Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Wajah dan Cara Memakainya EFEKTIF CANTIK

Posted on

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Wajah – Manfaat tomat untuk kecantikan wajah menjadi salah satu manfaat yang sudah diketahui banyak orang. Kandungan nutrisi didalamnya membuat tomat dapat dijadikan sebagai cara alami yang bermanfaat bagi kecantikan. Tomat sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan makanan untuk diet, hal ini karena adanya kandungan vitamin A, C dan E didalamnya. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, garam, dan mineral-mineral yang menyehatkan lainnya.

Sedangkan untuk masalah kecantikan, tomat memiliki kandungan likopen yang termasuk senyawa antioksidan dan bertindak sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas. Seperti yang kita ketahui radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini, bintik-bintik hitam hingga kanker kulit serta degenerasi makula yang terkait pada usia.

Berkat senyawa likopen itulah yang membuat tomat bermanfaat besar bagi kecantikan kulit dan wajah. Likopen sebagai antioksidan yang kuat dapat membantu tubuh terlindungi dari berbagai gangguan seperti efek negatif dari paparan sinar matahari. Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan dari tomat untuk kecantikan wajah.

Manfaat Tomat untuk Wajah

Mengecilkan Pori-Pori
Manfaat tomat untuk kecantikan yang pertama adalah untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah. Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan tomat adalah dengan campurkan 2 sendok jus tomat dengan 2-4 tetes jeruk nipis segar lalu aduk dan aplikasikan pada wajah sebagai masker. Diamkan ramuan ini selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk lembut.

Membuat Kulit Putih Bercahaya
Tomat juga bermanfaat untuk membuat kulit wajah menjadi putih bercahaya. Caranya yaitu dengan melumatkan tomat dan gunakan sebagai masker wajah. Cara ini bermanfaat bagi pria dan wanita. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin dan nutrisi dalam tomat, seperti kandungan antioksidan dalam tomat yang bermanfaat untuk meningkatkan kolagen kulit dan mencegah kulit kendur.

Mengatasi Jerawat
Jerawat adalah masalah yang sering sekali muncul diwajah dan membuat pemiliknya menjadi geram. Salah satu cara alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan tomat. Anda dapat menggunakan sebagai masker wajah atau dengan menempelkan irisan tomat pada bagian wajah yang berjerawat dengan melakukan penekanan pada tomat agar cairan didalamnya keluar dan meresap dalam kulit wajah anda. Lakukan hingga kering lalu bilas dengan air hangat.

Menghaluskan Kulit
Mengkonsumsi tomat secara langsung juga bermanfaat baik untuk menghaluskan kulit wajah. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda juga dapat menggunakan tomat dan putih telur sebagai masker wajah. Caranya dengan campurkan tomat yang telah di haluskan dengan satu sendok putih telur lalu aplikasikan sebagai masker wajah, diamkan hingga mengering dan bilas dengan air dingin.

Mencegah Penuaan Dini
Likopen dalam tomat juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu tomat juga bermanfaat untuk mempercepat proses regenerasi kulit sehingga kulit menjadi tampak lebih muda. Selain dengan dikonsumsi secara langsung, anda juga dapat menggunakan tomat sebagai masker wajah.

Menghilangkan Komedo
Komedo menjadi salah satu masalah yang banyak muncul dan menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan tomat sebagai masker wajah untuk menghilangkan komedo.

Mencegah Radikal Bebas
Tomat memiliki kandungan antioksidan berupa flavonoid dan zea-xanthin yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan sel-sel kulit rysan dan membuat kulit menjadi cepat tua.

Melindungi kulit dari sinar UV
Seperti yang kita ketahui sinar UV sangat berbahaya bagi kulit seperti merusak kolagen kulit wajah yang menyebabkan kulit wajah keriput. Untuk melindungi kulit dari UV anda dapat mengkonsumsi tomat secara rutin atau dengan tomat sebagai masker wajah.

Mengatasi Kulit Berminyak
Selain jerawat, masalah yang sering terjadi pada wajah adalah produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan wajah menjadi kusam. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat menggunakan masker tomat untuk mengatasi minyak berminyak.

Mencegah Kerusakan Sel Kulit
Selain untuk kulit bagian luar, mengkonsumsi tomat segar secara langsung juga dapat mencegah kerusakan sel kulit dari dalam.

Mengatasi Kulit Kering
Masalah selanjutnya yang sering muncul diwajah adalah masalah kulit kering sehingga menyebabkan timbulnya flek-flek hitam. Untuk mengatasi masalah kulit kering anda dapat menggunakan tomat sebagai masker wajah atau dengan di konsumsi langsung.

Menyegarkan Mata
Kondisi mata yang segar dapat menunjang penampilan anda. Untuk membuat mata menjadi lebih segar anda dapat menggunakan tomat. Caranya adalah dengan menempelkan irisan tomat lalu tempelkan pada kedua mata dengan diberi pijatan ringan. Tomat berfungsi menyegarkan dan membantu menghilangkan lingkar hitam di mata.

Menghilangkan Kantung Mata
Kantung mata akan sangat mempengaruhi penampilan anda karena akan membuat anda seperti kurang tidur dan menjadi lesu. Cara menghilangkan kantung mata secara alami anda dapat menggunakan tomat. Caranya adalah dengan iris tomat lalu tempelkan pada mata dan beri pijatan ringan.

Tomat Sebagai Masker Wajah
Manfaat tomat bagi kecantikan juga bisa didapatkan dengan menggosokkan tomat pada kulit wajah secara langsung. Caranya yaitu dengan membelah tomat lalu gosokkan pada wajah secara langung dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Air dingin berfungsi untuk mencegah penyebaran bakteri pada kulit wajah.

Tomat Sebagai Masker Pendingin Wajah
Tomat juga bermanfaat sebagai masker dingin untuk wajah. Caranya yaitu dengan hancurkan irisan tomat dengan garpu lalu tambahkan yogurt dan aduk merata. Setelah itu oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

Yogurt digunakan untuk menghindari bahan adiktif dan abahn kimia yang terserap dalam pori-pori. Selain itu, masker ini juga brmanfaat untuk menghilangkan produksi minyak berlebih diwajah, mengurangi efek negatif paparan sinar matahari, serta mengurangi bekas jerawat.

Tomat Sebagai Masker Pembersih Wajah
Untuk digunakan sebagai pembersih, anda perlu mencampurkan tomat dengan buah alpukat lalu lumatkan hingga menjadi bubur. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan hingga 420-30 menit. Bisa juga diamkan selama 45-60 menit agar pori-pori menjadi lebih bersih. Lalu bilas dengan air dingin, anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dengan melakukan perawatan secara rutin.

Dalam hal ini tomat bertindak sebagai penghilang minyak dan alpukat bertindak sebagai antiseptik serta menghidrasi kulit. Pori-pori yang kotor dan berminyak adalah salah satu penyebab munculnya jerawat pada wajah.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Wajah dan Cara Memakainya  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.