13 Nutrisi Penting yang Baik untuk Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Kulit Wajah

Posted on

Nutrisi Penting yang Baik untuk Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Kulit Wajah – Kulit adalah organ tubuh yang kompleks dan membutuhkan sumber nutrisi kaya antioksidan untuk membuat kulit tetap terleihat cantik dan sehat. Kulit menjadi salah satu cermin dari kondisi kesehatan seseorang. Kulit yang terlihat keriput, kering dan berminyak adalah tanda kesehatan dalam tubuh yang buruk. Munculnya hal tersebut biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan asupan nutrisi yang sehat sehingga membuat kesehatan kulit tidak terjaga.

Kebanyakan orang lebih memilihi menggunakan kosmetik untuk mengatasi masalah kulit tersebut, seperti dengan menggunakan lotion, sabun, scrub, toner atau krim. Pengobatan dari luar memang diperlukan, namun tidak menyelesaikan akar penyebab masalah yang kemungkinan dapat muncul kembali. Kulit butuh diberi makanan dari dalam dengan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi, vitamin, mineral dan antioksidan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan kulit dari dalam.

Dibawah ini adalah beberapa daftar vitamin dan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan kondisi kesehatan kulit secara signifikan, antara lain:

Asupan Nutrisi dan Vitamin untuk Kesehatan Kulit

1. Vitamin A
Vitamin A memiliki fungsi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, seperti:

  • Meningkatkan kolagen
  • Mengurangi peradangan
  • Mengontrol produksi minyak berlebih
  • Mempertahankan dan memperbaiki jaringan kulit
  • Melawan kulit kering dan pecah-pecah. Mengurangi kerutan
  • Mencegah dan mengatasi jerawat
  • Mencegah Psoriasis

Namun pemenuhan kebutuhan vitamin A pada kulit sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan karena efek vitamin A untuk kulit tatp sama jika sudah memenuhi kebutuhan kulit norma. Jadi, pemberian asupan vitamin A berlebihan dalam tubuh tidak akan memberikan hasil ekstra. Namun, jika asupan vitamin A dalam tubuh drop maka dapat menimbulkan gangguan kulit seperti kulit kering dan pecah-pecah. Hal ini karena vitamin A berperan untuk mempertahankan dan memperbaiki jaringan kulit.

Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dari beberapa jenis buah dan sayur, atau dengan mengkonsumsi vitamin A dan pemakaian krim kosmetik vitamin A yang juga berdampak positif bagi kesehatan kulit.

2. Vitamin B Kompleks
Vitamin B memiliki fungsi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, seperti:

  • Menjaga kekuatan rambut
  • Menutrisi kulit dan kuku
  • Mencegah dermatitis
  • Mencegah dan Mengatasi Kerontokan rambut
  • Memutihkan dan mencerahkan kulit

Untuk masalah kesehatan kulit, vitamin B berperan sebagai biotin yang menjadi nutrisi dasar untuk membentuk kulit, kuku dan sel rambut. Asupan vitamin B dalam tubuh harus tercukupi, jika tubuh kekurangan asupan vitamin B maka akan menimbulkan masalah kesehatan.

Anda dapat menjumpai vitamin B dengan mudah karena vitamin B terdapat pada banyak jenis makanan harian seperti pada pisang, telurm oatmeal, dan nasi.

3. Vitamin C
Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit seperti:

  • Memperlambat penuaan dini
  • Mengurangi bintik-bintik diwajah akibat sinar UV
  • Mengurangi peradangan dan iritasi
  • Meningkatkan respon penyembuhan alami kulit
  • Menurunkan resiko sunburn

Vitamin C berperan untuk memberikan perlindungan antioksidan kuat, melindungi kulit dari radikal bebas dan menghindari penuaan dini. Meningkatkan asupan vitamin C dalam tubuh juga dilakukan untuk meningkatkan produksi kolagen yang bertujuan untuk memperlambat penuaan, kendur dan kusam pada kulit.

4. Vitamin E
Vitamin E memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit seperti:

  • Mengurangi efek paparan sinar UV
  • Mengurangi munculnya keriput
  • Mengembalikan kulit kering dan kasar
  • Melindungi kulit dari polusi lingkungan
  • Melembabkan kulit
  • Memiliki sifat menyembuhkan luka
  • Memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat

Vitamin ini banyak ditemukan pada biji bunga matahari, safflower, minyak bunga matahari, kacang almond, bayam, buah persik, plum, tomat, kubis, asparagus, dan buah alpukat. Sebaiknya tidak menggunakan vitamin E buatan secara sembarangan, karena justru bisa membahayakan kesehatan. Kalau bisa dapatkan vitamin E dari mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat.

5. Vitamin K
Vitamin K memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit seperti:

  • Melancarkan aliran darah
  • Mengurangi lingkar mata panda
  • Mengurangi lebam dan memar pada kulit

Vitamin K memiliki serat elastin yang baik untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap lembut dan halus. Vitamin K juga dibutuhkan untuk pembentukan protein tertentu untuk menjaga kesehatan sel-sel kulit tetap sehat.

6. Silika
Silika adalah mineral yang berfungsi untuk memperkuat jaringan ikat tubuh seperti jaringan otot, tendon, rambut, ligamen, kuku, tulang rawan dan menjaga kesehatan kulit. Kekurangan silika dalam kulit dapat menyebabkan keelastisitasan kulit menjadi berkurang serta dapat megnhambat tubuh untuk menyembuhkan luka. Makanan sumber terbaik silika seperti daun bawang, kacang hijau, buah stroberi, mentimun, mangga, seledri, serta asparagus.

7. Zinc
Zinc adalah mineral yang memiliki peran penting untuk kesehatan kulit. Zink penting untuk merawat kesehatan kulit berjerawat, mineral ini membantu mengontrol produksi minyak berlebih dan membantu mengendalikan hormon pemicu munculnya jerawat. Selain itu, zinc juga dibutuhkan untuk fungsi kekebalan tubuh, menjaga penglihatan, rasa, dan bau. Asupan seng juga sangat terkait dengan penurunan resiko kanker prostat. Makanan yang kaya akan zinc termasuk tiram segar, biji labu, jahe, kemiri, kacang Brasil, gandum, dan telur. Zinc juga bisa didapat dalam bentuk suplemen.

8. Omega 3
Asam lemak omega 3 memiliki peran untuk menjaga lapisan kulit bagian luar agar tetap utuh, hal ini bermanfaat untuk menangkal racun dalam tubuh. Asam lemak omega 3 bermanfaat untuk mengatasi kulit kering, kulit meradang dan komedo. Asam lemak omega 6 banyak ditemukan dalam biji-bijian, serta omega 3 banyak ditemukan dalam ikan seperti salmon, tengiri, tuna, biji rami dan minyak safflower. EFA juga tersedia dalam bentuk suplemen; seperti kapsul minyak ikan.

9. Selenium
Selenium adalah mineral yang bersifat antioksidan yang berperan untuk menjaga elastisitas jaringan kulit. Selenium juga berperan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat memicu resiko kanker dan penuaan dini. Selain itu selenium juga berperan penting untuk mencegah kanker kulit, melindungi kulit dari kerusakaan akibat paparan sinar ultraviolet yang berlebihan. Makanan sumber selenium berdapat pada biji gandum, tuna, salmon, bawang putih, kacang Brazil, telur, beras merah, dan roti gandum utuh.

10. Kolagen
Kolagen memiliki peran untuk kekuatan dan elastisitas kulit serta mencegah degradasi kulit yang menyebabkan keriput. Bertambahnya usia akan mengalami penurunan produksi kolagen yang mengakibatkan peningkatan keriput dan garis-garis halus yang disertai dengan penurunan kelembutan dna kekenyalan kulit. Tanda penuaan dini dapat dicegah dan diperlambat jika produksi kolagen dapat ditingkatkan.

11. Alpha-Lipoic Acid (ALA)
Alpha-Lipoic Acid (ALA) adalah jenis antioksidan yang memiliki potensi lebih dahsyat ratusan kali lipat dibandingkan dengan vitamin C dan Vitamin E. ALA memiliki kemampuan meresap kedalam air ataupun minyak. ALA juga mampu memerangi sel kulit dari dalam amupun dari luar tubuh. Kemampuan tersebut belum dimiliki oleh jenis antioksidan lain.

Selain itu, ALA juga memiliki kemampuan menetralkan kerusakan sel kulit akibat radikal bebas, seperti yang dilakukan oleh vitamin C dan vitamin E. Manfaat ALA selanjutnya adalah ALA memiliki kemampuan membantu vitamin lain agar bekerja lebih efektif dalam membangun kemabli sel tubuh yang rusak akibat asap rokok dan polusi. ALA tersedia dalam bentuk suplemen ataupun krim.

12. DMAE
DMAE merupakan antioksidan paling kuat untuk menangkal radikal bebas. DMAE memiliki peran untuk menonaktifkan radikal bebas yang membahayakan sel kulit. Selain itu antioksidan dari DMAE membantu menstabilkan membran di sekeliling bagian luar sel sehingga mengurangi resiko kerusakan akibat paparan sinar matahari atauu akibat asap rokok.

Peran DMAE juga untuk mencegah pembentukan lipofucsin, pigmen coklat yang menyebabkan noda penuaan atau flek kulit hitam. Manfaat DMAE bisa diperoleh dalam bentuk suplemen maupun krim.

13. Asam lemak esensial
Kulit wajah yang kering rawan terkena radang dan akan dipenuhi dengan komedo baik white head maupu black head, masalah tersebut merupakan tanda tubuh kekurangan asam lemak esensial. Asam lemak esensial memiliki peranan yang penting untuk memproduksi minyak alami dalam kulit. Jika kulit kekurangan asupan lemak esensial, kulit akan menghasilkan sebum atau minyak yang memicu terjadinya iritasi kulit.

Untuk mengatasi masalah tersebut, solusi yang dapat anda lakukan adalah dengan menyeimbangkan asupan omega 3 dan omega 6. Asam omega 3 dapat ditemukan pada ikan salmon, sarden, makarel, dab biji rami. Sedangkan omega 6 bisa ditemukan pada produk minyak, unggas, padi-padian, dll. Atau sebagai alternatif anda juga dapat mengkonsumsi kapsul minyak ikan atau suplemen evening primrose oil.

Mengkonsumi vitamin untuk kulit sangat penting dilakukan jika anda menginginkan memiliki kulit sehat dna cantik. Asupan nutrisi juga diperlukan untuk memaksimalkan kesehatan dan kecantikan kulit. Selain dengan mencukupi asupan vitamin dan nutrisi, menjaga pola hidup sehat sangat berpengaruh untuk hasil yang didapatkan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Nutrisi Penting yang Baik untuk Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Kulit Wajah yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..