20 Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan dan Kecantikan serta Efek Sampingnya

Posted on

Manfaat dan Efek Samping Putih Telur – Banyak orang beranggapan jika putih telur kurang bergizi dibandingkan dengan kuning telur, namun putih telur ternyata tidak kalah jumlah kandungan gizi dan juga manfaatnya bagi kesehatan.

Kandungan gizi dalam putih telur diantaranya yaitu tembaga, kalsium, fat, folat, besi, magnesium, mangan, niacin, asam pantotenat, fosfor, potasium, protein, riboflavin, selenium, sodium, tiamin, vitamin B6 dan vitamin B12.

Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Kaya akan protein
Putih telur kaya akan albumin yang merupakan sumber protein, jadi jika ingin membentuk otot disarankan untuk mengonsumsi putih telur.

2. Bebas kolesterol
Dalam sebutir telur utuh mengandung tinggi kolesterol, bagian kuning telur mengandung 213 mg sedangkan kebutuhan kolesterol tubuh maksimal hanya sekitar 200 mg dan kebutuhan normal kolesterol tubuh 300 mg/hari.

3. Rendah kalori
Bagi kalian yang ingin diet rendah kalori yang baik, kalian dapat memilih sarapan putih telur.

4. Tinggi kalsium
Putih telur baik untuk wanita karena mengandung tinggi kalsium, wanita membutuhkan banyak kalsium untuk meningkatkan kekuatan tulang dan menghindarkan diri dari osteoporosis.

5. Mengandung zat anti-kanker
Kandungan selenium dalam putih telur dapat melindungi tubuh dari kanker, salah satunya kanker prostat pada pria.

6. Menjaga kesehatan sistem saraf
Kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi dalam putih telur dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf.

7. Mengandung kolin
Kandungan kolin atau choline dalam putih telur sangat membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik, sehingga sangat baik bagi penderita insomnia. Selain itu, kolin juga berfungsi memastikan proses metilasi yang tepat yang penting untuk detoksifikasi, kreasi DNA, dan sinyal saraf.

8. Meningkatkan produksi sel darah merah
Kandungan zat besi pada putih telur dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

9. Mencegah penuaan dini
Mengkonsumsi putih telur secara teratur dapat membantu peremajaan sel dan jaringan yang akan menghasilkan kulit halus. Jadi, putih telur bisa melawan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan kerutan.

10. Menjaga pertumbuhan otot
Mengkonsumsi putih telur yang kaya protein dan karbohidrat dapat membantu untuk pertumbuhan dan perbaikan otot-otot tubuh.

11. Menurunkan tekanan darah
Dalam putih telur terdapat senyawa peptida bernama RVPSL, yakni substansi yang mampu menghalangi aksi enzim pengubah angiotensin (angiotensin converting enzyme/ACE). Enzim ini merupakan enzim yang diproduksi oleh tubuh dan mampu menurunkan tekanan darah.

12. Merawat rambut
Putih telur dapat digunakan untuk perawatan rambutdan kulit kepala. Biasanya digunakan sebagai hair tonic, caranya campurkan putih telur engan air lalu aplikaikan langsung ke rambut.

Manfaat putih telur lainnya:

Jika digunakan sebagai masker, putih telur memiliki banyak manfaat bagi kulit diantaranya yaitu:

13. Mencerahkan, memutihkan dan menyegarkan kulit wajah
14. Menghaluskan kulit wajah
15. Menghilangkan masalah kulit berjerawat
16. Menghilangkan komedo
17. Mengatasi masalah kulit berminyak
18. Melembapkan dan mengencangkan kulit
19. Menyamarkan bekas jerawat dan luka di kulit
20. Mengatasi lingkaran hitam pada mata.

Efek Samping Putih Telur

Kandungan natrium putih telur cukup tinggi, pada sebutir telur berukuran sedang mengandung sekitar 403 mg natrium. Jadi lakukan konsultasi dengan ahli gizi sebelum memasukkan menu putih telur ke dalam diet harian, bagi orang yang sedang diet kandungan sodium. Hal ini juga berlaku bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit kardiovaskular. Kemungkinan besar, kalian akan hanya mengkonsumsi putih telur tanpa kuning telur yang mengandung kolesterol.

Demikian artikel tentang”20 Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan dan Kecantikan serta Efek Sampingnya“, semoga bermanfaat.