26 Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan Rambut dan Kulit yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh –¬†Dalam setiap bahan makanan sudah pasti terdapat kandungan manfaat dan vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh. Tak terkecuali dengan Vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Kita perlu mengkonsumsi vitamin C secara teratur karena tubuh tidak dapat memproduksi dan menyimpan vitamin secara alami. Vitamin C adalah vitamin larut yang salah satu fungsinya adalah untuk membantu tubuh menyerap zat besi. Selain itu terdapat banyak manfaat lain yang diperoleh dari mengkonsumsi vitamin C, berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi vitamin C.

Manfaat Vitamin C

Tubuh perlu tercukupi asupan vitamin C setiap hari untuk merasakan manfaat vitamin C secara optimal. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumi vitamin C, antaralain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Mengkonsumsi sumber vitamin C pada saat keadaan tubuh terinfeksi virus seperti flu dan batuk dapat membantu pencegahan dan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Tubuh yang kelelahan saat beraktivitas juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C akan berperan dalam penyerapan zat besi dari makanan dan minuman yang akan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

2. Sebagai Antioksidan
Vitamin C juga bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan resiko penuaan dini, penyakit kanker dan penyakit jantung.

3. Menjaga Kesehatan
Vitamin C bermanfaat membantu kesehatan tulang rawan, tulang dan gigi, serta bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah sehingga dengan mengkonsumsi vitamin C bisa mencegah serangan jantung dan stroke. Selain itu, mengkonsumsi vitamin C juga dipercaya dapat mencegah penyakit empedu dan penyakit katarak.

4. Meningkatkan produksi kolagen
Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi kolagen yang dibutuhkan untuk mencegah kulit keriput, mempercepat penyembuhan luka, memperlambatkan proses penuaan, menjaga keremajaan kulit, dan mencerahkan kulit.

5. Vitamin C sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh kita

6. Vitamin C juga berguna untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati, serta membantu memperkuat sistem kekebalan kita agar tubuh terlindungi dari berbagai penyakit.

7. Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko hipertensi dan masalah kesehatan serius lainnya yang masih berkaitan dengan tekanan darah tinggi.

8. Konsumsi vitamin C juga bermanfaat untuk memastikan pembuluh darah tetap sehat dan membantu melindungi tubuh dari beberapa penyakit seperti aterosklerosis, kolesterol, jantung dan nyeri dada.

9. Vitamin C bermanfaat juga untuk menurunkan tingkat keracunan timbal dalam darah secara drastis. Keracunan timbal dapat menyebabkan kemampuan belajar, menurunkan IQ, dan terhambatnya pertumbuhan pada anak-anak. Pada orang dewasa mungkin bisa menderita kerusakan ginjal, dan tekanan darah tinggi.

10. Vitamin C bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan menjaga berat badan agar tetap sehat.

11. Vitamin C berfungsi juga untuk membantu mengatasi stress dengan mengurangi kadar hormon stress atau kortisol.

12. Antioksidan yang ada pada vitamin C bermanfaat untuk melindungi sel dari kerusakan dan mutasi DNA sehingga melindungi kita dari kanker.

13. Vitamin C berfungsi juga untuk menyeimbangkan sistem dalam tubuh karena kondisi lingkungan yang tak terhitung jumlahnya. Hal tersebut akan membantu produksi dopomin dalam sistem saraf dan mendukung fungsi adrenal untuk meningkatkan energi metabolik.

14. Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dengan cara mencegah radikal bebas yang merusak dinding arteri sehingga menyebabkan pembentukan plak.

15. Manfaat selanjutnya dari vitamin C adalah membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Suplemen vitamin C bekerja menurukan glukosa dalam sel-sel tubuh dimana akan melindungi berbagai komplikasi diabetes.

16. Asupan Vitamin C cukup akan mengurangi produksi histamin yang berkontribusi terhadap peradangan. Sehingga akan mengurangi kambuhnya penyakit asma.

17. Vitamin C juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata seperti mencegah terjadinya beberapa penyakit seperti rabun, katarak, tumor dan penyakit lainnya.

18. Selain memang baik untuk penderita flu, konsumsi vitamin C juga bermanfaat untuk mengatasi komplikasi yang disebabkan oleh flu. Sehingga tidak heran para penderita flu dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi vitamin C.

19. Vitamin C bagi perawatan kecantikan, misalnya untuk wajah yaitu mencegah terjadinya keriput, menghilangkan flek hitam, menghilangkan bekas jerawat, mengatasi masalah jerawat, mencerahkan kulit wajah, melembabkan kulit wajah serta lainnya.

20. Vitamin C juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar tidak akan mengalami penyumbatan darah yang bisa menyebabkan penyakit stroke.

21. vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Radikal bebas dapat merusak pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebih lemah, rapuh dan menjadi tipis. Sifat antioksidan vitamin C membantu mengurangi pembentukan radikal bebas serta meminimalkan kerusakan pada pertumbuhan rambut.

22. Folikel rambut yang tersumbat akibat kulit terkelupas dan ketombe dapat menghambat pertumbuhan rambut. Sedangakan vitamin C memiliki manfaat untuk melawan bakteri yang ada didalam kulit kepala. Vitamin C akan membantu menyingkirkan folikel-folikel dan mendorong pertumbuhan rambut baru untuk tumbuh dengan cepat.

23. Vitamin C juga bermanfaat untuk mengembalikan kelenjar adrenal yang memiliki fungsi penting untuk menghentikan kerontokan rambut serta mendorong pertumbuhan rambut. Kelenjar adrenal memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan hormon yang tepat.

24. Vitamin C memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat pembuluh kapiler yang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut agar lebih kuat dan lebih tebal.

25. Vitamin C juga bermanfaat untuk mempertahankan warna alami rambut sehingga dapat mencegah uban dini pada rambut.

26.  Vitamin C memiliki banyak sekali manfaat yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.