14 Cara Mengatasi Sakit Perut Akibat Haid atau Menstruasi Dengan Cepat dan Menyembuhkan

Posted on

Mengatasi Sakit Perut Akibat Haid atau Menstruasi – Sebagian wanita setiap bulan biasanya akan merasa kesakitan diarea perut saat sedang menstruasi. Rasa sakit tersebut masih bisa dikatakan Normal selama rasa sakit tidak mengganggu aktivitas anda. Namun ada juga rasa sakit yang mengganggu aktivitas dan dapat dikatakan tidak normal.

Perlu anda ketahui jika munculnya rasa sakit karena menstruasi daat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab rasa sakit diarea perut akibat menstruasi, antara lain:

Penyebab Sakit Perut Akibat Haid atau Menstruasi

1. Endometriosis
Endometriosis menjadi pokok penyebab utama munculnya rasa sakit diarea perut akibat menstruasi. Rasa sakit tersebut muncul saat endometrium tumbuh keluar dari uterus. Jika rasa sakit yang disebabkan karena masalah diatas, sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter karena dikhawatirkan dapat menimbulkan penyakit lainnya yang lebih serius lagi.

2. PID
PID merupakan salah satu yang muncul disebabkan oleh penyakit kelamin menular yang tidak diatasi sejak awal. PID (Pelvic Inflammatory Disease) yang terkadang tidak disebabkan karena infeksi saat berhubungan suami istri.

3. Kram Perut
Saat mengalami menstruasi biasanya wanita akan merasa kram pada area perut. Kram perut biasanya terjadi sekitar 3 hari yang disebabkan karena adanya peluruhan pada bagian rahim yang menghamat oksigen ke jaringan otot rahim.

4. Fibroid
Fibroid biasanya kerap dialami oleh wanita diatas usia 30 tahun. Fibroid adalah tumor jinak yang terjadi di dinding uterus. Pada umumnya fibroid ditandai dengan keluarnya darah yang cukup banyak dan hingga saat ini belum diketahui penyebab utamanya.

Timbulnya rasa sakit tersebut diakibatkan adanya pertumbuhan tumor yang terletak didekat lapisan rahim dan menghambat peredaran darah, hal tersebutlah yang menyebabkan rasa sakit pada area perut secara tiba-tiba.

Beberapa penyebab diatas menurut beberapa dokter tidak membahayakan tapi dapat berpengaruh terhadap kesuburan dan keguguran. Meskipun tidak membahayakan, sebaiknya jika rasa sakit terjadi berkepanjangan segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Gejala Sakit Perut Akibat Haid atau Menstruasi

Salah satu penyebab paling umum munculnya rasa sakit akibat menstruasi adalah karena adanya perubahan hormon. Selain karena hal tersebut, terdapat beberapa gejala yang muncul saat rasa sakit pada area perut akibat menstruasi, diantara lain:

  • Nyeri pada bagian perut bawah
  • Payudara terasa nyeri dan bengkak
  • Perut terasa kembung
  • Mengalami pusing
  • Kelelahan
  • Depresi

Cara Mengatasi Sakit Perut Akibat Menstruasi atau Haid

Rasa nyeri akibat menstruasi merupakan gejala normal dari serangkaian Premanstrual Syndrome atau PMS yang tidak mengkhawatirkan. Meskipun tidak membahayakan, penting bagi wanita mengetahui dan mencari cara menhilangkan rasa nyeri saat haid. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rasa nyeri haid.

1. Berbaring
Jika anda mulai merasakan nyeri pada saat haid, segeralah untuk berbaring dan merebahkan tubuh terlebih dahulu dikasur atau disofa. Biasanya, rasa nyeri akan berkurang setelah anda merebahkan punggung. Gunakan bantal untuk menyangga bagian bawah lutut dan ambillan napas panjang kemudian hempaskan. Ambil napas panjang secara berulang-ulang hingga anda merasa lebih nyaman.

2. Olahraga teratur
Melakukan olahraga ringan secara teratur untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada saat haid. Anda dapat melakukan olahraga ringan dengan sering berjalan, bersepeda dan sering berenang. Namun sebelum anda melakukan olahraga pastikan terlebih dahulu badan anda merasa kuat.

3. Kompres perut
Mengkompres bagian perut dengan air panas bermanfaat mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi karena dengan mengkompress perut dapat merileksasi otot-otot sehingga tidak merasa tegang.

4. Mengkonsumsi makanan sehat
Mengkonsumsi makanan sehat seperti makanan yang mengandung asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin B6 dan B1 serta magnesium bermanfaat mengurnagi nyeri saat haid. Anda dapat mengkonsumsi sayur dan buah dengan aneka warna seperti pada labu, ikan dan jenis makanan yang tinggi protein nabati.

5. Menghindari rokok dan alkohol
Mengkonsumsi alhokol dan merokok memang tidak dianjurkan karena dapat membahayakan tubuh terkena banyak jenis penyakit. Selain itu, merokok dan mengkonsumsi alkohol sangat tidak baik untuk sistem reproduksi wanita.

6. Melakukan relaksasi
Melakukan pijatan ringan pada bagian perut dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat mentruasi. Selain melakukan pijatan ringan, melakukan pilates dan yoga juga bermanfaat untuk mengalihkan rasa sakit karena haid. Relaksasi ini dilakukan untuk menenangkan pikiran dari beban atau masalah yang menambah rasa nyeri perut.

7. Mandi Air Hangat
Cara sederhana untuk membantu meredakan rasa sakit akibat menstruasi adalah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat dapat membuat menjadi lebih santai dan rasa nyeri dapat berkurang.

8. Hindari makanan berlemak
Sering mengkonsumsi makanan berlemak dapat memicu munculnya kista.

9. Konsumsi makanan tinggi zat besi
Pada saat menstruasi biasanya wanita retan terkena anemia. Cara sederhana untuk mengatasi anemis yaitu dengan mengkonsumsi makanan tinggi zat besi. Dengan mengkonsumsi makanan tinggi zat besi mampu membantu anda dalam menjaga tubuh agar tetap bugar sehingga melancarkanaliran menstruasi saat haid.

10. Konsumsi jamu
Selain langkah diatas, anda juga dapat mengkonsumsi jamu untuk membantu mengurangi rasa nyeri akibat haid. Ramuan yang dapat anda konsumsi adalah ramuan dari 15-30 gr daun dewa, 20 gr kunyit lalu rebus dengan 600cc air hingga ramuan hanya tersisa setengahnya saja.

11. Cukup istirahat
Mencukupi kebutuhan istirahat dapat memberikan efek rileks serta mempercepat proses penyembuhan nyeri pada area perut. Saat mengalami menstruasi sebaiknya tubuh tercukupi waktu istirahat sekitar 7 jam setiap malam dan dan pada siang hari sebaiknya anda beristirahat sekitar 1 jam.

12. Minum air hangat
Saat menstruasi tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan sehingga asupan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh. Untuk menjaga kenyamanan pada tubuh dan perut sebaiknya konsumsi air hangat, dan hindari mengkonsumsi kopi, makanan dengan gula tinggi dan minuman bersoda.

13. Konsultasikan ke Dokter
Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah nyeri pada perut saat menstruasi adalah dengan melakukan konsultasi ke dokter. Meskipun tidak membahayakan, namuan rasa sakit akibat menstruasi dapat mengganggu aktivitas anda.

14.  Obat-obatan
Untuk membantu mengatasi masalah menstruasi selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat-oabatan seperti Obat Anti Inflamasi Non-Sterois (OAINS) , Kontrasepsi oral, dan jenis obat penghilang rasa sakit lainnya.

Itulah penjelasan tentang Penyebab Sakit Perut Akibat Haid atau Menstruasi. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.