Manfaat Telur Setengah Matang untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

Posted on

Manfaat Telur Setengah Matang untuk Kesehatan  – Telur memiliki banyak kandungan nutrisi esensial seperti riboflavin, proten dan selenium yang dibutuhkan oleh tubuh terutama pada anak-anak yang penting untuk menunjang masa pertumbuhannya. Seringnya telur dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Telur dapat diolah dengan berbagai macam dan cara, namun lebih sering diolah dengan cara dimasak setengah matang.

Telur yang dimasak secara matang atau setengah matang, sama-sama memiliki rasa enak dan kandungan nutrisi tinggi. Meskipun demikian ada sebagian orang yang ragu untuk mengkonsumsi telur setengah matang karena mereka menganggap jika mengkonsumsi telur setengah matang dapat meningkatkan kolesterol LDL dalam darah. Namun tahukah anda jika anggapan tersebut adalah salah, faktanya mengkonsumsi telur secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Telur setengah matang memiliki kandungan gizi tinggi yang baik untuk tubuh. Berikut ini kandungan nutrisi pada telur setengah matang yang perlu anda ketahui.

Kandungan nutrisi pada 1 butir telur setengah matang, antara lain:

Total Lemak 4.65 g,7%
Lemak Jenuh 1.432 g,7%
Kolesterol 186 mg,62%
Sodium 122 mg,5%
Potassium 55 mg,-
Total Karbohidrat 0.49 g,0%
Serat 0 g,0%
Gula 0.49g,-
Protein 5.51g,-

Manfaat Telur Setengah Matang

Selain memiliki rasa yang enak, mengkonsumsi telur setengah matang juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsums telur setengah matang, antara lain:

1. Sebagai menu sarapan sehat
Mengkonsumsi telur setengah matang dua kali sehari dapat membantu mengecilkan lingkar pinggang. Kandungan protein hewani pada telur setengah matang tidak meningkatkan resiko penyakit jantung.

2. Sebagai kaya sumber nutrisi
Memasak telur setengah matang tidak akan merusak kandungan nutrisi pada bagian kuning telurnya. Hal tersebut membuat kandungan nutrisi pada telur setengah matang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

3. Menjaga sistem imun tetap stabil
Mengkonsumsi telur setengah matang bermanfaat untuk menjaga kestabilan sistem imum dalam tubuh. Hal ini terkait dengan adanyan kandungan asam amino pada telur setengah matang. Asam amino mengandung banyak komponen yang bermanfaat untuk kesehatan sehingga akan membantu tubuh mencegah berbagai serangan penyakit.

4. Menurunkan berat badan
Telur memiliki kandungan asam amino yang ketika didalam tubuh akan di ubah menjadi energi. Karena itulah banyak orang mengkonsumsi telur setengah matang pada saat sarapan pagi untuk membantu mendukung aktivitas sehari-hari. Selain sebagai sumber energi, asam amino juga dapat membantu kenyang lebih lama sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Mencegah Anemia
Anemia adalah penyakit yang diakibatkan karena tubuh kekurangan darah dan kekurangan vitamin B12. Terlur setengah matang memiliki kandungan nutrisi yang mudah dicerna oleh tubuh dan membantu mencegah terjadinya anemia.

6. Mencegah Penuaan
Telur setengah matang memiliki kandungan carotenoid, lutein, serta zeaxanthin yang dapat membantu melindungi organ penglihatan dari proses penuaan. Selain itu dengan rutin mengkonsumsi telur setengah matang juga dapat membantu tubuh dari kerusakan sel dan jaringan akibat penuaan.

7. Melancarkan metabolisme tubuh
Telur setengah matang memiliki kandungan senyawa asam amino yaitu nutrisi yang dangat mudah dicerna oleh tubuh, sehingga bermanfaat baik melancarkan metabolisme dalam tubuh.

8. Menguatkan memori
Mengkonsumsi 2 buah telur setengah matang dapat dijadikan sebagai sumber choline yang tinggi. Choline adalah unsur yang sangat baik untuk meningkatkan kapasitas memori dalam otak.

9. Menyehatkan mata
kandungan vitamin a pada telur setengah matang lebih banyak dibandingkan pada telur matang sempurna. Karena itulah dengan mengkonsumsi telur setengah matang lebih bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata.

10. Membantu pembentukan otot
Telur setengah matang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk membantu proses pembentukan otot. Jadi tidak heran jika para binaragawan sering mengkonsumsi telur setengah matang untuk membantu pembentukan otot.

11. Membantu perkembangan janin
Kandungan kolin pada telur ayam bermanfaat untuk menjaga kehamilan. Kolin juga mampu untuk mencegah cacat lahir dan membantu perkembangan otak janin.

12. Membantu perkembangan otak
Telur ayam memiliki vitamin B-kompleks serta kolin yang membantu perkembangan otak dan sistem saraf.

13. Menangkal Sklerosis
Pada kuning telur mengandung komponen lesitin yang efektif untuk menangkal sklerosis karena sifatnya dapat meredam kadar kolesterol. Meskipun telur mengandung 186mg kolesterol, namun jika dikonsumsi secara terbatas maka anda tidak perlu khawatir terkena dampak kolesterol tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut anda dapat mengolah telur setengah matang dengan beberapa tips berikut:

  • Untuk menghasilkan tingkat kematangan sedang, sebaiknya gunakan api kecil saat merebus telur.
  • Masukan telur pada saat air dalam keadaan mulai mendidih, yang bertujuan untuk memudahkan saat mengupas kulit telur dan akan membuat telur lebih cepat matang dari bagian luar (putih) ke dalam (kuning).
  • Rebus telur dalam air yang telah mendidih selama 30 detik saja, lalu kecilkan api. Setelah itu rebus telur setengah matang selama 5 menit.
  • Tekstur telur setengah matang yang ideal adalah bagian putihnya matang sempurna, sementara kuning telurnya setengah matang saja.

Dibanding menggorengnya menjadi telur ceplok atau omelet, merebus merupakan salah satu cara mengolah telur yang direkomendasikan.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Telur Setengah Matang untuk Kesehatan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.