Manfaat Utama Peppermint Oil untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Posted on

Manfaat Peppermint Oil untuk Kesehatan – Minyak peppermint adalah jenis minyak esensial yang didapatkan dari ekstrak daun mint. Seperti yang diketahui bahwa daun mint merupakan salah satu herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Maka sudah pasti ekstrak daun mint juga memiliki banyak kandungan manfaat untuk kesehatan.

Dalam peppermint mengandung menthol, menthone dan limonene. Manfaat minyak peppermint dikenal luas ampuh mengatasi masalah penyakit kulit dan masalah pernapasan. Peppermint oil dapat memberikan efek dingin dan memiliki efek menenangkan pada tubuh sehingga dapat membantu meredakan sakit otot ketika digunakan secara topikal.

Secara klinis, minyak peppermint memiliki manfaat anti-mual dan efek menenangkan pada lapisan lambung dan usus karena kemampuannya mengurangi kejang otot. Tak hanya itu, peppermint oil juga menjadi salah satu herbal pada masa Eropa Tua yang digunakan sebagai herbal untuk pengobatan, sedangkan catatan sejarah lainnya merujuk bhawa pappermint juga digunakan untuk pengobatan Cina dan Jepang Kuno.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat utama peppermin oil atau minyak daun mint untuk kesehatan.

Manfaat Utama Peppermint Oil

Pereda Nyeri Otot
Peppermint oil efektif untuk meredakan nyeri terkait dengan fibromyalgia dan myofascial pain syndrome, seperti membantu meringankan sakit punggung, sakit otot, dan sakit kepala akibat ketegangan.

Merawat Sinus
Menghirup peppermint oil dapat berfungsi untuk membantu melegakan sinus dan mengatasi tenggorokan gatal. Hal ini minyak peppermint bertindak sebagai ekspektoran untuk membantu meredakan flu, batuk, sinus, asma dan bronkitis.

Media Terapi Sendi
Minyak peppermint juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi persendian pegal. Caranya dengan oleskan peppermint oil yang sebelumnya dicampurkan dengan lavender oil. Cara ini dapat mendinginkan otot dan membantu anda tetap hangat dan kering.

Mengurangi Nafsu Makan
Dengan meghirup peppermint oil juga dapat berguna untuk mengurangi nafsu makan dan mencegah keinginan untuk ngemil. Hal ini bermanfaat baik untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Cara lain yang dapat digunakan bagi anda yang tidak memiliki diffuser, cobalah mengoleskan beberapa tetes di pelipis atau dada, atau mengambil beberapa hirupan mendalam dari botol.

Meningkatkan Vitalitas
Menghirup peppermint oil juga dapat membantu mneingkatkan vitalitas tubuh selama seharian. Hal ini baik untuk anda yang sering mengalami kelelahan kronis. Selain itu minyak peppermint juga efektif untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Menyehatkan Rambut
Menambahkan 2-3 tetes peppermint oil pada shampo dan kondisioner bermanfaat baik untuk merangsang kulit kepala dan memberi energi pada pikiran. Minyak peppermint memiliki antiseptik yang kuat sehingga juga efektif untuk menghilangkan ketombe dan kutu rambut.

Mengatasi Demam
Peppermint memiliki efek yang mendinginkan sehingga cocok untuk digunakan sebagai pengobatan alami untuk membantu menurunkan demam terutama pada anak. Caranya dengan campur peppermint oil dengan minyak kelapa lalu oleskan pada leher dan bagian bawah kaki untuk menurunkan demam.

Menjaga Kesehatan Kulit
Peppermint memiliki efek yang dapat membantu menenangkan peradangan kulit. Mengoleskan minyak peppremint dengan minyak lavender dapau membantu meringankan eksim dan psoriasis. Sedangkan mencampurkan minyak peppermint kedalam lip balm dan body lotion dapat membuat sensasi pendinginan yang kuat.

Mengatasi Jerawat
Sebuah penelitian medis menyebutkan, salah satu manfaat dari peppermint oil yaitu untuk perawatan wajah karena memiliki sifat anti mikroba, hal ini bermanfaat baik untuk membantu menyembuhkan jerawat secara alami.

Mengatasi Sakit Kepala
Manfaat selanjutnya dari peppermint oil yaitu untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah, menyembuhkan masalah usus dan mengendurkan otot tegang. Cara mengatasi masalah ketegangan otot kepala, anda dapat mengoleskan minyak peppermint oil pada dahi dan pelipis serta beri pijatan lembut hingga sakit kepala mulai memudar.

Meringankan Alergi
Peppermint oil efektif untuk membantu relaksasi otot-otot bagian hidung dan membantu membersihkan kotoran serta serbuk sari selama musim alergi. Dengan mendisfusikan peppermint dengan clove oil dan ecalyptus oil dapat membantu mengurangi gejala alergi.

Mencegah ADHD
ADHD adalah semacam gangguan konsentrasi yang merupakan kelainan mental yang dapat membuat penderitanya menjadi sangat implulsif atau hiperaktif. Memercikan beberapa tetes peppermint oil pada baju anak atau meneteskan pepermint oil di bawah hidung dapat membantu meningkatkan konsentrasi serta kewaspadaan anak. Hal ini untuk mencegah ADHD sejak dini.

Mengatasi Gatal
Peppermint oil memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk membantu mengatasi ruam serta gatal di kulit. Cara mengatasi gatal dan ruam dengan peppermint oil yaitu dengan campurkan peppermint oil dengan minyak lavender lalu oleskan pada bagian yang gatal untuk meredakan dan menyembuhkan rasa gatal.

Minyak esensial memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.  Itulah pembahasan singkat tentang Manfaat Utama Peppermint Oil untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..