22 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Susu Kedelai –¬†Susu kedelai cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu minuman yang bermanfaat untuk kesehatan. Susu kedelai juga sering dikonsumsi oleh mereka yang alergi terhadap susu sapi. Susu kedelai merupakan susu yang terbuat dari sari kedelai yang telah digiling dan direbus dengan menambahkan gula sebagai pemanis. Susu kedelai memiliki rasa yang enak yang banyak disukai, selain itu susu kedelai juga memiliki kandungan manfaat yang penting untuk tubuh.

Kandungan susu kedelai berasal dari kandungan nutrisi pada kedelai seperti karbohidrat, protein, kaslium, zat besi, riboflavon, vitamin B12, serat (fiber), vitamin E dan K, asam lemak essensialnya serta kandungan lisin yang terdapat didalamnya.

Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral pada susu kedelai baik untuk tubuh, dan bermanfaat untuk kesehatan seperti:

Manfaat Susu Kedelai

1. Protein
Susu kedelai memiliki kandungan protein lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedelai memiliki kandungan sembilan asam amino esensial. Asam amino dalm tubuh akan diubah menjadi protein baru termasuk antibodi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, protein struktural yang memegang peranan pada jaringan, dan enzim yang membantu sel-sel menghasilkan energi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Mereka yang memiliki masalah kesehatan jantung, direkomendasikan untuk melakukan diet rendah lemak dan sodium serta tinggi protein yang baik untuk mencegah masalah kardiovaskular. Susu kedelai dapat dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein harian tubuh, dalam satu cangkir susu kedelai mengandung 3.6 gram lemak, 6.3 gram protein, 104 kalori dan hanya 0,5 gram lemak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain rendah kalori, lemak, dan tinggi protein, rasio lemak jenuh dan tak jenuh susu kedelai dapat memantu tekanan darah tinggi dan kolesterol.

3. Menjaga Tekanan Darah
Kandungan asamm lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang pada susu kedelai menjadi salah satu komponen yang membantu tubuh dalam mengatur keseimbangan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi juga dapat diminimalisir dengan adanya kandungan magnesium pada susu kedelai.

4. Menurunkan Kolesterol
Kandungan antioksidan dalam isoflaon pada kedelai mampu menaikkan kadar HDL dalah darah yang baik untuk kesehatan jantung, sedangkan kandungan lesitin pada kedelai dipercaya dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

5. Mengurangi Resiko Diabetes
Dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai mengandung dua zat yang memiliki kontribusi pada perkembangan diabetes tipe 2 yaitu magnesium dan vitamin D. Seseorang yang dalam tubuhnya kekurangan magnesium dan vitamin D dalam tubuhnya memiliki resiko lebih besar terkena diabetes tipe 2. Dalam satu cangkir susu kedelai mengandung 8,6% magnesium dan 18% vitamin D.

6. Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit yang disebabkan karena bertambahnya usia serta pengeroposan tulang dalam tubuh. Fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis.

7. Menjaga Kekebalan Tubuh
Susu kedelai memiliki kandungan zinc yang berperan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

8. Mengurangi Kadar Lemak Darah
Susu kedelai juga memiliki kandungan asam lemak, seperti omega 3 yang dapat membantu mengurangi kadar lemak darah sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung atau serangan jantung.

9. Mengurangi Gejala PMS
Susu kedelai memiliki kandungan magnesium dan kalsium yang dapat membantu mengatasi gejala pra menstruasi pada wanita setiap bulannya.

10. Pengganti Susu Sapi
Ada beberapa orang bahkan balita yang alergi terhadap susu sapi, padahal kandungan nutrisi dalam susu sapi penting untuk pertumbuhan dan kesehatan. Solusi agar tubuh tetap tercukupi asupan protein dapat mengganti susu sapi dengan mengkonsumsi susu kedelai karena susu kedelai tinggi akan protein nabati.

11. Baik untuk Penderita Autisme
Para penderita autisme direkomendasikan untuk menghindari asupan protein hewani, dan glutein, sebab akan sulit dicerna dan menyebabka gangguan fungsi otak dan membuat penderita autisme menjadi hiperaktif. Mengkonsumsi susu kedelai dapat dijadikan solusi agar tubuh tetap memperoleh asupan vitamin, dan juga mineral tanpa perlu mengalami efek samping.

12. Mencegah Masalah Kardiovaskular
Pada susu memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk mencegah penyakit stroke dan penyakit jantung koroner. Vitamin E mencegah terjadinya plak dipembuluh darah arteri menjadi penyebab sumbatan pada pembuluh darah. Sedangkan kandungan asam folat dan vitamin B6 berperan untuk mencegah penyakit jantung.

13. Mencegah kanker
Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin yang banyak mengandung mineral, protein dan vitamin dapat mencegah penyakit kanker. Selain itu kandungan selenium berperan sebagai antioksidan yang juga ampuh untuk menangkal radikal bebeas yang dapat memicu kanker.

14. Menjaga Kesehatan Mental
Dalam satu cangkir susu kedelai mengandung 5.8% vitamin B6 yang baik untuk produksi serotonin neurokimia sehingga bisa memperbaiki mood seseorang. Sementara magnesium akan meningkatkan serotonin yang serupa dengan obat antidepresan.

15. Mengatasi Migrain
Migrain lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria, penyebab migrain yang paling utama adalah siklus hormonal wanita. Mengkonsumsi susu kedelai secara teratur dapat mencegah dan menghilangkan migrain secara alami.

16. Mencegah Kanker Prostat
Senyawa phytoestrogen yang ada pada sari kedelai akan menghambat produksi dari hormon testoteron sehingga resiko kanker prostat bisa jauh lebih berkurang.

17. Baik untuk Ibu Hamil
Kandungan nutrisi pada susu kedelai seperti vitamin, asam folat, omega 3, protein, kalsium dan berbagai mineral didalamnya bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Susu kedelai juga bermanfaat untuk mengurangi rasa mual ibu hamil dan sekaligus meningkatkan pertumbuhan janin semakin optimal.

18. Membantu Program Diet
Secangkir susu kedelai mengandung 8gr protein, 4,5gr lemak, dan 12 gr karbohidrat. Kandungan ini serupa dengan kandungan yang mirip dengan kandungan susu sapi, namun memiliki kadar kalori rendah yang baik untuk menu diet anda.

19. Mencegah Penuaan Dini
Susu kedelai memiliki kandungan vitamin E, vitamin B, vitamin C, Beta-Karoten, Chromium, Selenium, Kalsium, Tembaga, Magnesium, dan juga Isoflavon yang sangat baik untuk tetap terlihat lebih awet muda.

20. Menghilangkan Flek HItam di Wajah
Bintik hitam pada wajah sering muncul akibat penuaan dini, kutang menjaga kebersihan wajah, atau terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Anda dapat mengkonsumsi susu kedelai secara rutin untuk membantu menghilangkan bintik hitam diarea wajah.

21. Melembabkan Kulit
Susu kedelai memiliki kandungan pelembab alami yang dapat memperbaiki sel kulit mati dan mencegah dehidrasi didalam tubuh. Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin akan membuat kulit wajah menjadi lebih lembab, lembut dan segar setiap saat.

22. Mengatasi Kulit Berminyak
Kadar minyak berlebih pada wajah dapat menyebabkan tampilan menjadi kusam dan tidak sehat. Menkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat membantu produksi kolagen sekaligus melakukan perbaikan terhadap serat elastin. Dengan ini, kadar minyak berlebih di area wajah bisa berkurang drastis dan kulit tidak terlihat kusam.

Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan wajah.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..