Manfaat Neroli Essential Oil atau Minyak Bunga Jeruk untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Posted on

Manfaat Neroli Essential Oil atau Minyak Bunga Jeruk –┬áNeroli Essential Oil atau sering disebut dengan minyak neroli adalah hasil ekstraksi dari bunga pohon jeruk (Citrus aurantium). Awalnya minyak neroli dibudidayakan di negara India, Afrika dan pegunungan Himalaya, hingga oleh bangsa Spanyol dibawa dan dibudidayakan di Florida, Amerika Serikat.

Neroli oil memiliki aroma unik yang kuat antara kombinasi dari bunga dan buah jeruk (citrus) sehingga tak jarang neroli oil digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan parfum. Selain karena aromanya yang kuat, neroli oil juga efektif untuk meringankan dan menghilangkan rasa cemas. Hal ini disebabkan adanya kandungan yang terdapat pada cologne yang memiliki efek menenangkan.

Neroli oil diperoleh dari penyulingan uap bunga pohon jeruk pahit (Citrus aurantium). Beberapa senyawa utama dalam neroli essential oil diantaranya adalah linalool (28,5 persen), linalyl ascetate (19,6 persen), nerolidol (9,1 persen), E-farnesol (9,1 persen), ╬▒-terpineol (4,9 persen) dan limonene (4,6 persen).

Untuk mendapatkan neroli oil yang berkualitas, memerlukan pemilihan waktu yang tepat karena bunga jeruk cepat kehilangan minyak setelah dipetik dari pohon. Pohon jeruk pahit mekar pada bulan Mei, dan di bawah kondisi pertumbuhan yang optimal, tiap pohon bisa menghasilkan hingga 30 kg bunga segar.

Manfaat Neroli Essential Oil

Mengurangi Nyeri Peradangan
Berdasarkan hasil penelitian ournal of Natural Medicines menunjukkan neroli mengandung konstituen biologis aktif yang memiliki kemampuan mengurangi peradangan akut dan peradangan kronis. Selain itu neroli oil juga memiliki kemampuan mengurangi sensitivitas saraf pusat dan perifer terhadap rasa sakit.

Meringankan Gejala Menopause
Menghirup neroli essential oil membantu meringankan gejala menopause, meningkatkan gairah seksual dan mengurangi tekanan darah pada wanita pascamenopause.

Mengurangi Tekanan Darah
Sebuah studi menyebutkan efek menghirup neroli essential oil memiliki efek positif langsung dan terus menerus pada tekanan darah sekaligus mengurangi stres.

Mengurangi Stress
Karena mengandung aroma yang menenangkan, menghirup neroli oil juga bermanfaat untuk membantu meringankan stress pikiran dan meringankan beban pikiran akibat kelelahan.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Aroma pada neroli oil juga dapat membuat kualitas anda lebih baik. Caranya adalah dengan selipkan kapas dengan tetesan neroli oil pada bantal untuk membuat tidur menjadi lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

Mengobati Jerawat
Neroli oil memiliki sifat antibakteri yang kuat sehingga dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat. Cara mengatasi jerawat dengan neroli oil adalah dengan membasahi kapas dengan neroli oil lalu oleskan pada jerawat sekali sehari.

Mengurangi Kecemasan
Neroli oil memiliki aroma yang menenangkan sehingga juga bisa digunakan untuk mengurangi kecemasan, depresi, histeria, panik, shock dan stres, gunakan 3-4 tetes neroli essential oil pada air mandi atau air untuk merendam kaki.

Meringankan Sakit Kepala
Mengoleskan beberapa tetes neroli oil untuk kompres panas atau dingin juga bermanfaat untuk menenangkan sakit kepala terutama yang disebabkan karena ketegangan.

Meregenerasi Kulit
Neroli oil juga bermanfaat untuk membantu meregenrasi sel kulit, caranya dengan campurkan 1-2 tetes neroli oil pada krim wajah tanpa wewangian atau pada carrier oil (seperti jojoba atau argan), dan oleskan ke kulit.

Meredakan Premenstruasi
Cara meredakan PMS dengan neroli oil yaitu dengan teteskan neroli oil pada bak air hangat lalu gunakan untuk berendam.

Menyamarkan Stretch Mark
Menambahkan beberapa tetes neroli oil pada krim, lotion atau minyak gosok untuk mengurangi stretch mark dan pembuluh kapiler yang rusak pada kulit.

Sama seperti jenis minyak esensial lainnya, hindari menggunakan neroli oil secara langsung untuk menghindari iritasi. Selain itu, sebelum menggunakan neroli sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakan anda memiliki alergi atau tidak. Sebelum menerapkan neroli essential oil pada kulit, selalu lakukan tes patch kecil pada bagian tubuh tidak sensitif (seperti lengan) untuk memastikan Anda tidak mengalami reaksi negatif apapun.

Itulah pembahasan singkat tentang Manfaat Neroli Essential Oil atau Minyak Bunga Jeruk untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..