Manfaat Neem Oil atau Minyak Mimba untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Posted on

Manfaat Neem Oil untuk Kesehatan – Neem oil adalah minyak yang berasal dari esktrak tanaman nimba yang banyak tumbuh di India dan Asia Selatan lainnya. Jadi tidak heran jika minyak nimba lebih banyak diperjualbelikan di India. Seorang ahli India mempercayai jika neem oil memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang bermanfaat baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti eksim, psoriasis, dan alergi.

Minyak neem menjadi salah satu produk yang telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda di India. Untuk mengetahui kandungan manfaat yang dalam neem oil, simak penjelan berikut.

Manfaat Neem Oil

Mengatasi Masalah Kulit
Minyak neem memiliki kandungan antibakteri dan antibakteri yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit seperti eksim, psoriasis, dan alergi. Selain itu, neem oil juga meningkatkanimunitas kulit, sehingga kulit tidak mudah tertular penyakit serta tidak mengurangi masalah peradangan dan rasa gatal pada kulit.

Untuk mengatasi masalah kulit seperti eksim dan alergi, gunakan beberapa tetes neem oil dalam bak berisi air hangat lalu gunakan untuk berendam setiap hari.

Meregenerasi Sel Kulit
Paparan sinar matahari dan radikal bebas dapat menurunkan kemampuan kulit dalam memproduksi pelembab alami yang memicu munculnya noda hitam, keriput dan mempercepat penuaan kulit. Neem oil memiliki kandungan vitamin E, B, dan A yang dapat membantu proses regenerasi kulit sehingga membuat kulit menjadi tetap cerah dan halus.

Untuk meregenerasi sel-sel kulit mati, gunakan beberapa tetes neem oil dengan minyak zaitun lalu gosokkan secara perlahan pada wajah. Cara ini bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati.

Mencegah Jerawat dan Mengatasi Noda Bekas Jerawat
Tidak hanya mengatasi masalah kulit, kandungan antibakteri dan vitamin A pada minyak neem juga dapat membantu jerawat cepat kering dan mengecil. Neem oil juga mampu membunuh bakteri disekitar jerawat sehingga mengurangi terjadinya peradangan. Selain itu kandungan vitamin E pada neem oil juga dapat membantu menhaluskan kulit wajah yang terkelupas akibat jerawat.

Untuk membantu mengatasi masalah jerawat, campurkan beberapa tetes neem oil dengan lavender oil lalu oleskan pada jerawat dan noda bekas jerawat. Hindari menggunakan neem oil secara langsung pada kulit karena dapat mengakibatkan iritasi.

Mengatasi Ketombe
Neem oil dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk menyingkirkan ketombe. Ketombe merupakan infeksi dari jamur, sedangkan neem oil memiliki sifat anti jamur sehingga dapat dijadikan sebagai cara untuk mengatasi masalah ketombe.

Untuk mengatasi masalah ketombe dengan neem oil yaitu dengan campukan 1-2 tetes neem oil pada sampo lalu gunakan untuk mencuci rambut.

Mengatasi Pori-Pori Terbuka
Neem oil dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah pori-pori terbuka. Neem oil memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang mampu membantu menutup pori-pori yang terbuka tanpa menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat.

Untuk mengatasi masalah pori-pori yang terbuka anda dapat mencampurkan 1-2 tetes neem oil dengan coconut oil lalu oleskan pada wajah untuk mengatasi pori-pori terbuka.

Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi
Manfaat lainnya dari neem oil yaitu dapat membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi kulit. Menggunakan neem oil secara teratur dapat membantu meningkatkan hiperpigmentasi secara efektif, memperlambat produksi melanin dalam kulit.

Cara mengatasi masalah hiperpigmentasi dengan neem oil adalah dengan gosokkan campuran neem oil dengan minyak mentah lalu beri pijatan selama beberapa menit pada kulit.

Sama seperti jenis-jenis minyak esensial lainnya, hindari penggunaan minyak mimba atau neem oil secara langsung ke kulit karena dapat memberikan efek samping seperti iritasi dan memicu alergi, sebaiknya gunakan sedikit saja dengan campuran jenis minya atau bahan lainnya.

Itulah pembahasan singkat tentang Manfaat Neem Oil atau Minyak Mimba untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..