24 Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya dengan Benar yang Penting Diketahui

Posted on

Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan – Ciplukan adalah jenis tanaman semak yang biasanya banyak tumbuh dengan sendirinya dipekarang maupun pada area perkebunan. Meskipun buahnya memiliki rasa manis dan kenyal namun karena tumbuh diarea semak-semak, tanaman ciplukan sering dianggap sebagai tanaman pengganggu atau gulma oleh sebagian banyak orang. Namun tahukah anda jika tanaman ciplukan ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Saat ini banyak orang yang mulai melirik tanaman ciplukan sebagai bahan alami yang dapat digunakan sebagai tanaman hebal yang ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan pada beberapa tempat tanaman ciplukan sudah banyak dijual dibeberapa toko obat herbal maupun supermarket dengan harga yang mencengangkan. Hal ini dikarenakan tanaman ciplukan hanya tumbuh pada semak-semak yang subur sehingga tidak dapat ditemukan di daerah perkotaan yang cenderung panas.

Dalam tanaman ciplukan ditemukan senyawa aktif seperti saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin, serta komposisi detail pada bagian tanaman seperti:

  • Herba : Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulatin A
  • Biji : 12-25% protein, 15-40% minyak lemak dengan komponen utama asam palmitat dan asam stearat.
  • Akar : alkaloidBuah : Tanin, fisalin, withangulatin A, kriptoxantin, gula, vitamin.
  • Daun : glikosida flavonoid (luteolin)
  • Tunas : flavonoid dan saponin

Ciplukan juga diamnfaatkan sebagai anti hiperglikemik, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunospresan, antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik. Juga digunakan sebagai obat peluruh air seni (diuretic), menetralkan racun, meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar kelenjar tubuh dan anti tumor.  Berikut ini beberapa manfaat buah ciplukan untuk kesehatan, antara lain :

Manfaat Buah Ciplukan

  1. Mengatasi nyeri sendi
    Daun ciplukan dapat anda manfaatkan untuk membantu mengatasi nyeri sendi. Caranya dengan menumbuk halus daun ciplukan dengan campuran sedikit kapur sirih, lalu tempelkan pada bagian yang terasa nyeri atau reumatik. Tempelkan hingga mengering dan nyeri akan berangsur pulih.
  2. Mengobati Epilipsi
    Epilipsi atau penyakit ayan adalah kondisi hilang kesadaran yang diikuti dengan kejang-kejang dan keluar buih dari mulut. Untuk pengobatan ini bagian tanaman ciplukan yang dimanfaatkan adalah bagian daun dan buahnya. Caranya dengan rebus sekitar 10 lembar daun dan 10 buah ciplukan dan konsumsi secara rutin ramuan herbal ini. Namun anda juga tetap melakukan konsultasi ke dokter tentang epilipsi yang diderita. Ramuan ciplukan digunakan sebagai obat pendamping yang juga turut serta menyembuhkan.
  3. Mengatasi Sariawan
    Manfaat buah ciplukan mengobati sariawan berkat adanya kandungan vitamin C didalamnya. Jumlah vitamin C yang tinggi tidak meragukan kalau buah semak ini mampu mengobati masalah kesehatan anda. Untuk itu konsumsi buah ciplukan ketika anda mengalami sariawan.
  4. Menurunkan tekanan darah
    Untuk membantu menurunkan tekanan darah, bagian yang digunakan adalah buahnya. Caranya dengan rebus 5 buah ciplukan dengan 100 ml air dan diamkan sejenak hingga hangat. Minum rebusan ini dua kali sehari untuk menyembuhkan.
  5. Mengobati Bisul
    Bagian yang digunakan untuk mengobati bisul adalah buahnya. Caranya dengan tumbuk halus buah ciplukan lalu balurkan pada bagian kulit yang bengkak akibat bisul. Lakukan cara ini hingga bisul mengempis.
  6. Mengatasi Vertigo
    Untuk menyembuhkan penyakit vertigo, semua bagian tanaman ciplukan seperti buah, daun, batang dan akarnya digunakan untuk membuat ramuan. Caranya dengan rebus tanaman ciplukan hingga mendiidh dan minum ramuan 3 kali sehari dengan teratur.
  7. Meningkatkan stamina
    Kandungan gula dalma buah ciplukan bermanfaat untuk memberikan cadangan energi tubuh. Konsumsi buah ciplukan setiap hari untuk mendapatkan stamina tubuh yang lebih baik.
  8. Peluruh air seni
    Air seni yang tidak lancar dapat menyebabkan resiko batu gintal. Untuk melancarkan air seni, anda dapat membuat ramuan yang terbuat dari buah ciplukan yaitu dengan merebus 10 buah ciplukan dalam segelas air hingga mendidih dan tersisa setengahnya saja lalu minum hangat-hangat.
  9. Mengobati Batuk
    Untuk mengobati batuk cukup merebus 5 butir ciplukan dengan segelas air hingga mendidih, hangatkan dan campurkan dengan sedikit perasan jeruk nipis. Selain meredakan batuk, minuman herbal ini juga baik mengatasi masalah tenggorokan.
  10. Mengobati Flu
    Ciplukan mengandung tinggi vitamin C yang bisa mengatasi virus ini. Rebuslah beberapa helai daun ciplukan dan minum rutin setiap hari selama flu.
  11. Mempercepat penyembuhan luka
    Daun ciplukan memiliki kandungan klorofil yang tinggi pada daunnya bisa mengobati luka dengan cepat. Tumbuk beberapa daun ciplukan dan oleskan pada bagian yang luka.
  12. Meredakan kelenjar getah bening
    Manfaat selanjutnya tanaman ciplukan adalah meredakan pembengkakan yang terajadi akibat kelenjar getah bening. Caranya dengan rebus satu genggam daun ciplukan dengan 2 gelas air hingga mendidih dan menyusut setengahnya, dan minum secara rutin.
  13. Mengobati penyakit jantung
    Panyakit jantung juga dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan dari daun ciplukan. Caranya dengan tumbuk halus 50 helai daun ciplukan hingga mengeluarkan sarinya, lalu saring air sarinya dan minum ramuannya. Jangan tambahkan air karena yang diminum hanyalah asli sari dari tumbukan daun ciplukannya saja.
  14. Mengobati Kanker Payudara
    Manfaat selanjutnya dari tanaman ciplukan adalah untuk mengobati penyakit kanker. Cara untuk mengobatinya adalah dengan menggunakan 4 pucuk iplukan, 4 biji beras, dan tunas kunyit. Ketika bahan ini ditumbuk hingga halus. Selanjutnya, anda melumuri payudara anda dengan ramuan ini. Insya Allah segera diberi kesembuhan.
  15. Mencegah Diabetes
    Tanaman ciplukan memiliki kandungan senyawa yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah. Cara perawatannya dengan rebus daun dan akar ciplukan dengan 3 gelas air hingga menyusut menjadi 1 gelas, saring dan minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.
  16. Menjaga kesehatan mulut
    Buah ciplukan memiliki kandungan vitamin C yang berperan sebagai zat antiinflamasi sehingga dapat mencegah dan mengobati radang tenggorokan, sariawan, gusi berdarah, dan beberapa masalah kesehatan terkait mulut lainnya.
  17. Mengobati Kurap/Panu
    Kurap dan panu sangat membuat orang menjadi kehilangan kepercayaan diri, untuk mengatasinya anda dapat menggunakan daun ciplukan yang ditumbuk halus dan oleskan pada bagian yang terkena kurap dan panu.
  18. Meredakan penyakit paru-paru basah
    Manfaat selanjutnya dari tanaman ciplukan adalah untuk membantu meringakan penyakit paru-paru basah. Caranya dengan mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan secara teratur setiap hari.
  19. Mentralkan racun dalam tubuh
    Manfaat selanjutnya dari bauh ciplukan adalah ampuh membantu proses penetralan racun yang ada didalam tubuh.
  20. Mengatasi demam anak
    Untuk mengatasi demam anak anda tidak usah bingung, dengan mengkonsumsi buah ciplukan dapat membantu menurunkan panas dan demam pada anak.
  21. Menghilangkan kulit kuning bayi
    Biasanya bayi yang baru lahir kulitnya memiliki warna yang kuning kekuningan. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan ciplukan di jemur hingga kering, kemudian digunakan untuk mandi pada bayi yang baru lahir.
  22. Menyadarkan orang pingsan
    Manfaat selanjutnya dari ciplukan adalah untuk menyadarkan orang pinsan. Caranya dengan bakar akar ciplukan, ambil abu dan campur dengan kapur sirih. Setelah itu campurkan dengan sedikit minyak kelapa, dan oleskan pada kepala orang yang sedang pingsan.
  23. Meningkatkan kecerdasan anak
    Konsumsi jus buah ciplukan dengan perasan jeruk nipis dan gula bermanfaat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak.
  24. Cemilan sehat
    Kandungan nutrisi yang ada dalam buah ciplukan dapat anda manfaatkan sebagai cemilan sehat yang dapat dengan rutin anda konsumsi.

Sebagai tips untuk anda, dengan banyaknya manfaat yang ada dalam buah ciplukan sebaiknya anda menaman buah ciplukan disekitar lingkungan anda. Serta hindari mengkonsumsi ramuan tanaman ciplukan atau buah ciplukan bersamaan dengan mengkonsumsi kopi, karena dapat menimbulkan keracunan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya dengan Benar yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..