk Asam Urat

1. Mengatasi Asam Urat dengan Jahe

Jahe memiliki manfaat mampu membantu mengatasi rasa nyeri dan sakit pada bagian persendian pada asam urat. Jahe berkerja untuk membersihkan tumpukan purin dalam darah maupun pada bagian persendian, selain untuk membersihkan purin, jahe juga bekerja untuk melancarkan pencernaan dan pernafasan. Cara pengobatan asam urat dengan jahe yaitu dengan merebus jahe dengan air hingga matang lalu minum ramuan tersebut setiap hari secara rutin.

2. Mengatasi Asam Urat dengan Bunga Rosella

Obat herbal untuk mengobati asam urat lainnya dengan bunga rosella yang dapat bekerja sebaga pereda nyeri pada persendian. Ramuan rosella memiliki kandungan zat-zat yang diperlukan dalam tubuh seperi kandungan protein enesial, serta kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan asam amino arginina legnin pada bunga rosella bermanfaat sebagai peremajaan pada sel-sel tubuh. Cara pengobatan asam urat dengan bunga rosella yaitu dengan menyediakan 4 kelopak bunga rosella kering lalu cuci bersih. Seduh bunga rosella dengan segelas air panas dna tambahkan madu sebagai pemanis. Minum ramuan bunga rosella secara rutin selama satu bulan dan lihat perubahan yang terjadi.

3. Mengatasi Asam Urat dengan Daun Seledri

Seledri memiliki kandungan klorin, inositol, asam lemak esensial, asam folat, sulfur, zeng, Vit b1 dan Vitamin A. Cara pengobatan asam urat dengan seledri yaitu menyiapkan sekitar 5 helai daun seledri lalu rebus dengan 100cc air panas lalu saring, dan minum ramuan tersebut satu kali sehari.

4. Mengatasi Asam Urat dengan Daun sirsak

Daun Sirsak tinggi akan kandungan Vitamin C dan Vitamin A yang bermanfaat untuk mengeluarkan racun atau sampah hasil metabolisme yang ada dalam tubuh. Daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi akibat asam urat. Cara pengobatan asam urat dengan daun sirsak yaitu dengan menyiapkan 5 helai daun sirsak muda lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas saja. Minum ramuan tersebut setiap hari secara rutin selama satu bulan dan liat perkembangannya.

5. Mengatasi Asam Urat dengan Buah cherries

Kandungan magnesium dalam buah cherri dipercaya ampuh untuk mengobati asam urat. Selain untuk meredakan rasa nyeri, potasium pada buah cherri juga mampu mencegah peradangan atau inflamasi. Cara pengobatan asam urat dengan buah cherri yaitu dengan mengkonsumsi 7 hingga 9 buah cherri setiap hari, atau dengan membuat sirup buah cheri. Jika dikonsumsi setiap hari buah cherri dipercaya ampuh untuk mengobati asam urat.

6. Mengatasi Asam Urat dengan Brotowali

Brotowali adalah jenis tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, brotowali juga dipercaya dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Cara mengolahnya yaitu dengan merebus brotowali dengan satu gelas air lalu minum ramuan tersebut secara rutin satu kali sehari. Ramuan ini memang terkenal sangat pahit namun jika di konsumsi secara rutin maka akan menyembuhkan penyakit asam urat.

7. Mengatasi Asam Urat dengan Kumis Kucing

Selaian dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah batu ginjal, tanaman kumis kucing ternyata dapat pula dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat. Tanaman kumis kucing mengandung zat orthosiphonin glikosida dan diuretik yang merangsang pengeluaran asam urat melalui urin. Selain itu, kumis kucing juga mengandung zat sinsetin yang berfungsi untuk mencegah peradangan dan infeksi pada saluran kemih. Jika anda mengkomsumi rebusan daun kumis kucing secara teratur, maka oenyakit asam urat anda akan berangsur hilang.

8. Mengatasi Asam Urat dengan Sambiloto

Daun sambiloto memiliki rasa yang pahit seperti brotowali namun tanaman ini dipercaya ampuh digunakan untuk mengatasi asam urat. Cara pengobatan asam urat dengan daun sambiloto dengan cara direbus kemudian diminum air rebusannya. Zat yang terkandung dalam sambiloto antara lain yaitu aldehid, keton, alkane, flavanoid, dan berbagai mineral penting seperti kalium, natrium, dan kalsium.

9. Mengatasi Asam Urat dengan Daun Salam

Daun salam mengandung beberapa zat penting seperti flavanoid, tanin, dan minyak atsiri yang efektif untuk sembuhkan asam urat. Cara mengobati asam urat dengan daun salam yaitu dengan cara merebusnya kemudian disaring untuk diambil airnya dan diminum secara teratur.

10. Mengatasi Asam Urat dengan Teh Hijau

Selain bermanfaat untuk menurunkan lemak dan kolesterol, teh hijau juga merupakan tanaman obat asam urat. Zat penting yang terkandung dalam teh hijau antara lain yaitu epigallocatechin-3-gallate, polifenol, vitamin E, vitamin C yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya penumpukan asam urat serta bertindak sebagai antiinflamasi serta mencegah peradangan sendi. Caranya yaitu dengan rutin minum teh hijau dan anda akan melihat sendiri perbedaan dalam tubuh anda.

Itulah penjelasan tentang asam urat dan cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi asam urat secara alami dengan tanaman herbal. Untuk pengobatan tradisional, sebaiknya anda lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terimakasih semoga bermanfaat.