Mengenal Jenis Warna Darah Menstruasi yang Penting Diketahui

Posted on

Mengenal Jenis Warna Darah Menstruasi  – Haid atau menstruasi adalah siklus normal yang dialami wanita setiap bulannya. Pada kondisi normal, menurut seorang pakar hormon dan kesehatan reproduksi wanita dari John Hopkins University, mengungkapkan jika normalnya darah haid seharusnya berwarna merah terang.

Namun, setiap wanita juga memiliki jenis darah haid yang bervariasi, tergantung pada tingkat kekentalan atau volume darah serta warna yang berbeda-beda dengan artinya masing-masing. Darah menstruasi adalah hasil dari meluruhnya sel telur yang tidak terjadi pembuahan sehingga menghasilkan warna merah terang, kecoklatan, hingga hitam serta memiliki tekstur yang berbeda-beda. Proses luruh dan situasi di dalam rahimlah yang memengaruhi warna haid. Perubahan yang terjadi pada warna dan tekstur darah haid yang berbeda-beda bukanlah termasuk kondisi yang serius, namun anda harus berwaspada dengan segala kemungkinan yang akan terjadi.

Pada normalnya, menstruasi terjadi setiap bulan ketika setiap 21-35 hari sekali dalam jangka waktu 2 hingga 7 hari, dan ketika tidak adanya kehamilan. Darah haid yang dikeluarkan pun memiliki jumlah yang bervariasi, mulai hanya sekitar 4 sendok hingga ada yang mencapai 12 sendok.

Tidak hanya menjadi indikatir kehamilan, menstruasi juga berkaitan dengan hormon yang ada didalam tubuh. Maka dari itu penting bagi wanita mengetahui arti dari jenis darah haid. Berikut ini adalah jenis darah haid dan artinya yang penting anda ketahui.

Jenis Warna Darah Menstruasi 

1. Darah Haid Merah Muda
Menurut seorang tenaga medis di New York, darah haid yang berwarna merah muda menandakan rendahnya kadar esterogen dalam tubuh. Tidak hanya berdampak pada siklus haid, warna darah merah muda juga bisa memicu resiko osteoporosis. Untuk mengatasinya, anda harus banyak mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti yogurt dan kacang almond. Selain itu, anda juga harus melakukan pola hidup sehat dengan melakukan olahraga secara tepat, namun tidak berlebihan.

2. Darah Haid Merah Pudah Berair
Menurut Alyssa Dweck, seorang spesialis kandungan dari Mount Sinai School of Medicine New York menyatakan, jika darah haid yang berwarna merah pudar menunjukkan jika tubuh sedang kekurangan nutrisi. Sedangkan darah haid yang memiliki tekstur berair maka berarti tubuh sedang mengalami anemia atau kekurangan zat besi.

Untuk mengatasinya anda harus meningkatkan asupan makanan dengan gizi seimbang dan kaya zat besi. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan lainnya adala jika kondisi pembalut sudah penuh dalam waktu sekitar satu jam, maka anda harus mengkonsumsi suplemen penambah darah untuk menghindari anemia. Sedangkan jika kondisi tersebut berlangsung selama 2-3 hari atau terus menerus, anda harus berkonsultasi ke dokter.

3. Darah Haid Cokelat Tua
Keluarnya darah haid berwarna cokelat tua diakibatkan karena kadar progesteron dalam kondisi rendah. Dalam hal ini anda tidak perlu khawatir, karena hal ini normal dialami oleh wanita. Pada umumnya, darah haid coklat tua terjadi pada mereka yang memiliki siklus haid tidak teratur. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi jenis makanan kaya vitamin B seperti telur untuk meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh.

4. Darah Haid Merah Stroberi
Menurut Alyssa Dweck, jenis darah menstruasi berwarna merah seperti selai stroberry yang disertai gumpalan terjadi karena adanya ketidak seimbangan kadar hormon dalam tubuh. Biasanya disebabkan ketika kadar estrogen terlalu tinggi sedangkan hormon progesteron terlalu rendah. Jika semakin besar gumpalan yang keluar, maka semakin tinggi gangguan hormon yang dialami. Selain tidak normal, jenis darah haid yang kental dan berwarna gelap juga dapat menjadi gejala adanya penyakit fibroid rahim. Fibroid rahim adalah sejenis tumor jinak yang tumbuh dalam rahim, yang umumnya bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat.

5. Darah Haid Merah Tua Cranberry
Jenis darah haid yang berwarna merah cranberry dan akan berangsur berubah warna menjadi merah cerah menandakan jika anda memiliki siklus haid yang sehat dan teratur. Keseimbangan yang sempurna pada hormon estrogen, progesteron, dan semua organ yang bekerja dengan baik. Biasanya warna darah haid ini akan terlihat setelah 2 harai pertama datangnya haid, dan setelah itu warna darah akan semakin cerah dan memiliki tekstur yang licin mirip agar-agar.

6. Darah Haid Abu-abu Kehitaman
Jenis darah haid ini menjadi tanda adanya infeksi pada rahim. Warna darah haid ini biasanya muncul pada hari ke 4 dan bercampur dengan warna kehitaman. Jika muncul warna tesebut, maka anda harus segera berkonsultas ke dokter untuk mengetahui apakah tubuh anda mengalami infeksi pada rahim, atau infeksi menular seksual atau semacamnya. Lebih bahaya lagi jika darah haid anda sering berwarna abu-abu kehitaman atau adanya gejala bau darah haid seperti bau busuk.
Sedangkan pada wanita hamil, jika terjadi kondisi ini bisa menjadi tanda keguguran. Jika benar, maka harus dikeluarkan sepenuhnya agar nggak terjadi hal bahaya lainnya seperti kista atau tumor.

7. Darah Haid Warna Orange
Darah haid berwarna orange biasanya terlihat ketika darah bercampur dengan cairan dari leher rahim. Namun, jika berlansung lama anda harus waspada karena bisa menjadi indikasi adanya infeksi pada leher rahim. Maka dari itu anda hrus segera melakukan konsultasi ke dokter.

8. Darah Haid Cokelat Kehitaman
Darah Haid juga kadang bisa berwarna cokelat gelap hingga kehitaman yang merupakan hal yang benar-benar normal. Biasanya, darah berwarna cokelat gelap atau hampir hitam muncul menjelang berakhirnya siklus menstruasi Anda. Warna darah haid hitam atau cokelat merupakan perubahan warna yang normal. Hal ini terjadi karena darah haid sudah berusia lebih lama tidak dikeluarkan dari tubuh dengan cepat.

Dengan memperhatikan warna dan tekstur darah haid, kamu bisa mengetahui lebih dini tentang gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh dan segera lakukan pemeriksaan jika anda menemukan kejanggalan saat menstruasi.

Itulah penjelasan tentang Mengenal Jenis Warna Darah Menstruasi. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.