27 Manfaat Rajin Minum Air Hangat untuk Kesehataan di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur Saat Perut Kosong

Posted on

Manfaat Rajin Minum Air Hangat untuk Kesehataan¬† –¬†Kita pasti tahu jika mengkonsumi air putih setiap hari sangat penting untuk kesehatan tubuh. Air putih merupakan cairan dibutuhkan oleh tubuh untuk mencukupi nutrisi dalam tubuh. Bahkan seorang ahli nutrisi dan media kesehatan dari Food and Nutrition Stella Metsovas mengatakan bahwa salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima adalah dengan minum air putih hangat setelah bangun tidur dan kondisi perut kosong.

Namun, pendapat tersebut sering disepelekan oleh sebagian orang dan lebih memilih minum kopi setelah bangun tidur dan melupakan air putih. Padahal mengkonsumsi air putih hangat saat pagi hari banyak sekali memiliki manfaat untuk tubuh.

Air hangat memiliki manfaat yang baik dalam bidang kesehatan, meskipun tidak memiliki rasa dan tidak berbau, air putih biasa atau hangat lebih baik dikonsumsi untuk kesehatan dibandingkan dengan air yang telah dicampur dengan gula. Jenis air yang baik untuk kesehatan adalah air hangat, air murni, dan air yang jernih yang telah melalui proses pemasakan sehingga kuman dan bakteri didalamnya telah mati. Selain diminum langsung, mencampurkan perasan lemon pada air hangat bisa menyehatkan tubuh.

Manfaat Minum Air Hangat

Berikut ini beberapa manfaat yang anda dapatkan dari mengkonsumsi air hangat antara lain :

1. Membantu menurunkan berat badan
Air hangat memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga ampuh membantu menurunkan berat badan menjadi ideal. Untuk menurunkan berat badan secara optimal, campurkan perasan lemon pada air hangat dan konsumsi pada pagi hari.

2. Melegakan hidung dan tenggorokan
Air hangat memiliki peran sebagai antibiotik alami yang ampuh untuk membunuh kuman atau bakteri jahat di tenggorokan dan membuat tenggorokan tenggorokan lega. Air hangat juga dapat melarutkan dahak dan membantu menghilangkannya serta membantu membersihkan hidung yang tersumbat. Minum air hangat dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi flu, batuk dan sakit tenggorokan.

3. Sebagai detoksifikasi alami
Mengkonsumsi air hangat dapat dijadikan sebagai detox alami yang membantu mengeluarkan racun didalam tubuh. Proses detoksifikasi ini untuk mengeluarkan racun melalui proses keringat, urin dan feses.

4. Meredakan gatal di tenggorokan
Ketika terserang batuk, sudah pasti tenggorokan atan terasa gatal sehingga anda akan terus batuk berkali-kali. Rasa gatal tersebut terjadi karena adanya virus didalam tenggorokan. Minum air putih hangat bermanfaat untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan yang juga membantu melawan virus dalam tenggorokan.

5. Melancarkan pencernaan
Mengkonsumsi air hangat bermanfaat untuk menyerap makanan secara sempurna. Air hangat dapat melarutkan minyak dan lemak bersama dengan peredaran darah sehingga dapat mencegah terjadinya gumpalan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

6. Mengatasi sembelit
Sembelit biasanya terjadi akibat tubuh kekurangan asupan mineral, ketika tubuh kekurangan cairan kemampun gerakan usus juga akan menurun. Mengkonsumsi air putih hangat saat perut kosong bermanfaat untuk membantu memaksimalkan gerakan usus dalam proses pencernaan makanan dan juga ampun untuk mengatasi permasalah sembelit.

7. Meredakan nyeri akibat menstruasi
Saat menstruasi biasanya akan menimbulkan rasa kram atau nyeri perut. Disarankan untuk mengkonsumsi air hangat untuk membantu membuat darah kotor terlepas dari dinding rahim. Semakin mudah rahim melepas darah kotor, sehingga nyeri akan berangsur hilang.

8. Melancarkan peredaran darah
Rutin mengkonsumsi air putih hangat bermanfaat melancarkan peredaran dalam tubuh karena air hangat bisa melebarkan pembuluh darah. Dengan pembuluh darah yang cukup lebar akan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

9. Menghilangkan bau mulut
Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi air hangat secara rutin adalah dapat mengatasi masalah bau mulut. Hal ini dikarenakan air hangat efektif untuk mengurangi sisa plak yang menempel didalam mulut, sedangkan plak dapat memicu munculnya bau mulut.

10. Membuang Lemak
Konsumsi air hangat juga memiliki peran untuk membantu proses pembuangan lemak berlebih dalam tubuh yang dikeluarkan melalui BAB, Urin atau keringat.

11. Menjaga kesehatan syaraf
Air hangat efektif untuk melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar juga akan menunjang aktivitas syaraf menjadi lancar. Dengan mengkonsumsi air hangat setiap hari akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kesehatan syaraf.

12. Memberikan efek ketenangan
Ketika anda sedang emrasa pikiran penuh, galau atau strees, cobalah untuk mengkonsumsi air hangat. Air hangat memiliki efek baik yang bisa menenangkan dan membuat tubuh menjadi rileks.

13. Menghilangkan rasa kantuk
Untuk mengatasi rasa kantuk anda dapat mengkonsumsi air putih hangat, karena setelah minum air putih hangat tubuh akan berkeringat sehingga suhu tubuh meningkat dan membuat rasa kantuk menjadi hilang.

14. Mencegah penuaan dini
Penting bagi kita untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas karena radikal bebas merupakan penyebab penuaan dini. Rutin minum air hangat bermanfaat membantu sel-sel kulit untuk meningkatkan elastisitas.

15. Mencegah munculnya jerawat
Manfaat selanjutnya dari rutin minum air hangat adalah untuk membersihkan tubuh melalui detoksifikasi dan juga ampuh untuk mencegah munculnya jerawat dan infeksi.

16. Meningkatkan sirkulasi darah
Salah satu manfaat lain dari rutin minum air hangat adalah untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah, serta membuat jantung menjadi lebih sehat.

17. Menghangatkan tubuh
Cuaca dingin akan membuat tubuh bisa merasa nyeri dan pegal pegal. Mengkonsumsi air hangat bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh. Meningkatnya suhu tubuh bermanfaat untuk menepis dan menghilangkan rasa dingin.

18. Meningkatkan kualitas tidur
Untuk membuat tidur anda berkualitas dan lebih nyenyak, anda bisa minum air hangat dicampurkan dengan teh beraroma mint sebelum tidur. Otot dan tubuh anda akan rileks. Setelah tubuh rileks, anda akan tidur nyenyak tanpa terbangun di malam harinya.

19. Menghilangkan Mual
Air hangat yang dicampurkan teh mint bisa meredakan rasa mual ibu hamil.

20. Meredakan Sakit Gigi
Sakit gigi bisa diredakan menggunakan air hangat. Air hangat berfungsi sebagai antibiotik sehingga dapat meredakan sakit gigi.

21. Mengeluarkan keringat
Minum air hangat akan membuat tubuh mengeluarkan keringat. Berkeringat membantu membersihkan sel-sel kulit dengan mengambil kelebihan air dan garam dari sel dan tubuh.

22. Merangsang sel darah merah
Mengkonsumsi air putih hangat saat perut masih kosong dapat merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah yang sangat berfungsi untuk membuat tubuh berenergi.

23. Meningkatkan sistem metabolisme
Manfaat selanjutnya dari minum air putih saat perut kosong pada pagi hari efektif untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal tersebut karena air putih dapat menyerap dan mencerna makanan secara maksimal sehingga tidak menyebabkan kegemukan.

24. Meningkatkan kekebalan tubuh
Minum air putih hangat pada pagi hari bermanfaat untuk meningkatakn sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

25. Membuat rambut berkilau
Manfaat selanjutnya minum air putih hangat adalah untuk membuat rambut menjadi lebat dan berkilau. Air hangat membantu agar ujung saraf di akar rambut yang membuat vitalitas alami rambut terjaga.

26. Membantu pertumbuhan rambut
Mengkonsumsi air hangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan akar rambut sehingga memaksimalkan proses pertumbuhan rambut.

27. Menenangkan rasa sakit
Mengkonsumsi air hangat bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa sakit. Air hangat memiliki efek menenangkan otot terutama pada otot bagian perut serta membantu meningkatkan aliran darah.

Mengkonsumsi air hangat memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun kita tidak dianjurkan untuk minum secara terus menerus. Hindari minum air hangat ketika kondisi panas karena dapat membuat suhu tubuh menjadi panas dan meningkat sehingga energi lebih mudha terkuras.

Minum air hangat secara berlebihan juga memliki efek samping , seperti :

  • Dapat melelahkan lambung
  • Tidak menghilangkan rasa haus
  • Dapat merusak sistem pencernaan
  • Merusak organ dalam tubuh jika minum air yang terlalu panas

Itulah penjelasan tentang  Manfaat Rajin Minum Air Hangat untuk Kesehataan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.