16 Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Penting Diketahui

Posted on

Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan dan Kecantikan – Telur bebek memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Hal ini terbukti dari banyak ahli yang mengatakan jika telur bebek memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Kandungan nutrisi pada telur bebek lebih banyak dibandingkan dengan nutrisi pada jenis telur lainnya. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi pada telur bebek, antara lain:

Kandungan Nutrisi pada Telur Bebek

Dalam 100gram telur bebek mengandung :

  • Energi 185 kkal
    Protein 12,8 gram
    Lemak 13,8 gram
    Karbohidrat 1,5 gram
    Natrium 146 mg
    Kalsium 56 mg
    Fosfor 175 mg
    Zat besi 3 mg
    Vitamin A 1230 IU
    Vitamin b1 0,18 mg
    Vitamin C 0 mg

Kandungan nutrisi 100 gram telur bebek Versi DKBM P3G ’90

  • Energi 202 kkal
    Protein 12,4 gr
    Lemak 16,4 gr
    Karbohidrat 0 gr
    Kalsium 100 mg
    Zat besi 5,5 mg
    Vitamin A 233 IU
    Vitamin B1 0,3 mg

Kandungan nutrisi 100 gram telur bebek dadar

  • Energi 301 kkal
    Protein 20 gr
    Lemak 23,7 gr
    Karbohidrat 0 gr
    Kalsium 71 mg
    Fosfor 600 mg
    Zat besi 9,2 mg
    Vitamin A 404 IU
    Vitamin B1 0,35 mg
    Vitamin C 0 mg

Riset penelitian tersebut dapat menghasilkan hasil yang berbeda tergantung faktor yang mempengaruhi.

Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan mata
Telur bebek memiliki kandungan vitamin A tinggi yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata. Mata yang kekurangan asupan vitamin A menyebabkan mata menjadi keruh dan tidak bening. Pada satu butir telur bebek mengandung vitamin A sebesar 472 IU yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari.

2. Menangkal radikal bebas
Vitamin A pada telur bebek juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem imun serta memperkuat kesehatan tulang dan gigi. Selain vitamin A, telur bebek juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk memerangi radikal bebas dan meningaktakn sistem imun dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Manfaat vitamin A juga bermanfaat untuk membantu menjada kesehatan gigi dan tulang serta menghindari keropos.

4. Membantu metabolisme tubuh
Telur bebek memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat baik untuk membantu proses pencernaan dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Di dalam tubuh, vitamin E juga dijadikan sebagai antioksdian tinggi yang juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta menangkal virus dan mencegah infeksi virus yang menyerang tubuh.

5. Memproduksi hormon dalam tubuh
kandungan mineral selenium pada telur bebek bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu tubuh dalam menciptakan hormon bernama tiroid.

6. Meningkatkan vitalitas pada pria
Telur bebek tinggi kandungan protein yang juga berguna untuk meningkatkan vitalitas pria. Selain itu telur juga memiliki kandungan stamina dan menghasilkan energi yang lebih banyak.

7. Tinggi kandungan kalori
Kandungan kalori telur bebek lebih tinggi 50% dibandingkan dengan telur ayam. Satu porsi telur bebek mampu memberikan asupan kalori lebih tinggi sehingga tubuh memiliki bahan bakar lebih banyak. Tingginya asupan kalori pada telur bebek yang dikonsumsi oleh tubuh sebaiknya harus dibarengi dengan melakukan aktivitas yang sepadan agar kalori diolah secara maksimal.

8. Meningkatkan massa otot
Telur bebek tinggi kandungan asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot dalam tubuh yang dapat membuat otot menjadi lebih padat dan kencang.

9. Sehatkan organ reproduksi pria dan wanita
Selenium pada telur bebek bermanfaat untuk meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Sedangkan pada wanita, vitamin E dan B12 bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon dan menyehatkan ovum.

10. Mecerdasakan perkembangan otak
Telur bebek memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan otak, membantu meningkatkan daya ingat dan membentuk perkembangan memori pada anak san mencegah pikun.

Manfaat Telur Bebek untuk Kecantikan

Berikut ini manfaat telur bebek untuk kecantikan yang dimanfaatkan dengan digunakan sebagai masker.

  1. Mencerahkan kulit wajah
  2. Membantu mengatasi jerawat
  3. Membantu menghilangkan bekas jerawat
  4. Menjaga kesehatan mata
  5. Melembabkan dan merawat rambut
  6. Memberikan kelembaban pada kulit wajah

Catatan: Pilihlah telur bebek yang bagus dan segar. Telur bebek yang baik tidak memiliki retakan sama sekali pada cangkangnya dan tidak mengeluarkan suara saat digoyang.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.