17 Manfaat Tanaman Brotowali Untuk Kesehatan dan Kecantikan Beserta Efek Samping Penggunaannya

Posted on

Manfaat Tanaman Brotowali Untuk Kesehatan dan Kecantikan Beserta Efek Samping Penggunaannya – Bratawali, brotowali, andawali atau akar aliali (Tinospora crispa) adalah tanaman obat tradisional Indonesia yang biasa ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di hutan. Rebusan batangnya yang terasa sangat pahit biasa dijadikan obat rematik, mengurangi gula darah, menurunkan panas, dan membantu mengurangi gejala kencing manis.

Tanaman brotowali kaya kandungan kimia antara lain alkaloid (berberina dan kolumbina yang terkandung di akar dan batang, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, hars, berberin, palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin).

Brotowali memiliki beberapa sifat diantaranya:

  • Analgesik, yaitu sebagai penghilang rasa sakit
  • Alkaloid dan flavonoid, yaitu sebagai antiinfertilitas alami
  • Antipiretik, yaitu sebagai penurun panas
  • Antineoplastik, yaitu sebagai pencegah kanker dan tumor
  • Antidiabetik, yaitu dapat membantu mengontrol gula darah
  • Antioksidan, yaitu perlindungan dari radikal bebas
  • Imunologi, yaitu untuk menstimulasi sistem imune
  • Antidepresan, yaitu menghambat aktivitas monoamine oxidase
  • Antiporotik, yaitu kepadatan tulang
  • Anti alergi, yaitu mengurangi akibat alergi

Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Sebagai penambah nafsu makan
Brotowali dapat digunakan sebagai obat penambah nafsu makan, caranya yaitu dengan meminum air rebusan daun brotowali dengan menambahkan madu ke dalam rebusan, untuk mengurangi rasa pahit.

2. Untuk membantu penyembuhan luka
Brotowali mengandung alkaloid barberin dan columbina yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri pada luka. Cara menggunakan brotowali untuk menyembuhkan luka yaitu dengan menumbuk beberapa lembar daun brotowali lalu ditempelkan pada luka. Selain itu bisa juga mencuci luka dengan air rebusan batang brotowali.

3. Untuk menyembuhkan penyakit kulit
Penyakit kulit seperti kudis (scabies) merupakan jenis penyakit kulit yang menular, baik secara langsung maupun melalui perantara lain dan tentunya sangat mengganggu penampilan. Cara mengobati penyakit kulit denagn brotowali yaitu

Tumbuk beberapa lembar daun brotowali kemudian campur belerang dan minyak kelapa ke dalam tumbukan. Lalu oleskan pada daerah yang terkena scabies. Lakukan hal ini secara teratur.

4. Untuk mengobati diabetes
Tanaman brotowali bersifat antidiabetik, yaitu bisa membantu mengontrol gula darah. Cara mengobati diabetes dengan brotowali yaitu rutin mengkonsumsi ramuan rebusan batang brotowali, daun sambiloto, serta daun kumis kucing sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Untuk menurunkan demam
Kandungan antipiretik dan analgesik yang terdapat pada brotowali mampu membantu untuk menurunkan demam. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi hasil rebusan batang brotowali yang telah dicampur dengan madu.

6. Untuk menyembuhkan sakit kuning (hepatitis)
Brotowali ini bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit kuning atau hepatitis ini, caranya yaitu dengan rutin mengkonsumsi ¾ gelas hasil rebusan batang brotowali yang telah ditambahkan dengan madu. Lakukanlah hal ini sebanyak dua kali sehari.

7. Untuk penyembuhan rematik
Cara alami untuk mengobati rematik ini bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi ½ gelas hasil rebusan batang brotowali segar sebanyak 2 kali dalam sehari. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Untuk mengobati gatal-gatal
Untuk mengatasi gatal-gatal dengan brotowali yaitu berendam dalam air hangat, hasil rebusan daun brotowali yang dicampur dengan belerang. Lakukan selama kurang lebih 20 menit.

9. Untuk menyembuhkan malaria
Cara mengobati penyakit malaria dengan brotowali dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi ramuan hasil rebusan daun brotowali yang dicampur dengan madu sebanyak 3 kali sehari.

10. Untuk mencerahkan kulit wajah
Mencuci muka dengan air rebusan batang brotowali terbukti memberikan efek positif pada kulit wajah yaitu dapat menghilangkan noda-noda yang menempel di wajah serta dapat menghilangkan warna kusam di wajah.

11. Untuk merangsang kerja urat saraf
Kandungan zat pikroretin yang memberikan sensasi rasa pahit pada tanaman brotowali berfungsi untuk merangsang kerja urat saraf pada saluran pernafasan. Hal ini dapat menurunkan suhu tubuh yang panas.

12. Untuk mengobati diare
Untuk mengatasi gangguan diare, mengkonsumsi air rebusan brotowali secara rutin dipercaya dapat membantu. Hal ini karena brotowali memiliki efek menghentikan pertumbuhan salmonella typhi yaitu bakteri penyebab diare.

13. Sebagai anti tumor
Berdasarkan penelitian pada seekor tikus mmenggunakan ekstrak brotowali, menunjukkan bahwa brotowali memiliki sifat sitotoksik terhadap kanker serviks yang hampir sama dengan obat yang digunakan untuk mengatasi tumor. Sementara, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa ekstrak brotowali dapat mengobati kanker hati.

14. Memberi efek menenangkan
Dalam penelitian yang dilakukan pada seekor tikus yang diberi ekstrak brotowali menunjukkan bahwa ramuan ekstrak brotowali dapat memberikan efek menenangkan pada hewan tersebut. Hal tersebut seiring dengan digunakannya ektrak brotowali sebagai obat penyakit jiwa di negara Filiphina.

15. Untuk mengobati sakit punggung dan pinggang
Di Bali, tanaman brotowali dimanfaatkan sebagai obat gosok yang dipercaya mampu mengobati sakit punggung maupun sakit pinggang. Caranya yaitu dengan mengoleskan hasil tumbukan brotowali pada pinggang atau punggung yang terasa sakit.

Manfaat lain

16. Untuk membersihkan luka pada bagian luar.
17. Sebagai obat pencahar untuk melancarkan buang air besar.

Efek Samping Brotowali

Selain memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan, pemakaian brotowali memiliki beberapa efek samping diantaranya yaitu:

Penggunaan yang berlebihan dapat meningkatkan cairan empedu yang berakibat pada menurunnya nafsu makan; dapat terganggunya kadar gula dalam darah; dan dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif. Hal ini bisa menyebabkan penyakit autoimmune.

Penggunaan brotowali pada wanita hamil dapat mengganggu kehamilan dan menghentikan pertumbuhan janin.

Demikianlah pembahasan tentang 17 Manfaat Tanaman Brotowali Untuk Kesehatan dan Kecantikan Beserta Efek Samping Penggunaannya yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..