15 Manfaat Quinoa atau Kinoa untuk Kesehatan yang Sedang Populer Penting Diketahui

Posted on

Manfaat Quinoa atau Kinoa untuk Kesehatan  – Quinoa atau kinoa adalah tanaman biji-bijian yang berasal dari pegunungan di Amerika Serikat. Biji quinoa dikenal sebagai makanan pokok suku inca, bahkan dianggap sebagai makanan sakral dengan sebutan chisaya mama atau induk dari semua biji-bijian. Biji quinoa memiliki bentuk biji kecil seperti biji ketumbar yang saat ini sedang populer dijadikan makanan alternatif pengganti beras dan gandum. Quinoa dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berdasarkan authoritynutrition, dalam satu cangkir biji quinoa (185 gram) memiliki kandungan gizi seperti berikut 8 gram protein, 5 gram protein, 220 kalori, 39 gram karbohidrat, dan 4 gram lemak. Selain itu juga mengandung mangan, magnesium, fosfor, folat, zat tembaga, zat besi, zinc, kalium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B6. Quinoa juga mengandung sejumlah kecil kalsium, vitamin B3, vitamin E, dan asam lemak omega 3.

Manfaat Quinoa

1. Bersifat Anti Inflamasi
Quinoa memiliki banyak kandungan nutrisi diantaranya karbohidrat, protein nabati, asam amino, asam omega 3 yang setara minyak ikan, serta serat. Quinoa juga memiliki zat phytonutrients yang bermanfaat sebagai anti inflamasi dan mencegah penyakit untuk masuk ke dalam tubuh.

2. Bebas Gluten
Biji quinoa bebas gluten sehingga aman dikonsumsi bagi penderita alergi terhadap gluten. Karena free gluten, quinoa berperan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari resiko peradangan.

3. Rendah Karbohidrat dan Tinggi Protein
Biji quinoa memiliki kandungan rendah karbohidrat namun tinggi protein yang sangat bermanfaat dalam proses pertumbuhan, pembentukan dan pertumbuhan tulang, otot, kulit, membangun dan memperkuat serta memperbaiki sel-sel tubuh, serta dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh.

4. Baik untuk penderita Diabetes
Quinoa rendah karbohidrat sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Memproduksi sel darah merah
Kandungan vitamin B pada biji quinoa bermanfaat membantu dalam memproduksi sel darah merah. Sedangkan mangan yang mampu tubuh melawan radikal bebas dan menjaga tulang tetap sehat dan kuat, juga besi dan fosfor yang membantu tubuh dalam memproduksi energi dan untuk mencegah kanker.

6. Sumber Protein
Dalam satu cangkir quinoa memiliki kandungan kalori sekitar 220 kalori dan 8 gram protein. Kandungan protein tersebut setara dengan satu butir telur atau sekitar satu ons ayam, ikan, atau protein hewani lainnya.

7. Baik untuk Menu Diet
Quinoa memiliki kandungan serat 2 kali lipat lebih banyak yang berperan penting bagi kesehatan pencernaan karena dapat melancarkan pencernaan sekaligus menurunkan resiko terkena sembelit. Selain itu, serat dalam quinoa juga dapat mengatur kadar glukosa dan kolesterol yang bermanfaat untuk terhindar dari obesitas dan wasir. Serat dalam quinoa juga baik untuk menu diet karena menimbulkan rasa kenyang lebih lama sehingga keinginan makan akan lebih berkurang.

8. Sumber Karbohidrat Pintar
Quinoa memiliki kandungan karbohidrat pintar yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya lonjakan gula dalam tubuh karena memiliki kandungan glikemik rendah sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan.

9. Memperbaiki Jaringan
Quinoa memiliki kandungan lisin yang merupakan zat yang bertanggung jawab dalam pertumbuhan jaringan dan memperbaiki jaringan dalam tubuh. Lisin juga berperan dalam memperbaiki otot yang cedera.

10. Sumber Magensium
Kandungan magnesium pada quinoa bermanfaat untuk mengontrol suhu tubuh, dan menghasilkan energi dalam tubuh untuk melakukan aktivitas dengan baik. Magnesium juga berperan dalam pengurangan resiko terkena panyakit diabetes tipe 2 karena dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh. Magnesium juga berperan untuk mencegah radikal bebas karena dapat mendetoksifikasinya.

11. Sumber Zat Besi
Zat besi merupakan vitamin yang memiliki fungsi bagi tubuh. Zat besi berperan sebagai pembuat hemoglobin serta sel-sel darah merah yang sehat di dalam tubuh. Selain itu, manfaat zat besi juga berperan sebagai pemasok manfaat oksigen dengan cara mengirimkannya dari satu sel ke sel yang lain. Selain beragam manfaat tersebut, zat besi juga digunakan sebagai zat untuk meningkatkan cara kerja otak, stimulasi aktivitas serta untuk mengatur suhu pada tubuh manusia.

12. Mengurangi Migrain
Quinoa memiliki kandungan mineral dan magnesium yang salah satu perannya bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Dengan lancarnya peredaran darah dalam tubuh berperan penting untuk meringankan sakit kepala sebelah.

13. Mengurangi resiko serangan jantung
Quinoa memiliki sifat yang hampir sama dengan oat yaitu sereal. Kandungan serat pada quinoa bermanfaat untuk meminimalisir resiko serangan jantung atau hipertensi.

14. Mencegah Pembentukan Batu Emepedu
Berdasarkan studi dari American Journal of Gastroenterology menerangkan bahwa konsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi seperti quinoa ini dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan batu empedu.

15. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Manfaat magnesium pada quinoa lainnya adalah berperan aktif untuk menjaga kualitas serta kelancaran aliaran darah dalam tubuh.

Quinoa sendiri terdiri dari tiga macam, yaitu white quinoa (quinoa putih yang lebih creamy), red quinoa (quinoa yang berwarna merah), dan black quinoa (quinoa berwarna hitam). Namun secara umum, semua jenisnya memiliki kandungan gizi yang relatif sama.

Cara Penyajian Kinoa

Dalam memasak kinoa sebaiknya membilasnya hingga bersih karena ditakutkan racun kinoa yang bernama saponin masih tertinggal disana. Untuk menyajikan kinoa, anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini :

  • Cuci dan rendam kinoa menggunakan air selama 5 hingga 10 menit.
  • Per 1 cup kinoa sebaiknya gunakan 2 gunakan 2 cup air bersih
  • Buang air rendaman menggunakan saringan
  • Tuang kinoa menggunakan panci lalu tambahkan 1,5 cup air dan garam secukupnya lalu masak selama kurang lebih 15 menit.
  • Matikan api lalu tunggu kinoa selama 5 menit di dalam panci
  • Anda dapat menambahkan garam, merica atau mentega serta bumbu lainnya sesuai dengan selera selain itu anda juga dapat mengonsumsinya seperti nasi.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Quinoa untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..