Manfaat Patchouli Essential Oil atau Minyak Nilam untuk Kesehatan yang Semakin Terkenal

Posted on

Manfaat Patchouli Essential Oil atau Minyak Nilam – Patchouli Essential Oil adalah hasil penyulingan yang dilakukan oleh daun dari pohon nilam yang terlebih dahulu dikeringkan dan difermentasi. Di Indonesia sendiri Patchouli dikenal dengan sebutan minyak nilam. Patchouli oil memiliki bau khas seperti kayu.

Patchouli oil atau minyak nilam memiliki kandungan aktif patchoulene yang mampu menyembuhkan radang serta kulit yang luka. Bukan hanya itu saja, minyak nilam juga dikenal sebagai anti-inflamasi, toning, antiseptik dan menstimulasi regenerasi sel kulit. Karena itulah minyak nilam sering digunakan untuk mengatasi masalah kerusakan pada kulit seperti menghilangkan garis halus, kerutan serta mengurangi noda pada wajah, karena memiliki proses yang dapat memperbaiki sel kulit secara optimal.Minyak nilam juga cocok untuk digunakan pada semua jenis kulit, baik jenis kulit kering, berminyak hingga acne-prone.

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat sesuai untuk pertumbuhan tanaman nilam. Sekarang tanaman ini juga banyak dibudidayakan secara khusus untuk diolah sebagai bahan minyak nilam atau Patchouli Oil. Karena itulah anda dapat dengan mudah menemukan jenis minyak nilam.

Manfaat Patchouli Essential Oil

Beberapa bahan kimia alami yang ditemukan dari bahan ini termasuk seperti alpha guaiene, alpha patchoulene, alpha bulnesene, beta patchoulene, norpatchoulenol, caryophyllene, pogostol dan seychellene.

Meredakan Peradangan

Minyak Patchouli atau minyak nilam memiliki manfaat untuk meredakan kulit dari masalah ruam dan gata-gatal. Hal ini dikarenakan adanya sifat antiphlogistic yang dapat menenangkan peradangan pada tubuh. Anda dapat menggosokkan beberapa tetes minyak nilam pada area peradangan seperti tangan, kaki, perut, punggung untuk membantu meredakan peradangan.

Sebagai Antidepresan
Pada umumnya, minyak nilam sering digunakan sebagai aroma terapi karena minyak nilam memiliki sifat antidepresan. Ketika anda menghirupnya maka dapat mendorong pelepasan serotonin dan dopamin yaitu hormon yang dapat mengurangi rasa kecemasan dan perasaan marah.

Mencegah Infeksi
Terjadinya infeksi pada kulit kerap menimbulkan tetanus. Minyak nilam atau Patchouli oil memiliki sifat antiseptik yang dapat mencegah terjadinya infeksi karena dapat membunuh pertumbuhan jamur. Cara mencegah infeksi dengan minyak nilam yaitu dengan gosokkan 1-2 tetes minyak nilam pada bagian infeksi atau anda dapat berendam dalam bak air hangat dengan tambahan beberapa tetes minyak nilam untuk membantu terjadinya infeksi.

Menjaga Sistem Metabolik
Minyak nilam juga dapat dijadikan tonik untuk membantu menjaga funsgi hati, perut dan menjaga usus tetap sehat. Minyak nilam akan bekerja untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengurai makanan dan menyerap nutrisi dengan baik sehingga akan berdampak positif pada sistem pencernaan. Caranya adalah dengan beri 1-2 tetes minyak nilam kedalam satu gelas teh atau segela air untuk diminum.

Menguatkan Rambut dan Kulit
Selain manfaat diatas, minyak nilam juga bermanfaat untuk membantu meregenerasi sel-sel kulit sehingga membuat kulit menjadi tampak leih muda, dan sehat. Minyak nilam cocok untuk semua jenis kulit serta memiliki anti bakteri yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan mencampurkan 1-5 tetes minyak nilam pada lotin wajah lalu pijatkan pada wajah. Selain itu, mencampurkan 5 tetes minyak nilam pada shampo juga bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya kerontokan rambut.

Mencegah Penuaan Dini
Minyak nilam memiliki sifat anti aging yang sering dijadikan sebagai salah satu bahan produk perawatan kulit untuk membantu mencegah penuaan dini. Gunakan 1-2 tetes minyak nilam pada produk kecantikan anda untuk membantu mencegah penuaan dini.

Mencegah Bau Badan
Untuk anda yang memiliki masalah bau badan, anda dapat menggunakan minyak nilam untuk membantu mengatasi bau badan. sebab, minyak nilam juga sering dimanfaatkan oleh industri sebagai salah satu bahan pembuatan deodorant.

Sama seperti jenis minyak esensial lainnya, hindari menggunakan Patchouli Essential Oil secara langsung untuk menghindari iritasi. Selain itu, sebelum menggunakan Patchouli Essential Oil sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakan anda memiliki alergi atau tidak. Sebelum menerapkan Patchouli Essential Oil pada kulit, selalu lakukan tes patch kecil pada bagian tubuh tidak sensitif (seperti lengan) untuk memastikan Anda tidak mengalami reaksi negatif apapun.

Itulah pembahasan singkat tentang Manfaat Patchouli Essential Oil atau Minyak Nilam untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..