Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Efek Samping Yang Perlu Diperhatikan

Posted on

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Efek Samping  РPada masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan masa sebelum hamil. Hal ini dikarenakan asupan nutrisi tidak hanya diserap oleh ibu hamil namun juga akan diserap oleh janin dalam kandungan. Salah satu jenis nutrisi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah susu. Susu bermanfaat baik untuk kehamilan seperti menjaga kesehatan ibu dan mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Ada beberapa jenis susu yang baik untuk ibu hamil seperti jenis susu sapi, susu kambing, susu kedelai, susu kacang hijau, dan susu almond. Terdapat beberapa orang yang tidak menyukai atau memiliki alergi terhadap jenis susu hewani, maka dapat menggantinya dengan jenis susu nabati seperti susu kedelai.

Susu kedelai merupakan hasil olahan dari kacang kedelai yang sebelumnya di rendam terlebih dahulu lalu diambil sarinya dan direbus hingga mendidih. Susu kedelai memiliki segudang nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan ibu hamil. Untuk mengetahuinya berikut beberapa kandungan nutrisi pada susu kedelai dan manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Susu Kedelai

Bukan hanya protein dan minyak nabati, susu kedelai juga memiliki banyak kandungan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan dan ibu hami. Berikut ini kandungan nutrisi yang ada pada kandungan susu kedelai, antara lain:

Energi : 41 kkal/100 gram
Protein : 3,5 gram/100 gram
Lemak : 2,5 gram/100 gram
Karbohidrat : 5 gram/100 gram
Kalsium : 50 mg/100 gram
Fosfor : 45 mg/100 gram
Zat besi : 1 mg/100 gram
Vitamin A : 200 IU/100 gram
Vitamin B1 : 0,08 mg/100 gram
Vitamin C : 2 mg/100 gram

Manfaat Susu Kedelai

Dilihat dari banyaknya kandungan nutrisi pada susu kedelai sudah pasti ada banyak manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsinya. Berikut ini beberapa manfaat dari mengkonsumsi susu kedelai bagi kesehatan seperti:

  1. Sebagai anti-oksidan
  2. Mencegah kanker
  3. Menurunkan kolesterol
  4. Menjaga berat badan seimbang
  5. Mencegah osteoporosis
  6. Tidak menyebabkan alergi
  7. Mengurangi risiko penyakit jantung
  8. Mencegah penuaan dini
  9. Mengatasi gejala menopause
  10. Mencegah diabetes
  11. Mencegah sakit kepala sebelah

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, ibu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan pada wanita tidak hamil. Hal ini dikarenakan nutrisi tidak hanya diserap oleh tubuh sang ibu namun diserap juga oleh janin. Susu kedelai dapat dijadikan sebagai salah satu asupan nutrisi yang baik untuk ibu hamil, beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil antara lain:

Meningkatkan Kecerdasan Janin
Susu kedelai memiliki kandungan asam folat yang bermanfaat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin sehingga dapat meningkatkan kecerdasan. Selain itu, kandungan asam folat pada susu kedelai sangat dibutuhkan pada trimester awal kehamilan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel saraf janin. Dengan memenuhi asupan folat, maka dapat membantu mencegah gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak serta saraf janin, termasuk mencegah gangguan pada selubung penutup saraf otak atau NTD (Neural Tube Defects).

Sebagai Sumber Energi
Pada masa kehamilan umumnya tubuh sang ibu akan lebih cepat merasa lelah. Karena itu diperlukan asupan untuk meningkatkan energi tubuh. Hal ini dikarenakan susu kedelai memiliki kandungan karbohidrat yang mampu memberikan asupan nutrisi bagi ibu hamil dan membantu meningkatkan energi dalam tubuh.

Mengkonsumsi susu kedelai pada masa trimester kedua dan ketiga dapat membantu membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih fit dan segar sehingga tubuh tidak mudah lelah. Selain itu, karbohidrat juga membantu mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan.

Mendukung Perkembangan dan Pertumbuhan Janin
Susu kedelai memiliki kandungan banyak vitamin, mineral dan zat gizi yang mendukung proses perkembangan dan pertumbuhan janin. Selain itu juga bermanfaat untuk kesehatan lainnya seperti menjaga fungsi mata, pertumbuhan tulang janin, serta mencegah keguguran.

Selain itu, kandungan protein dan bahan penyusunnya (seperti arginin, lisin, lesitin, glisin, leusin, niasin, isoleusin, triptofan, fenilalanin, dan treonin) yang terkandung di dalam susu (sari) kedelai juga membantu mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Untuk tetap terjaga kesehatannya, sudah tentu ibu hamil juga harus mengkonsumsi jenis makanan tinggi nutrisi. Seperti mengkonsumsi susu kedelai yang memeiliki banyak nutrisi yang penting untuk tubuh. Seperti kandungan vitamin dan mineral didalamnya bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan ibu hamil dan menjaga janin tetap sehat.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Susu kedelai juga memiliki kandungan vitamin C. Sedangkan seperti yang diketahui bahwa vitamin C merupakan salah satu zat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat ibu hamil tidak mudah sakit.

Merawat Organ Penting Selama Kehamilan
Tidak hanya untuk perkembangan dan pertumbuhan janin, susu kedelai juga memiliki kandungan nutrisi yang membantu menjaga fungsi organ-organ penting dalam tubuh selama masa kehamilan.

Membantu Pemulihan Pasca Persalinan
Susu kedelai memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak pasca proses persalinan, baik persalinan normal (pervaginam) maupun persalinan dengan operasi (operasi caesar).

Menjaga Kebugaran Tubuh Pasca Persalinan
Mengkonsumsi susu kedelai juga dapat membantu memulihkan kebugaran tubuh pasca proses persalinan. Hal ini karena adanya kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin E yang terdapat di dalam susu (sari) kedelai sangat baik untuk kesehatan ibu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya juga untuk tetap mengkonsumsi susu (sari) kedelai setelah proses persalinan.

Efek Samping Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Meskipun memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, susu kedelai juga memiliki kemungkinan memiliki efek samping untuk ibu hamil. Munculnya efek samping tersebut dikarenakan adanya kandungan fitoestrogen dalam produk kedelai bisa menyebabkan kerusakan tingkat estrogen yang bisa merusak perkembangan janin dan resiko kanker untuk ibu hamil. Namun semua ini hanya terjadi jika berlebihan mengkonsumsi susu kedelai. Berikut ini beberapa efek samping susu kedelai untuk ibu hami, antara lain:

  • Pada beberapa ibu hamil dapat mengalami beberapa gejala seperti ruam, bengkak, mual, muntah hingga mengalami gangguan pernapasan setelah mengkonsumsi susu kedelai secara teratur.
  • Isoflavon yang terkandung dalam kacang kedelai juga dikatakan memicu sakit kepala migrain.
  • Kandungan isoflavon dalam susu kedelai bisa merusak sistem estrogen dalam tubuh ibu hamil. Kemudian bisa merusak tingkat kesuburan setelah hamil dan resiko kanker.
  • Sebuah penelitian juga menyebutkan susu kedelai memicu pertumbuhan tumor pada janin dalam rahim.
  • Bisa menyebabkan gangguan pernafasan seperti anafilaksis yang bisa menyebabkan kematian mendadak ibu hamil.

Dengan mengetahui efek samping yang didapatkan dari mengkonsumsi susu kedelai, maka sebaiknya ibu hamil perlu mengendalikan jumlah konsumsi susu kedelai. Menurut penelitian, batas aman konsumsi susu kedelai untuk ibu hamil yaitu sekitar 4 cangkir perhari. Namun, sebaiknya konsumsi susu kedelai tanpa tambahan gula, tanpa bahan pengawet dan tanpa perasa makanan agar lebih aman.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Efek Samping   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.