40 Manfaat Okra untuk Kesehatan, Cara Penyajian dan Efek Samping Okra yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Okra untuk Kesehatan, Cara Penyajian dan Efek Samping – Okra adalah tanaman jenis tumbuhan bunga yang masih dalam suku Malvaceae jenis kapas-kapasan yang berasal dari kawasan Ethiopia. Okra memiliki ciri-ciri buah mirip cabe hijau besar dengan keliling berlekuk, berbulu halus, berwarna hijau dan merah. Buah yang memiliki tekstur berserat dan renyah ini banyak dibudidayakan didaerah yang beriklim tropis dan hangat.

Okra sering dijadikan sebagat tanaman sayur yang sering dimasak dnegan cara dibuat kari, tumis maupun balado. Selain karena kandungan seratnya, okra juga memiliki banyak kandungan lainnya seperti:

ItemNilai gizi% RDA
Energi1.5%31 kcal
Karbohidrat7.03 g5.4%
Protein2.0 g0.04
Lemak0.1 g0.5%
Kolesterol0 mg0
Serat3.2 g0.09
Folat88 µg0.22
Niacin1.000 mg0.06
Asam Pantotenat0.245 mg0.05
Pyridoxin0.215 mg16.4%
Riboflavin0.060 mg4.5%
Thiamin0.200 mg0.17
Vitamin A375 IU12.5%
Vitamin C21.1 mg0.36
Vitamin E0.35 mg2.5%
Vitamin K53 µg0.44
Sodium8 mg0.5%
Potasium303 mg0.06
Kalsium81 mg0.08
Tembaga0.094 mg0.1
Besi0.80 mg0.1
Magnesium57 mg0.14
Mangaan0.990 mg0.43
Fosfor63 mg0.09
Selenium0.7 µg0.01
Seng0.60 mg5.5%
Karoten-β225 µg
Crypto-xanthinn-β0 µg
Lutein zeaxanthin516 µ

Jika melihat kandungan nutrisi tanaman okra dari tabel diatas, maka tidak heran jika okra memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang ada dalam tanaman okra.

Manfaat Okra untuk Kesehatan

  1. Okra Tinggi Serat
    Serat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan menjadi lancar, sehingga sering direkomendasikan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda dapat mengolah okra menjadi sup atau infused water okra.
  2. Okra Untuk Mencegah Diabetes
    Okra memiliki lendir yang akan keluar ketika okra disayat atau dipotong. Lendir tersebut bermanfaat untuk membantu mencegah diabetes. Cara terbaik untuk mengendalikan diabetes dengan lendir okra adalah dengan menyayat dua buah okra segar, lalu masukan kedalam satu gelas air minum. Diamkan hingga semalam dan minum air dari endapan lendir okra pada pagi harinya. untuk itu sebaiknya anda menggunakan resep pengobatan ini pada malam hari dan minum pagi harinya. Serat larut pada okra bekerja dengan memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga mengurangi glikemik beban glukosa dalam darah, yang jika tidak berfungsi dengan benar dapat menyebabkan diabetes.
  3. Mencegah pembekuan darah
    Okra memiliki kandungan vitamin C dan vitamin K merupakan faktor utama dalam proses pencegahan pembekuan darah.
  4. Memperkuat tulang
    Selain untuk mencegah pembekuan darah vitamin K dalam okra juga bermanfaat baik untuk memperkuat tulang dalam tubuh.
  5. Mengontrol penyakit Asma
    Manfaat okra lainnya adalah untuk mengontrol penyakit asma. Hingga okra disarankan untuk menjadi menu makan atau masakan bagi penderita asma.
  6. Mencegah Sembelit
    Okra bermanfaat baik untuk membantu mengatasi masalah sembelit atau sulit BAB. Hal ini karena okra memiliki kandungan serat yang memang baik untuk melancarkan proses pencernaan.
  7. Menjaga kesehatan mata
    Okra memiliki kandungan vitamin A tinggi, beta-karoten, xanthein, dan lutein yang dapat menetralisir radikal bebas. Selain itu, nutrisi lainnya dalam okra juga bermanfaat melindungi mata dari resiko degenerasi makula dan katarak.
  8. Menjaga sistem kekebalan
    Kandungan antioksidan pada okra bermanfaat melawan radikal bebas, sedangkan vitamin C merangsang sistem kekbalan tubuh untuk membuat sel-sel darah putih, sehingga dapat memerangi patogen asing dan zat berbahaya lainnya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.
  9. Menstabilkan tekanan darah dan kesehatan jantung
    Okra memiliki kandungan kandungan potassium. Potassium berperan membantu mengendurkan pembuluh darah dan arteri yang berkhasiat mengurangi tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular, seperti serangan jantung.
  10. Mengobati Anemia
    Dalam satu gelas jus okra mengandung vitamin-A, vitamin-C, magnesium, zat besi, dan mineral lainnya yang membantu memproduksi lebih banyak sel darah merah. Dengan begitu jus okra sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita anemia untuk mengobati anemia secara herbal.
  11. Mengobati radang tenggorokan dan batuk
    Okra memiliki sifat antibakteri dan abtiseptik yang dapat bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk parah. Mengonsumsi jus okra secara rutin bermanfaat menyembuhkan radang tenggorokan dan menyembuhkan batuk.
  12. Menurunkan kolesterol
    okra memiliki kandungan serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini berarti bahwa Anda dapat menambahkan okra ke dalam daftar makanan penurun kolesterol. Okra mengikat kelebihan kolesterol dan racun dalam asam empedu, sehingga dapat mencegah banyak masalah kesehatan.
  13. Menurunkan berat badan
    Okra memiliki kandungan kalori rendah yaitu dalam 100 gr okra hanya mengandung 30 kalori, tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Karena itulah okra sering direkomendasikan oleh ahli gizi sebagai sumber makanan untuk membantu mengontrol kolesterol dan program penurunan berat badan.
  14. Melindungi Paru-Paru
    Okra merupakan jenis tanaman sayur yang memiliki banyak nutrisi menyehatkan. Salah satunya adalah senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan seperti beta-karoten, xanthin dan lutein yang dapat membantu melindungi paru-paru.
  15. Menurunkan resiko cacat pada janin
    Okra tinggi kandungan folat yang bermanfaat baik untuk ibu hamil. Pada 10 gr okra terdapat sekitar 22% RDA folat. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan folat terutama bagi wanita hamil, dapat membantu menurunkan resiko cacat pada tabung saraf janin dalam kandungan.
  16. Mencegah perkembangan sel kanker
    Okra memiliki kandungan antioksidan tinggi yang juga bermanfaat untuk menangkal radikal yang menjadi penyebab munculnya perkembangan sel kanker.

Manfaat Okra Lainnya

  • Okra berkhasiat untuk menyehatkan kulit
  • Okra berkhasiat untuk mencegah pigmentasi kulit
  • Okra Mengatasi Rambut Kaku Melenting
  • Okra Sebagai Hair Conditioner Alami
  • Okra Untuk Pelembap Kulit Kepala
  • Okra Menghilangkan Ketombe Rambut
  • Okra Bermanfaat Untuk Mengkilapkan Rambut
  • Okra berkhasiat Untuk Obat Mual
  • Okra Sebagai Terapi Pasien Stroke
  • Okra Berkhasiat Penambah Nafsu Makan Anak
  • Okra Untuk Pria Berguna Membentuk Otot Tubuh
  • Okra Bermanfaat Mencegah Penuaan Dini
  • Okra Berkhasiat Meningkatkan Kapasitas Memori Otak
  • Okra Membersihkan Akumulasi Plak Arteri
  • Okra Melancarkan Haid
  • Okra Untuk Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh
  • Okra Berguna Untuk Mengatasi Gangguan Kandung Kemih
  • Okra untuk membersihkan organ hati
  • Okra menumbuhkan bakteri baik dalam usus
  • Okra untuk mengurangi rasa letih, lesu dan perasaan tidak nyaman
  • Okra untuk menetralkan asam lambung
  • Okra menyembuhkan kejang-kejang pada persendian
  • Okra meningkatkan daya ingat otak
  • Okra menjaga kesehatan sistem saraf

Cara Penyajian Okra

Berikut ini beberapa tips untuk mengolah okra tanpa kehilangan nutrisi yang ada didalamnya

  • Okra dapat diolah dengan cara rebus atau dimasak dengan kombinasi nasi , sayuran lain atau daging
  • Dipulau Karibia, okra dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sup, maupun diolah bersama-sama dengan ikan
  • Dapat dipakai sebagai bahan pembuat acar, maupun bisa juga diawetkan seperti sayuran yang lain
  • Daun okra juga bisa dimasak atau dimakan mentah seperti salad
  • Di Mesir, Okra diolah bersama daging domba maupun daging sapi

Efek Samping

Selain memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, okra memiliki efek samping yaitu akibat kandungan oksalat yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kondisi ginjal dan batu empedu memburuk. Selain itu, kesalahan dalam memasaknya juga dapat membuat kandungan manfaatnya berkurang. Seperti menggoreng okra dapat meningkatkan kolesterol yang malah dapat membahayakan kesehatan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Okra untuk Kesehatan, Cara Penyajian dan Efek Samping yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..