22 Manfaat Sawo untuk Kesehatan , Kecantikan dan Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Sawo untuk Kesehatan , Kecantikan dan Ibu Hamil – Sawo adalah salah satu buah yang tumbuh subur didaerah tropis dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Buah yang mirip dengan kentang ini memiliki rasa manis dan daging buah yang legit. Sawo memiliki banyak kandungan nutrisi serta vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal tersebut terbukti dari nilai gizi yang ada pada buah sawo berikut ini.

Nilai Gizi pada Buah Sawo

Berikut ini beberapa nilai gizi yang terdapat dalam buah sawo dan terbukti efektif bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan gizi dari 100gra sawo

Energi : 92 kkal
Protein : 0,5 gr
Lemak : 1,1 gr
Karbohidrat : 22,4 gr
Kalsium : 25 mg
Fosfor : 12 mg
Zat besi : 1 mg
Vitamin A : 60 IU
Vitamin B1 : 0,01 mg
Vitamin C : 21 mg
vitamin B3 : 0,2 mg
Vitamin B5 : 0,252 mg
Kolesterol : 0 mg
Asam Folat : 14 mg

Manfaat Sawo untuk kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Tulang
    Kesehatan tulang yang selalu terjaga merupakan aset paling penting agar tubuh tetap fit meskipun usia terus bertambah. Sawo memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.
  2. Menjaga Kesehatan Mata
    Sawo memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi buah sawo secara rutin agar mata anda selalu terjaga kesehatannya.
  3. Bagus untuk Masa Pertumbuhan
    Sawo sangat baik dikonsumsi oleh balita dan anak-anak karena kandungan proteinnya bermanfaat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan.
  4. Mengatasi Sariawan
    Sawo memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk mengatasi sariawan. Untuk mencegah sariwan, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi sawo 2 hingga 3 kali sehari. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.
  5. Mencegah Kanker Usus
    Sawo tinggi akan kandungan serat yang berperan sebagai nutrisi untuk membantu melancarkan pencernaan, sekaligus memmbantu mengatasi sembelit dan mencegah terjadinya kanker usus.
  6. Mengobati Disentri
    Manfaat sawo selanjutnya yaitu untuk mengatasi disentri. Cara mengobati disentri dengan sawo adalah dengan menghaluskan sawo muda lalu campurkan dengan garam, ambil air perasannya dan minum sebanyak 2 kali, lakukan cara pengobatan ini hingga sakit sembuh.
  7. Mencegah Infeksi
    Sawo tinggi kandungan vitamin A dan vitamin C yang berperan baik untuk kesehatan, seperti masalah infeksi. Vitamin A berperan untuk menyehatkan kuliy sedangkan vitamin C berfungsi melawan jenis penyakit dan mencegah terjadinya infeksi.
  8. Melancarkan Pencernaan
    Selain kandungan serat pada sawo yang bagus untuk pencernaan, sawo juga mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu melancarkan pencernaan didalam usus.
  9. Menjaga Kesehatan Gigi
    Sawo memiliki kandungan berupa fosfor dan kalsium yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang maupun gigi. Tulang yang kuat dan sehat menghindarkan anda dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.
  10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Sawo memiliki kandungan vitamin c yang sanagt baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan Tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh tetap bugar dan fit.
  11. Menambah Energi
    Sawo tinggi kandungan karbohidrat yang sangat baik untuk menambah energi dalam tubuh terutama untuk kebutuhan sehari-hari.
  12. Mengatasi Pendarahan
    Sawo memiliki kandungan kalium yang juga berfungsi untuk menghentikan pendarahan Pada bagian tubuh yang terluka.
  13. Baik untuk Diet
    Sawo memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang membuat perut akan merasa kenyang lebih lama dan nafsu makan lebih terkontrol, sehingga anda dapat memasukan sawo kedalam menu diet anda.
  14. Mencegah Penuaan Dini
    Sawo memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah agar kulit selalu terlihat selalu muda dan terhindar dari penuaan dini.
  15. Menjaga Kecantikan kulit
    Sawo mengandung vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit. Banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin E membuat kulit kita tetap lembab dan tampak lebih bersih.
  16. Mengatasi Peradangan Mulut
    Untuk mengatasi radang mulut, anda dapat memanfaatkan sawo dengan cara cincang sawo dan rebus dengan 2 gelas air selama 10 menit, lalu gunakan rebusan tersebut untuk berkumur secara teratur.
  17. Mengatasi Diare
    cara mengatasi diare dengan sawo adalah dengan menggunakan 15 tetes getah sawo muda lalu seduh dengan satu gelas air panas, dan minum selagi hangat atau dingin. Selain itu, cara lainnya adalah dengan cuci sawo muda lalu parut dan peras airnya, setelah itu campurkan dengan air matang. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari hingga diare sembuh.

Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil

  1. Sumber Energi bagi Ibu hamil
    Dalam 100 gram daging sawo memiliki sekitar 92 kkal energi. Mengkonsumsi sawo bagi ibu hamil sangat bermanfaat untuk membuat kondisi ibu hamil tetap terjaga kesehatannya.
  2. Membantu Pembentukan DNA
    Sawo tinggi akan kandungan folat yang bermanfaat baik untuk mendukung proses pembentukan DNA janin pada rahim. Hal ini sangat penting, karena dengan DNA yang sempurna maka kemungkinan resiko bayi cacat lahir akan lebih kecil.
  3. Baik untuk Perkembangan Janin
    Kebutuhan asupan kalsium dan fosfor bagi ibu hamil sangatlah penting untuk membantu tumbuh kembang janin dalam rahim. Menkonsumsi sawo dapat anda jadikan alternatif untuk membantu mengatasinya, hal ini karena sawo memiliki kandungan kalsium dan fosfor.
  4. Mengatasi Mual pada Ibu Hamil
    Sawo memiliki kandungan vitamin B yang mampu mengurangi dampak morning sickness pada kehamilan. Konsumsi buah sawo secukupnya dan hindari pengonsumsian yang berlebihan supaya aman bagi ibu dan janin.
  5. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
    Sawo memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Tubuh yang tercukupi sel darah merah akan terhindar dari penyakit Anemia. Ibu hamil biasanya lebih rentan terkena penyakit Anemia, untuk itu disarankan untuk mengkonsumsi sawo untuk membantu mencegah penyakit anemia.

Buah sawo memiliki banyak kandungan sehat yang bagus untuk kesehatan sekaligus bagus untuk kehamilan asal dikonsumsi tidak berlebihan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Sawo untuk Kesehatan , Kecantikan dan Ibu Hamil yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..